WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Punya Kulit Berjerawat? Inilah 5 Kandungan Skincare yang Harus Kamu Hindari

Halo, Sunners! Siapa di sini yang mempunyai masalah dengan kulit berjerawat atau acne prone skin? Jerawat merupakan masalah kulit yang lumrah dialami oleh setiap individu, baik pada perempuan maupun laki-laki. Kulit berjerawat juga tidak hanya dialami ketika masa pubertas saja, bahkan di usia 30 tahun pun jerawat juga bisa saja muncul loh

Meskipun saat ini banyak produk skincare yang dapat kamu temukan di pasaran, mengatasi kulit yang berjerawat bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, tidak semua kandungan skincare aman digunakan untuk kulit berjerawat. Kesalahan dalam memilih produk skincare tentu dapat memperburuk kondisi kulit berjerawatmu. Lalu, apa saja kandungan skincare yang harus kamu hindari ketika kulit berjerawat? Berikut penjelasannya, dilansir dari laman Byrdie.

  • Parfum (Fragrance)

Pada beberapa produk skincare sering kali ditemukan kandungan parfum atau fragrance. Kandungan parfum pada produk skincare memang akan membuat kita lebih rileks ketika menggunakan produk tersebut. Di sisi lain, kandungan ini dapat menyebabkan kulit wajah menjadi iritasi sehingga pengobatan terhadap kulit berjerawat pun akan lebih sulit dilakukan.

  • Alkohol

Sebenarnya, kandungan alkohol yang terdapat pada toner dan produk eksfoliasi wajah lainnya dapat membantu mengurangi minyak berlebih serta menghilangkan noda bekas jerawat. Namun, beberapa jenis alkohol justru dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Jenis-jenis alkohol yang perlu dihindari, yaitu alkohol terdenaturasi, SD alkohol 40, etanol, dan isopropil alkohol.

  • Minyak Esensial

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, kandungan ini juga perlu dihindari. Karena minyak esensial dapat berisiko meningkatkan iritasi pada kulit.

  • Minyak Kelapa

Meskipun minyak kelapa mengandung banyak manfaat untuk kulit, kandungan ini juga bersifat komedogenik atau rentan menyumbat pori-pori. Oleh sebab itu, skincare yang terdapat kandungan minyak kelapa tidak dianjurkan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat karena akan memperparah kondisi kulit berjerawatmu.

  • Cocoa Butter

Cocoa butter memang kaya akan kandungan emolien yang baik untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Akan tetapi, penggunaan skincare yang mengandung cocoa butter tidak disarankan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sama seperti minyak kelapa, kandungan ini bersifat komedogenik. Oleh karena itu, cocoa butter lebih disarankan untuk kamu yang memiliki kulit kering.

 

Nah, itulah 5 kandungan skincare yang harus kamu hindari ketika kulit berjerawat. Sebaiknya, sebelum mencoba suatu produk biasakan untuk mencari tahu terlebih dahulu bahan apa saja yang terkandung di dalam produk tersebut. Supaya produk skincare yang kamu gunakan dapat bekerja secara maksimal, bukan malah memperparah kondisi kulit berjerawatmu. Semoga bermanfaat, ya!

 

Syifa Nurul Aulia – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment