WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Step Skincare Rutin Buat Siswa SMP

Skin care routine, pasti kalian nggak asing dengan yang satu ini. Face wash, toner, essence oil, lip balm, maskeran, dsb. Di jaman sekarang tidak cuma remaja SMA dan dewasa saja yang mempunyai kesadaran untuk merawat kulit mereka. Tetapi buat mereka yang baru memasuki usia remaja seperti anak SMP, banyak dari kalian pasti sudah memulai melakukan runitas ini. 

Tapi kalau baru mau mulai bagaimana? Tenang Sunners hari ini Sunday akan kasih tahu step dasar dan beberapa produk yang bisa kalian pakai dan pastinya affordable terutama untuk para Sunners yang masih SMP nih.

Sebelum kita bahas soal step skin care routine, aku mau kasih tahu dulu 3 poin penting yang tidak boleh terlewat dari skin care routine itu sendiri. Apa aja tuh? Pertama cleansing atau membersihkan, moisturizing atau melembabkan, dan protecting atau melindungi. 

Selanjutnya kenali kulit kalian terlebih dahulu, apakah kalian tipe yang berjerawat, berminyak, atau kombinasi kedua. Tapi kalau kalian baru mau memulai skin care routine dan belum begitu mengenal jenis kulit kalian tidak apa, yang penting pastikan kalian melakukan 3 poin yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Step 1

Micellar water, ringan dan gampang dipakai. Selain berbahan dasar air, micellar water itu non alkohol dan cocok digunakan untuk kulit sensitif sekalipun. Khusus untuk pagi, bersihin muka pake micellar water aja sudah cukup, karena kalau keseringan cuci muka mau jenis kulit apapun bisa bikin kulit jadi keri.

Produk yang bisa kalian pakai:

  • Clean & Clear Micellar Water, ini bisa untuk semua jenis kulit, untuk harga ini cuma Rp 24.000 aja.

by femaledaily.com

  • Nivea Micellair Hydration & Pearl White, kalau yang ini ada dua ukuran, 125ml dan 200 ml. Kalian bisa sesuaikan dengan kebutuhan ya, beda ukuran pastinya beda harga juga.

by femaledaily.com

 

Step 2

Face wash. Double cleansing is a must. Apalagi buat kamu yang aktif dan sering berkegiatan di luar rumah. Debu, polusi, sisa make up atau skin care yang kalian pakai sebelumnya, kalau dibiarkan bisa menyumbat pori-pori yang akhirnya menimbulkan jerawat serta komedo.

Produk yang bisa kalian pakai:

  • Clean & Clear Natural Bright and Face Wash. Lagi-lagi clean & clear karena memang semua produknya dibikin khusus untuk kulit remaja. Bahannya juga ringan, gak bikin nyumbat pori-pori, busanya juga gak begitu banyak jadi aman untuk semua jenis kulit.

by femaledaily.com

  • Ponds White Beauty Mineral Clay Face Cleanser, buat kalian yg mau cuci muka sekalian maskeran, jadi 2 in 1 gitu guys. Memiliki kandungan 100% Moroccan Clay dan Vitamin B3 yang bisa membersihkan kotoran 4x lebih baik sekaligus mencerahkan kulit. Untuk harga jangan sedih, kalian bisa dapetin dua produk face wash ini mulai harga 20 ribuan aja. 

by femaledaily.com

 

Step 3

Face toner, menurut aku ini opsional. Fungsinya ada yg bisa menyeimbangkan ph kulit atau melembabkan. Selain itu menyegarkan kulit, mengangkat sisa kotoran yg menyumbat di pori-pori dan menyiapkan kulit wajah kita untuk step skincare berikutnya. kalau kalian mau tetap pakai face toner, saran dari aku untuk step ini kalian cukup pakai organik rose water. 

Produk yang bisa kalian pakai:

  • Viva Air Mawar,ini murah banget cuma 8 ribuan aja. Kalian bisa dapetin di minimarket bahkan toko komestik di pasar juga jual.

by femaledaily.com

 

Step 4

Sunscreen/sunblock, yang satu ini jgn sampai skip. apalagi buat kalian yang sering beraktivitas diluar rumah dan langsung kena paparan sinar matahari UVA/UVB. Sinar UVA/UVB ini bisa menyebabkan penuaan dini, flek hitam bahkan yang lebih parah, kanker kulit. Pakai sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 dan PA++ untuk melindungi kulit kamu saat beraktivitas di luar rumah. 

Produk yang bisa kalian pakai:

 

  • Emina Sun Protection SPF 30. Selain melindungi dari sinar UVA dan UVB, kandungan aloe veranya memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Harganya hanya 20 ribuan

by femaledaily.com

  • Rohto Skin Aqua Moisturizer Gel. Dari segi tekstur jauh lebih ringan karena bahan dasarnya air, SPF 30, cepat meresap dan tidak lengket di kulit. Harganya lebih malah dari yang sebelumnya, sekitar 40 ribuan.

by femaledaily.com

 

 

Step 5

Moisturizing, penting sekali untuk menjaga kelembapan kulit. Ini menjadi step terakhir dari rangkaian skin care routine. Kenapa terakhir? karena biasanya tekstur moisturizer itu paling berat/lebih kental (creamy) dari pada skin care yang lain. Fungsi moisturizer sendiri yaitu mencegah dehidrasi pada kulit, dan ini bisa terjadi untuk semua jenis kulit. Pakai moisturizer di pagi dan malam hari. 

Produk yang bisa kalian pakai:

 

  • Nivea Creme Soft. Selain bikin lembab, produk ini bisa membuat kulit kenyal dan terlihat sehat. Harganya sangat terjangkau, kisaran 10 ribuan aja.

by femaledaily.com

  • Emina Bright Stuff Moisturizing Cream. Mengandung ekstrak summer plum dan double brightening power untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam. Serta mengandung SPF 15.

 

by femaledaily.com

 

Extra

Lip balm. Ini ngga kalah penting guys untuk kita rawat. Kalau aku boleh saran, pakai lip balm yang ada SPFnya juga. Loh memang perlu? Pasti dong, bukan cuma kulit wajah aja yang kita protec dari sinar matahari, bibir juga. Salah satu produk lip balm yang ada kandungan SPFnya, Nivea Sun Protection Lip Balm SPF 30, harganya mulai dari 20 ribuan aja.

by femaledaily.com

Mutia Azura Hersta | Politeknik Negeri Media Kreatif

Leave A Comment