WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Obati Luka di Hati dengan Self-Love

Setiap orang memiliki kenangan masa lalu masing-masing, baik kenangan manis maupun kenangan pahit. Beberapa diantaranya masih menyimpan luka akibat kenangan di masa lalu yang kurang menyenangkan. Luka yang dirasakan dalam hati tentu berbeda dengan luka fisik. Ketika kita terluka di bagian lutut, kita menutup luka tersebut dengan plester. Namun, bagaimana dengan luka yang membekas di hati? Apakah bisa ditutup dengan suatu hal atau dibiarkan saja, lalu lama kelamaan akan menghilang dengan sendirinya? Jawabannya, tidak sama sekali! Luka dalam hati tidak boleh diabaikan begitu saja karena ia tidak akan hilang dengan sendirinya. Lalu, bagaimana cara mengobati luka hati? Sunday punya solusinya, yaitu self-love!

Istilah self-love tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mengutip pernyataan Khoshaba (2012) dalam satupersen.net, self-love adalah kondisi ketika kita dapat menghargai diri sendiri dengan cara mengapresiasi diri saat kita mampu mengambil keputusan dalam pengembangan spritual, fisik, dan juga psikologis. Self-love merupakan konsep mencintai diri dengan memberikan ruang untuk kebebasan diri sendiri.

Kamu tidak perlu khawatir, Sunners! Self-love tidak sulit untuk dilakukan, kok. Sunday punya tips self-love untukmu yang ingin mengobati luka akibat masa lalu berikut ini, disimak baik-baik ya!

Pertama, meditasi. Meditasi bertujuan untuk menghilangkan pikiran-pikiran negatif, sehingga kita mampu untuk melupakan kenangan buruk di masa lalu yang menimbulkan luka di hati. Meditasi dapat dilakukan dengan cara yang mudah, seperti duduk bersandar, kemudian pejamkan mata, dan fokuskan pikiran bahwa kita sedang hidup dalam masa kini, bukan masa lalu. Dengan menyadari kehadiran diri sepenuhnya saat ini, maka pikiran kita akan menjadi mindfulness.

Kedua, membuat jurnal. Jurnal bukan hanya berisi tentang kegiatan sehari-hari atau aktivitas yang telah kamu lakukan. Kamu bisa menulis hal apa yang ada dalam pikiranmu, hal apa yang takut untuk kamu sampaikan, hal apa yang ingin kamu raih, dan sebagainya. Dengan menuangkan isi pikiranmu, bahkan kecemasanmu ke dalam sebuah tulisan dalam jurnal, maka kamu akan merasa lebih jujur dalam menyatakan perasaan terhadap dirimu sendiri.

Ketiga, melakukan hal yang kamu sukai. Mendengarkan musik, menonton series atau film favorit, mengonsumsi camilan kesukaan merupakan alternatif yang paling mudah dan asik dalam menerapkan self-love. Kegiatan tersebut penting untuk dilakukan karena dengan melakukan hal yang kamu sukai artinya kamu telah belajar menghargai diri sendiri. Kamu adalah satu-satunya orang yang paling mengerti akan kebutuhan diri sendiri. Karena itu, kenali hal apa yang membuatmu merasa senang dan jangan ragu untuk memulainya, ya!

Nah, setelah menyimak tips self-love untuk mengobati luka, sekarang saatnya kamu mulai mempraktekannya! Jangan abaikan luka yang membekas di hati ya, Sunners!

Hanan Afifah – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment