WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Mitos Keluar Rumah Saat Menjelang Magrib

Mitos merupakan cerita rakyat yang dianggap benar adanya dan keberadaanya dianggap sakral oleh beberapa orang, biasanya cerita tersebut berkaitan dengan hal-hal mistis seperti mitos keluar rumah saat menjelang magrib. 

Waktu magrib merupakan waktu Salat yang dilakukan ketika bumi berpindah waktu dari siang menjadi malam hari. Saat Magrib tiba, orang tua biasanya menyuruh anaknya untuk masuk ke dalam rumah dan menghentikan aktivitas di luar rumah. Mereka percaya bahwa saat Magrib tiba, akan banyak setan dan jin yang berkeliaran. 

Memang, Apa yang Akan Terjadi Saat Kita Keluar Rumah Menjelang Magrib?

Di beberapa daerah di Indonesia ada mitos mengenai apa yang akan terjadi bila keluar rumah menjelang magrib yang berkembang di masyarakat seperti bertemu Lampor atau keranda terbang di Temanggung Jawa Tengah, dipercaya bahwa Lampor akan menculik siapa saja yang keluar sebelum atau setelah waktu magrib dengan meletakan orang tersebut ke dalam keranda dan dibawa entah kemana, ketika sudah tertangkap maka orang tersebut akan mengalami petaka yang bermacam-macam seperti jatuh sakit, menjadi gila, dan bahkan meninggal dunia.

Masih dari Pulau Jawa, mitos lain yang dipercayai masyarakat adalah bisa bertemu banaspati. Banaspati merupakan bola api yang dapat menghisap darah manusia hingga meninggal, selain itu dipercayai juga bahwa siapapun yang melihat banaspati maka ia akan mendapat petaka. Biasanya banaspati muncul di tempat tak biasa seperti rawa, danau, kuburan, hutan, atau area persawahan.

Mitos yang satu ini sepertinya ada hampir di seluruh wilayah Indonesia yaitu diculik Wewe Gombel. Sosoknya menyerupai perempuan dengan tampilan berantakan dan biasanya suka mengincar anak kecil. Uniknya, ada cara bagaimana menemukan anak yang hilang diculik Wewe Gombel, yaitu dengan cara memukul kentongan keras-keras agar si korban dapat kabur. Apabila sudah ditemukan maka si korban harus dibersihkan dengan air selokan supaya tidak dapat terdeteksi lagi oleh Wewe Gombel. 

Penjelasan “Logis” Mitos Dilarang Keluar Rumah Menjelang Magrib

Di balik berbagai cerita mistisnya mitos ini, dari mata ilmiah memiliki penjelasannya sendiri, yaitu pada saat waktu magrib kondisi sekitar mulai menjadi gelap sehingga pandangan menjadi berkurang dan membuat kita tidak fokus.

 Mitos ini juga memiliki tujuan lain, yaitu agar orang-orang tetap berada dalam rumahnya masing-masing. Karena waktu magrib adalah waktu yang tepat untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga serta beribadah bagi umat Muslim. Selain itu, para orang tua mengingatkan kepada anaknya saat magrib untuk pulang yaitu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, terutama di masa lalu ketika kondisi keamanan malam hari lebih rentan dari sekarang.

Penulis: Sulthan, Smkn 67 Jakarta

Editor: Elsa Riyana, Politeknik Negeri Media Kreatif

Leave A Comment