WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Usir Stress dengan Hobi? Emang Bisa?!

Pernahkah kalian berpikir bahwa hobi ternyata bisa mengobati stress? Hmm masa sih? Kira-kira Hobi seperti apa ya yang ampuh untuk menghilangkan stres??

Haaii Sunners.., Mimin bawa info menarik lagi nih buat kalian baca. Kalian pasti sudah tau ya kita mau membahas topik apa kali ini. Yaapppsss kita akan bahas Cara Menghilangkan Stres dengan melakukan kegiatan yang menjadi hobi kalian nih Sunners. Waahh hobi apa aja ya kira-kira?? Yuk kita simak infonya.

Stress merupakan hal yang gak mungkin banget bisa dihindari oleh seseorang. Pemicu stres sangatlah beragam mulai dari kesibukan, tumpukan tugas, boring, bahkan kalo kata anak jaman now ‘kurang piknik’ hehehe.

Nah kalau sudah begitu, kalian pasti cari cara sendiri kan buat hilangin stres-nya. Tapi tenang, kali ini Mimin akan share mengenai hobi apa aja sih yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan stres.

Apa bisa teratasi walaupun hanya dengan melakukan hobi-hobi yang terbilang cukup sederhana? Berikut ada 4 hobi sederhana yang bisa usir stres untuk para Sunners.

1. Menulis


Kalian bisa mulai menulis dibuku harian atau ‘Dairy’, tuangkan semua hal yang membuat kalian merasa tidak nyaman, mulai dari kesedihan, keluhan, dan amarah kalian. Ekspresikan saja semua hal yang kalian anggap itu pantas dituangkan. Dengan begitu kalian gak perlu lagi deh merasakan stres yang berkelanjutan.

2. Berkebun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hmm kalian pasti sudah membayangkan hal yang ribet ya seputar berkebun? Mimin kasih yang mudah dan murah aja deh ya biar kalian gak usah repot-repot beli tanah dulu hihihi.

Semakin maju perkembangan jaman, semakin memudahkan juga kegiatan kita. Nah buat kalian yang hobi berkebun kalian bisa coba menanam tanaman hidroponik, kalian bisa menanamnya di pekarangan rumah, dan bisa memetik hasilnya setelah panen. Waahh seru dan bermanfaat banget ya Sunners.

3. Mendengarkan Musik


Siapa sih yang gak kenal musik? Musik selain banyak jenisnya, ternyata juga punya manfaat untuk mengusir stres. Musik ternyata dapat mengendurkan otot yang tegang dan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks loh Sunners.

Penelitian juga membuktikan bahwa mendengar musik yang memiliki tempo lambat dapat menenangkan detak jantung, bahkan mengurangi hormon stres di dalam tubuh.

4. Memasak

Nah ini kegiatan yang terakhir rekomendasi mimin yang bisa Sunners coba. Hobi yang satu ini memang menyenangkan. Kita bisa mencoba berbagai resep baru tiap harinya.

Hal ini akan membuat pikiran tetap fokus pada apa yang sedang kita lakukan dalam kegiatan memasak. Sehingga mampu mengalihkan, bahkan mengurangi stres sedikit demi sedikit.

Gimana Sunners? Apa salah satu hobi kalian ada diatas? Semoga kalian tertarik untuk coba usir stres dengan melakukan hobi yang kalian miliki ya.

Dengan begitu bukan cuma stres aja ya yang bisa diusir, siapa tau kalian bisa mengasah lebih dalam hobi yang kalian miliki. Selamat mencoba Sunners.

 

oleh: Reni Purwati, Universitas Negeri Jakarta

 

Leave A Comment