Majalah Sunday

Belajar dari Bipolar yang Dialami Marshanda

Memahami bipolar melalui artis

Di zaman sekarang ini sudah banyak orang yang mengalami gangguan bipolar. Kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang ekstrem. Gangguan tersebut dapat dikatakan sebagai gangguan otak yang menyebabkan perubahan mood, energi seseorang, dan kemampuan seseorang untuk mengontrol emosi dalam dirinya selama periode yang berbeda dari hari ke hari maupun minggu ke minggu.

Apa saja yang bisa dirasakan pada seseorang dengan gangguan bipolar ? 

Artis senior papan atas Indonesia yakni Andriani Marshanda atau sering kita sebut dengan namanya Marshanda juga mengalami penyakit bipolar. Melalui channel youtube milik Ashanty, Marshanda mengungkapkan bahwa dia mengalami beberapa gejala dan menjelaskan ada dua hal yang dirasakan penderita bipolar yaitu :

“Susah banget untuk stabil. Jadi kalau orang bipolar itu fluktuasi yang high banget, over happy, sangat berenergi, over sensitif, banyak ide, terus omongnya jadi cepat. Itu kalau yang lagi tinggi, namanya mania,” kata Marshanda dikutip dari kanal YouTube NGOBROL ASIX, Selasa (24/8/21).

“Yang satu lagi depresi sampai ada pernah kepikiran untuk bunuh diri atau percobaan untuk bunuh diri mungkin,” tutur Marshanda.

Dari kutipan tersebut dapat kita simpulkan bahwa setiap orang yang mengalami penyakit bipolar akan merasakan hal yang mudah lelah. Penderita juga bisa merasa sakit pada tubuhnya, seperti sakit kepala berat, nyeri otot, atau ketidaknyamanan di bagian tubuh lainnya tanpa penyebab. Sedih atau hilang harapan yang mendalam atau bisa dikategorikan kedalam depresif.

Hal terpenting untuk bersikap jujur tentang masalah kesehatan mental  yang kita alami karena mungkin bisa memberi dampak positif bagi masyarakat. Misalnya Marshanda, yang berani memberikan penjelasan tentang bipolar yang diderita sehingga masyarakat menjadi mengerti tentang hal tersebut. Jika kamu merasa memiliki tanda-tanda serupa, segera konsultasi dengan psikiater atau psikolog ya.

Penulis: Lois Ernike Hutabarat, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment

Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?