WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Skincare yang Cocok untuk Remaja

Mau mulai nyoba skincare-an? Tapi takut nggak cocok? Yuk intip tips skincare ini!

Hai Sunners, kali ini mimin mau bahas soal dunia kecantikan, yaitu skincare. Di usia remaja ini, hormon tubuh kita berubah, dan ga sedikit pasti kulit wajahnya juga jadi berubah yaa? Udah mulai tumbuh jerawat, ataupun minyak. Nah, penting nih buat kamu untuk coba skincare yang mimin kasih contohnya siapa tau cocok di kulit kamu! Berikut urutan pemakaian skincare dari yang paling cair sampai yang paling kental :

1. Micellar Water
Micellar Water adalah tahap awal sebelum kamu mencuci muka kamu dengan facial wash. Kamu bisa cari Micellar Water yang bahannya non-alkohol, karena kulit remaja masih rentan, mimin rekomendasiin nih Micellar Water yang tanpa bahan alkohol. Yaitu Garnier Micellar Water yang warna pink.

Kamu bisa cari Micellar Water yang lain kalau kamu misalnya ga menemukan Garnier. Tapi perlu dicatat ya, sebelum membeli Micellar Water kamu lihat dulu kandungannya di belakang kemasan, apakah ada kandungan alkohol, atau biasanya tertulis di situ ethanol.

2. Facial Wash
Nah, setelah kamu pakai Micellar Water, kamu baru deh mencuci muka kamu dengan facial wash. Micellar Water dan facial wash ini merupakan teknik double cleansing. Yaitu membersihkan muka secara double atau dengan 2 cara. Mimin punya rekomendasi nih facial wash yang tidak mengandung alkohol.

 

3. Toner
Sambil kamu menunggu wajah kamu kering sehabis mencuci muka memakai facial wash, kamu bisa lanjut ke tahap pemakaian toner. Toner sendiri juga membantu membersihkan sisa kotoran, minyak, dan makeup yang tidak terangkat saat menggunakan Micellar atau facial wash. Toner juga membantu untuk peresapan skincare kamu selanjutnya supaya dapat menyatu dengan kulit kamu. Kamu bisa menggunakan toner dengan cara dituang ke kapas, lalu kamu usap ke wajah atau kamu tuang tonernya ke tangan kamu, lalu kamu tap tap perlahan di seluruh permukaan wajah. Tapi inget ya, sebelum aplikasikan toner pastiin tangan kamu dalam keadaan bersih ya!

Nah, mimin rekomendasi toner dari brand Safi yang satu ini karena tidak mengandung alkohol, jadi aman untuk kulit remaja kamu nih.

4. Moisturizer
Setelah kamu nunggu muka kamu kering dari pemakaian toner, kamu bisa lanjut ke moisturizer. Sebenarnya sebelum moisturizer ada tahap pemakaian essence dan serum, namun kedua itu tidak terlalu butuh di usia remaja. Kamu baru butuh essence dan serum saat kamu sudah menginjak usia 20 sampai 20 ke atas, karena kulit remaja jika terlalu banyak memakai bahan kimia justru takutnya malah membuat kulit kamu rusak. Nah moisturizer sendiri fungsinya untuk melembabkan. Moisturizer juga memiliki berbagai macam kandungan vitamin yang diperlukan untuk menutrisi kulit agar wajah tetap cantik dan sehat. Cara pemakaian moisturizer yaitu cukup tuangkan ke jari-jari kamu, lalu oleskan di seluruh permukaan wajah.

Pelembab wajah terbaru dari emina ini diperkaya dengan anti-pollutant, vitamin E, dan moisturizing agent yang akan memenuhi kebutuhan hidrasi, serta membuat wajah jadi lebih cerah. Selain itu, bahan- bahan dari moisturizer Emina ini kandungannya ringan sehingga aman di kulit remaja.

5. Sunscreen
Setelah kamu pakai moisturizer, kamu perlu yang namanya sunscreen. Moisturizer aja ternyata ga cukup lho! Apalagi kita tinggal di Indonesia, Negara tropis yang kalau kemana-mana pasti deh panas udaranya. Sunscreen sendiri fungsinya untuk menahan masuknya sinar matahari ke wajah kita, karena sinar matahari sendiri bisa membuat kerutan atau garis halus di wajah kita loh yang menyebabkan penuaan dini. Selain itu, agar kulit kita tidak menjadi gosong atau berubah warna kulitnya.

Nah ini mimin rekomendasiin Emina Sun Protection, memiliki SPF 30 merupakan sunscreen untuk remaja yang sangat nyaman digunakan sehari-hari. Diperkaya dengan aloe vera extract dan emollient, sunscreen ini mampu memberi kelembaban ekstra pada wajah. Formulanya yang ringan juga aman untuk kulit remaja.

6. Masker
Nah tahap masker ini optional ya, Sunners! Kamu boleh pakai, boleh tidak. Kalau kamu mau pakai, ga boleh tiap hari juga ya. Maksimal 2 hari sekali. Nah masker sendiri ada macem-macem nih Sunners. Ada sheet mask, clay mask, mud mask, masker bubuk/masker organic yang harus dicampur dengan air lalu diaduk sampai mengental.

a) Sheetmask
Untuk sheet mask, fungsinya untuk melembabkan kulit kamu dan menutrisinya. Berikut bentuk sheet mask :

b) Clay mask dan mud mask hampir sama fungsinya, yaitu memudarkan bekas jerawat, mengempeskan jerawat, mencerahkan, membersihkan kotoran, dan mengangkat minyak. Nah ini adalah tekstur clay mask. Bentuknya kental seperti odol. Hanya saja clay mask terdapat banyak warna. Bisa hijau, biru, kuning, merah, ataupun pink.

 

Nah kalau yang ini mud mask. Sebenarnya clay mask dan mud mask hampir sama teksturnya, hanya saja yang membedakan mud mask itu seperti mud, Bahasa Inggrisnya lumpur, yaitu warnanya ijo atau abu- abu. Tidak ada warna lain. Jika ada warna lain namun seperti odol itu namanya clay mask ya, Sunners. Fungsinya pun hampir sama seperti clay mask.

 

c) Masker organic/masker bubuk
Fungsi masker organic pun hampir sama seperti mud mask dan clay mask. Hanya saja yang membedakan, masker ini berupa bubuk, seperti bubuk susu. Masker ini cukup pr banget nih Sunners buatnya. Kamu perlu tuangkan masker bubuk dalam mangkuk kecil, lalu tuangkan air secukupnya. Aduk hingga mengental, lalu masker siap untuk dioleskan ke wajah. Nah begini kira-kira penampakan dari masker organic sebelum dicampur air.

Nah, kalau yang ini penampakan masker organic yang sudah dicampur air.

Semoga informasi skincare dari mimin bermanfaat yaaa buat kalian yang ingin wajahnya tetap terawat sehat dan cerah.

Oleh : Regina Apudan Kartini Sidebang, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment