WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Seputar Kuku yang Harus Kamu Ketahui!

Kuku

Hai, Sunners!!

 

Kalian tahu tidak bagian tubuh yang juga harus kita perhatikan penampilannya? clue-nya ialah tangan. Yup, Kuku!

Salah satu bagian tubuh yang mudah dan sering dilihat orang lain selain wajah ialah tangan, khususnya bagian kuku. Sebagian besar aktivitas yang kita lakukan pasti menggunakan tangan, seperti bersalaman dengan orang lain, makan, mengambil barang, menulis, dan sebagainya.

Apabila kuku kita terawat dengan baik akan nyaman dipandang, tapi bagaimana jika kuku kita kotor dan tidak terawat? Sudah pasti orang-orang akan menganggap kita orang yang kurang bersih. Tidak hanya untuk penampilan, tapi kuku yang terawat dengan baik akan berdampak pada kesehatan kita.

Dilansir dari goodhousekeeping.com, ada beberapa halyang harus kamu ketahui untuk menjaga kuku. Berikut Meradina paparkan:

 

  • Jika kamu merupakan orang yang suka nail art atau pun tidak, hal yang paling penting untuk menjaga kuku ialah rajin membersihkan tangan dengan cara mencuci tangan.
    Gunakan sabun secukupnya pada tangan dan gosok perlahan, kamu juga bisa menggunakan sikat gigi berbulu lembut untuk membersihkan area kuku.

 

  • Setelah dibersihkan, jangan lupa gunakan moisturizer atau lotion yang melembabkan. Kulit
    dan kutikula di sekitar kuku harus selalu lembab, jika kering akan cepat terjadinya luka.
    Selain lotion, kamu juga bisa menggunakan campuran almond dan avocado oil untuk menjaga kelembaban kutikula dan kukumu.

 

  • Gunting kukumu secara berkala, setidaknya sekali dalam dua minggu. Memang terkadang kuku yang panjang terlihat bagus dan lentik, tapi alangkah baiknya jika kukumu juga tidak terlalu panjang. Bukan hanya dapat menganggu aktivitas, kuku yang panjang juga susah untuk dirawat dan dapat menjadi sarang kuman. Apalagi jika kamu termasuk orang yang sibuk atau malas. Jadi, lebih baik kuku tidak terlalu panjang.

 

  • Bagi kamu yang memiliki nail care tools diharapkan untuk sering dibersihkan. Cuci menggunakan sabun dan keringkan dengan handuk bersih, jangan lupa dilap menggunakan tetesan alkohol untuk menghilangkan bakteri dan kuman.

 

  • Jika kamu merawat kuku ke salon, jangan pernah berpikiran untuk melakukan cuticle remover, atau menggunting kutikula kuku. Sebab kutikula sangat penting bagi kesehatan kuku dan berfungsi menutupi daerah kuku. Apabila kutikula dihilangkan akan menyebabkan rongga antara kuku dan kulit. Sehingga mengakibatkan terjadinya infeksi karena masuknya kuman di antara kuku dan kulit.

 

Nah, kali ini beberapa hal yang harus dibaca buat Sunners yang ingin mengecat kuku!

  • Pertama, selalu aplikasikan base coat sebelum memakai nail polish. Base coat berfungsi sebagai pelindung kuku agar tidak terkena nail polish secara langsung. Selain itu, penggunaan base coat dapat menjadikan warna dari nail polish terlihat bagus hanya dengan sekali usap.

 

  • Setelah nail polish mengering segera gunakan top coat agar nail polish kalian lebih tahan lama. Penggunaan top coat secara berkala membuat nail polish kalian semakin tahan lama. Tampilan pun makin glossy dan cantik karena top coat.

 

  • Gunakan alkohol khusus penghilang kutek ketika menghapus nail polish dari kuku kamu. Tuangkan beberapa tetes pada kapas atau handuk khusus, lalu usap perlahan dari atas ke bawah

 

  • Ingat! Jangan terlalu sering menggunakan nail polish. Biarkan kukumu bernapas. Penggunaan nail polish secara terus menerus tanpa jeda sangat tidak dianjurkan dan tidak baik untuk kesehatan kuku. Banyak kandungan kimia jika dipakai secara berlebihan akan berbahaya bagi kuku.

 

  • Banyak jenis nail polish di pasaran. Cobalah pakai yang water based. Nail polish dengan water based tidak terlalu bahaya karena berbahan dasar air sehingga kuku tetap terkena air yang artinya molekul nail polish tersebut breathable untuk kukumu. Biasanya nail polish berbahan dasar air dapat kamu hilangkan dari kuku dengan cara mengelupasnya. Sehingga kamu tidak perlu mengusapnya menggunakan cairan alkohol.

 

 

Mudah, kan? setelah ini jangan lupa untuk merawat kuku kalian ya, Sunners!

 

 

Leave A Comment