WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

SMA atau SMK, Inilah Perbedaannya

Banyak orang yang bingung, mau pilih SMA atau SMK ya? Hal itu sudah sewajarnya dirasakan oleh para siswa yang baru saja lulus dari SMP. Seperti yang kita ketahui SMA adalah kepanjangan dari Sekolah Menengah Atas. Sedangkan SMK adalah kepanjangan dari Sekolah Menengah Kejuruan. Nah, lalu apa ya perbedaan dari keduanya? Berikut beberapa perbedaan dari SMA dan SMK.

Jangka Waktu Masa Pendidikan

Kebanyakan dari SMA dan SMK memiliki jangka waktu pendidikan yang relatif sama yaitu 3 tahun. Namun, ada beberapa SMK yang mempunyai waktu yang lebih lama dari biasanya. Ada beberapa jurusan di SMK yang memerlukan praktik lebih lama sehingga waktu pendidikan pun jadi lebih lama. Lalu pada tahun 2017, Kemendikbud juga meluncurkan program SMK 4 tahun demi meningkatkan mutu siswa lulusan di SMK.

Biaya

Dari segi biaya, SMA biasanya jauh lebih murah dibandingkan dengan SMK. Biaya di SMK bukan hanya meliputi pelajaran saja, namun biaya untuk PKL juga harus dibayar. Biaya tersebut diperlukan untuk menyediakan peralatan yang memadai yang tentu perlu dibeli oleh para siswa.

Pilihan Jurusan

Jurusan di SMA jauh lebih sedikit dibandingkan di SMK. Di SMA biasanya hanya meliputi jurusan IPA, IPS dan Bahasa. Sedangkan untuk SMK jauh lebih banyak dan spesifik karena memang lebih diutamakan untuk PKL nanti.

Mata Pelajaran yang Didapatkan

Mata pelajaran yang diperoleh pun juga berbeda. Siswa di SMA akan mendapatkan lebih banyak mata pelajaran yang sifatnya umum. Ketika masuk penjurusan pun tetap akan memperoleh mata pelajaran umum dengan sedikit mata pelajaran khusus. Lalu siswa SMK biasanya mendapatkan mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan yang dipilih dan lebih spesifik.

 

Itulah perbedaan dari SMA dan SMK yang perlu diketahui. Jika masih bingung mau pilih yang mana, pertimbangkan dan pikirkan baik-baik hal yang cocok dengan diri kita sendiri. Jangan terpengaruh dengan ikut-ikut teman, hal itu karena kita harus menentukan pilihan tersebut supaya kedepannya kita bisa menjalaninya dengan baik.

 

Fiska Rahma Rianda – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment