Majalah Sunday

Tips Menghemat Uang untuk Pelajar dan Mahasiswa

Penulis: Halidah Sarah Pratiwi – UNJ
Editor: Afifah Putri Utami – UNJ

Sunners masih pelajar atau seorang mahasiswa yang berkeinginan buat nabung tapi sulit mengatur keuangan? Mau menabung tapi belum punya penghasilan? Tenang aja, Sunners! Dalam artikel ini, Mimin akan bagi tips untuk kamu agar bisa menghemat uang walaupun kamu seorang pelajar atau mahasiswa.

Sering kali, seseorang pada saat sekolah atau kuliah menggunakan uang suka melebihi batas. Mereka akan berpikir jika uang tersebut bisa diminta kembali ke orang tua. Walaupun seorang anak masih tanggungan orang tua, tetapi tidak ada salahnya seorang anak bisa meringankan beban atau masalah orang tua. Salah satunya dengan tidak meminta uang terlalu banyak atau sering.

Padahal, dengan uang yang diberikan oleh orang tuamu, Sunners bisa menabung, lho! Dengan menabung ini kamu bisa menghemat uang saku yang diberikan oleh orang tuamu. Selain itu, manfaat dari menabung kamu dapat mengatur keuanganmu sendiri. 

menabung untuk menghemat uang

Dengan menabung, kamu bisa membeli barang atau makanan yang kamu senangi dan dibutuhkan, pict by canva.com

Menghemat Uang untuk Pelajar dan Mahasiswa

Nah, untuk kamu yang ingin menabung sedari kini, boleh banget ikutin beberapa tips ala Majalah Sunday ini. Simak baik-baik, ya!

1. Bedakan Skala Kebutuhan dan Keinginan

Membedakan dua hal ini sungguh sulit. Jika kamu pelan-pelan belajar untuk mengerti mana kebutuhanmu dan yang mana keinginanmu, itu sangat berpengaruh dalam menghemat uangmu. Saat kamu sudah tahu apa kebutuhanmu, maka kamu akan membelinya sesuai dengan kebutuhan, bukan berdasarkan keinginanmu.

2. Sarapan dan Bawa Bekal dari Rumah

Sering kali hal ini membuat uang kita keluar lebih banyak. Ketika pergi untuk bersekolah dan lupa untuk sarapan, pada saat waktu istirahat kamu tentu akan berjalan menuju kantin untuk membeli makanan kesukaanmu. Berbeda jika kamu membawa bekal dari rumah, dan sarapan setiap pagi dari rumah. Uang yang seharusnya dipakai untuk jajan di kantin saat istirahat tidak akan terpakai jika kamu membawa bekal.

Selain membawa bekal, membawa air mineral dari rumah juga merupakan sebagian kecil untuk menghemat uangmu. Air mineral memang tidak mahal, tetapi bayangkan jika kamu membawa air mineral dari rumah, Sunners bisa menghemat pengeluaran.

bawa bekal dari rumah agar bisa menghemat uang di sekolah

Sarapan dan bawalah bekal dari rumah. Selain sehat, porsi yang didapat banyak, kamu juga menghemat pengeluaranmu, pict by canva.com

3. Kurangi Aktivitas di Luar Rumah Bersama Teman

Berkumpul dengan teman adalah kegiatan yang menyenangkan, karena kita bisa berbincang dengan teman sebaya dan bertukar pikiran dengan mereka. Akan tetapi, berkumpul dengan teman pun tentunya sering kali berada di luar rumah seperti di café, coffee shop. Meski kegiatan ini sangat menyenangkan, kegiatan ini dapat memakan uang sakumu karena mengeluarkan nominal yang tidak sedikit. Untuk menghindari itu, kamu bisa mengurangi berkumpul dengan temanmu atau melakukan aktivitas di dalam rumah saja sambil melakukan kegiatan yang kamu sukai. Misalnya, menonton, membaca, mewarnai, mengerjakan tugas, atau kegiatan menyenangkan lainnya.

Di atas merupakan tiga tips menghemat uang untuk kamu yang masih pelajar atau seorang mahasiswa. Keuanganmu adalah milikmu, dan kamu lah yang mampu memutuskan untuk mempergunakan uang tersebut sesuai kebutuhanmu. Pilih dengan bijak ya dalam mengeluarkan uang, ya!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 515
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?