WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Sudah Kenal dengan Organ Reproduksimu, Belum?

Setiap organ tubuh tentu memiliki peran dan fungsinya masing-masing dalam mendukung fungsi hidup manusia. Nah, salah satu organ terpenting dalam manusia adalah organ reproduksi. Fungsi organ reproduksi sangatlah penting dan begitu luas terhadap keberlangsungan hidup manusia.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana sih cara atau proses pembuahan yang terjadi pada manusia? Tapi sebelum membahas mengenai hal tersebut, tentunya kita harus mengenal mengenai organ-organ reproduksi yang ada pada wanita dan pria.

 

● Organ Reproduksi Wanita

1. Vagina
Vagina terletak di bagian belakang kandung kemih yang berada di bawah rahim. Fungsi dari vagina ini adalah sebagai saluran persalinan atau jalan lahir, dan tempat masuknya sperma ke rahim hingga saluran keluarnya darah.

2. Rahim atau Uterus
Organ ini berbentuk seperti buah pir dan berukuran kecil yang berfungsi untuk menampung sel telur yang telah dibuahi menjadi janin.

3. Ovarium
Ovarium merupakan organ reproduksi wanita yang berfungsi sebagai tempat diproduksinya sel telur atau hormon. Organ ini berbentuk seperti oval kecil yang terhubung langsung dengan rahim.

4. Tuba Falopi
Organ ini merupakan saluran yang menghubungkan sel telur ke dalam rahim. Saluran ini juga berfungsi sebagai tempat terjadinya pembuahan antara sel telur dengan sel sperma.

 

● Organ Reproduksi Pria

1. Penis
Organ ini terdiri dari kepala, batang, dan pangkal. Lubang pada ujung kepala penis ini memiliki saluran uretra sebagai tempat keluarnya urin dan juga mengeluarkan cairan mani.

2. Testis
Organ ini merupakan organ reproduksi sebagai tempat dimana diproduksinya sperma dan berfungsi memproduksi hormon penghasil sperma.

3. Skrotum
Organ ini terletak dibelakang penis yang merupakan pelindung dari testis. Skrotum ini berfungsi untuk mengatur suhu pada testis agar dapat memproduksi sperma dengan normal.

Nah, itu adalah seputar mengenai organ-organ reproduksi pada wanita dan pria yang perlu kita ketahui peran dan fungsinya seperti apa. Selanjutnya, kita akan membahas nih bagaimana sih cara pembuahan pada pria dan wanita? Atau bagaimana sih proses pembuahan itu dapat terjadi?

 

Proses Pembuahan pada Pria dan Wanita

Melalui hubungan intim, sel sperma akan memasuki vagina dan bertemu dengan sel telur. Dari ratusan sperma tersebut hanya ada satu sperma yang bertemu dengan sel telur, setelah sel sperma dan sel telur bertemu, proses pembuahan akan terjadi. Dalam waktu 24 jam setelah pembuahan terjadi, sel telur akan berubah menjadi zigot. Zigot ini akan berubah menjadi embrio atau bakal janin dan menempel pada dinding rahim dalam waktu 5-10 hari setelah pembuahan terjadi. Dan pada tahap ini, wanita sudah memasuki masa awal kehamilan.

Bagaimana jika belum ada sel telur yang dibuahi saat sperma masuk setelah berhubungan intim? Sperma ternyata masih bisa bertahan hidup di dalam tubuh wanita hingga 5 hari lamanya. Namun, perjuangan sperma untuk mencapai sel telur masih panjang dan dalam perjalanannya jumlah sperma akan semakin berkurang.

Nah, begitulah pembahasan seputar proses pembuahan dan organ-organ reproduksinya yang harus kita ketahui sebagai remaja, agar kita memiliki pengetahuan atau wawasan yang tepat.

 

Oleh : Alfa Raytama Rumopa, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment