Majalah Sunday

Kenali Gejala OCD yang Perlu Kamu Ketahui

yuk kenali gejala OCD

Hai Sunners! Beberapa dari kalian pasti pernah melakukan self diagnosis. Apa sih self diagnosis itu? Self Diagnosis adalah mendiagnosa suatu penyakit terhadap diri sendiri. Hal ini dapat membahayakan kamu jika salah melakukan self diagnosis karena dapat mengambil proses pengobatan yang salah. Hal tersebut juga dapat menimbulkan rasa khawatir yang tidak diperlukan. Misalnya kamu merasa tidak nyaman setelah menyentuh suatu barang yang membuat kamu segera membersihkan tanganmu, bisa saja kamu mengalami gejala OCD namun belum tentu OCD jika gejala tersebut masih termasuk ringan.

Obsessive Compulsive Disorder (OCD) adalah salah satu gangguan mental yang membuat pengidapnya memiliki pemikiran dan dorongan yang tidak bisa dikontrol yang sifatnya obsesi dan kompulsi. Gangguan mental ini biasanya mengganggu pikiran seseorang sehingga menyebabkan rasa cemas, gelisah atau takut secara berlebihan. OCD biasanya dialami oleh remaja berusia 19 tahun, dan gangguan mental ini lebih rentan menyerang anak laki-laki dibandingkan anak  perempuan.

Berikut adalah gejala yang bisa dialami oleh orang yang mengalami OCD :

1. Obsessional

Dorongan atau gambaran mental yang dapat memicu perilaku obsesif yang menyebabkan seseorang harus bertindak sesuai dan sempurna dengan hal yang dipercayai oleh orang tersebut. Biasanya orang yang mengidap gangguan mental ini kerap memperhatikan hal-hal detail.

2. Kompulsif

Merupakan perilaku yang dilakukan secara berulang atau suatu gangguan kecemasan dimana pikiran  tidak terkontrol yang menyebabkan distress yang signifikan. Misalnya dengan membersihkan sesuatu secara berlebihan, atau memeriksa suatu hal berulang-ulang.

3. The Washers

The washers merupakan salah satu gejala gangguan mental OCD yang dimana orang yang mengidap penyakit ini takut akan suatu hal yang kotor sehingga membuat mereka kerap membersihkan tangan atau badan mereka ketika menyentuh atau setelah melakukan aktivitas. Tidak hanya sekedar membersihkan diri namun seseorang yang mengidap gangguan mental ini juga akan sangat detail dalam menjaga kebersihan rumahnya.

4. The Checkers

Seseorang yang mengidap gangguan ini biasanya selalu memeriksa sesuatu secara berulang-ulang. Misalnya pengidap OCD ini akan memeriksa berulang-ulang sebelum dia pergi keluar rumah apakah sudah mengunci pintu, atau sudah mematikan seluruh lampu dan kompor berulang-ulang sebelum meninggalkan rumahnya,

5. Symmetry dan Orderliness

Pengidap gangguan ini biasanya terobsesi dengan mengorganisir suatu benda sesuai dengan tempatnya. Bisanya seseorang yang mengidap penyakit ini akan terganggu dan tidak nyaman ketika melihat benda di sekitarnya tidak tertata rapi ataupun tidak sesuai dengan warna.

6. Hoarders

Hoarders merupakan salah satu gejala yang akan dialami oleh penderita gangguan OCD, gangguan ini berupa kebiasaan atau kegemaran untuk mengumpulkan barang-barang bekas atau barang yang tidak penting yang mereka temukan.

Bagi Sunners yang merasa memiliki beberapa gejala tersebut dan merasa sudah mengganggu aktivitas, sebaiknya segera periksa atau melakukan konsultasi dengan pihak yang tepat dan jangan melakukan self diagnosis agar mendapatkan ditangani dengan cara yang tepat.

Penulis : Yeni Lesmana

Leave A Comment

Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?