WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Cara Mengenal Diri Sendiri Beserta Manfaatnya

Penting nggak sih memahami atau mengenal diri sendiri? Jawabannya tentu saja sangat penting.

Mengenal diri sendiri adalah hal yang sangat penting karena pada dasarnya, sebelum kita mengenal orang lain dalam hidup kita, hal yang pertama kita harus lakukan adalah mengenal diri sendiri. Ada sebuah pepatah yang mengatakan

“Mengenal diri sendiri jauh lebih sukar daripada ingin mengetahui kepribadian orang lain. Sebab itu, kenalilah dirimu sebelum mengenal pribadi orang lain.” (Buya Hamka)

Dari pepatah Buya Hamka ini kita dapat menyadari, bahwa mengenal diri sendiri rasanya sangat sulit untuk dilakukan daripada mengetahui kepribadian orang lain. Memang sulit untuk berproses mengenal diri sendiri, tetapi jika Sunners mau menyediakan waktu dan niat berusaha melakukannya, maka akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga dalam hidup Sunners. Memahami diri sendiri bisa menjadi awal mula perjalanan menuju kehidupan yang lebih bahagia dan terarah ke tujuan yang ingin kalian capai dan impikan.

Dengan mengenal dan memahami diri sendiri, seseorang akan mengetahui tujuan hidupnya. Dengan mengetahui tujuan hidupnya, seseorang akan menyadari kemampuan sesungguhnya dan tahu bagaimana menggunakannya untuk menggapai tujuan tersebut. Dengan demikian, ia mampu menemukan makna dari hidupnya.

Nah Sunners, yuk kita simak beberapa Cara Mengenali Diri Sendiri dan beberapa manfaatnya.

  1. Ketahui kelebihan dan kelemahan diri

Untuk mengetahui diri kalian agar lebih baik, penting untuk memahami dan mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan diri kalian sendiri. Dengan mengetahui kelebihan diri, akan menjadikan sebuah motivasi hidup kalian untuk lebih mencapai tujuan kalian sesuai dengan kelebihan yang dimiliki. Tidak hanya termotivasi untuk mencapai tujuan, tetapi juga akan semangat untuk mengasah kelebihan dan bidang yang kalian kuasai. Lalu, mengenal kelemahan diri kalian akan menjadi bahan evaluasi diri untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

  1. Kejujuran terhadap diri sendiri

Seringkali bersikap jujur kepada diri sendiri terasa menyakitkan. Mengenali diri sendiri adalah belajar untuk menilai dan memahami diri sendiri tanpa dibebani prasangka, harapan, ketakutan dan perasaan-perasaan lain. Dengan demikian, menerima berbagai aspek yang membentuk diri seperti identitas, kepribadian, dan keberadaan kalian. Jujur terhadap diri sendiri bertujuan untuk membantu kalian mengetahui semua kepribadian yang kalian punya, bukan semata-mata untuk mengkritik diri sendiri.

  1. Memiliki visi dan misi dalam hidup

Semua orang memiliki tujuan yang berbeda-beda. Berangkat dari tujuan seseorang, terciptalah sebuah visi dan misi hidup yang menjadi sebuah pandangan untuk mencapai tujuan di masa mendatang yang mencakup impian, harapan, dan cita-cita. Adanya visi dan misi dalam diri seseorang, akan menjadi hal penting yang menjembatani pencapaian atau tujuan menjadi lebih terarah dan terukur bagi hidup seseorang. Apapun halnya, dalam kehidupan tidak luput dari kata gagal dan berbagai macam rintangan lainnya. Dengan visi misi yang sudah dibangun dalam diri seseorang. Maka apapun kegagalan yang terjadi akan menjadi batu loncatan untuk menggapai tujuan atau target hidup di masa depan kita.

  1. Dengarkan suara hati terdalam

Suara hati pada dasarnya adalah bentuk deskripsi dari perasaan dan keyakinan diri kalian. Ketika hal yang membuatmu senang ataupun sedih, suara hati seolah akan berbicara menyampaikan perasaan hati kalian di saat itu. Dengarkanlah suara hati kalian dan deskripsikan suara hati yang muncul tersebut adalah pikiran positif atau negatif. Pikiran positif atau negatif mencerminkan bagaimana diri kalian. Ketika kalian berfikiran negatif, berhentilah untuk terjebak dalam pikiran tersebut dan berusahalah untuk berfikir positif sebisa mungkin. Dengan belajar mendengarkan suara hati terdalam, maka motivasi untuk memperbaiki diri dan selalu berfikir positif akan selalu tertanam dalam pikiran kalian.

 

Manfaat mengenal diri sendiri

  1. Mampu menentukan tujuan hidup

Dalam kehidupan seseorang, pasti memiliki banyak pilihan untuk masa depannya. Jika kita sudah mengenali dan memahami diri sendiri, tentu akan jauh lebih mudah dalam menentukan pilihan yang tepat untuk masa mendatang. 

  1. Mencintai diri sendiri

Ketika sudah memahami dan mengenali diri sendiri, otomatis kalian akan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang kalian miliki. Dari hal tersebut, secara tidak langsung kita akan menerima dan menghargai apapun yang dimiliki oleh diri kita. 

  1. Mampu menghargai pribadi orang lain

Kepribadian yang kita miliki pasti berbeda dengan kepribadian orang lain. Ketika kita sudah mengenal diri sendiri, kita pasti menghargai diri kita sendiri. Tidak terkecuali kepribadian orang di sekitar kita. Dengan demikian, kita akan mudah menghargai dan dapat mengenal baik orang lain.

  1. Lebih mengenal potensi dalam diri

Dalam proses mengenal dan memahami diri sendiri, kita akan menemukan beberapa potensi yang ada dalam diri kita. Dengan begitu, kita dapat mengasah potensi yang ada untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Untuk mengenali diri kita sendiri diperlukan waktu dan membutuhkan tekad yang kuat untuk menghargai apa adanya diri kita. Kita tidak akan bisa menghargai orang lain dan mengenal orang lain sebelum memahami diri kita sendiri. Salam kenal dengan diri sendiri.

Fais Fadhila – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment