Majalah Sunday

Do&Don't:
Diet dengan Cara yang Aman dan Sehat

Penulis: Marvin Stevano Haka – Universitas Bunda Mulia
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan 

Diet sehat dan aman merupakan salah satu cara yang harus dilakukan saat seseorang mengalami kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan, biasanya dipicu ketika kalori yang masuk ke tubuh kita terlalu banyak dibanding dengan kalori yang dibutuhkan. 

Jika saat ini Sunners sedang menjalani program diet, pilihlah metode diet yang sesuai agar hasil yang dihasilkan dapat maksimal dan dapat mengurangi resiko kesehatan yang diakibatkan oleh diet. Maka dari itu, mari kita bahas apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat diet sehat dan aman.

Do. Lakukan Hal Berikut untuk Diet Sehat dan Aman

Olahraga

Olahraga dapat membantu diet Sunners agar lebih optimal. Sebab tubuh kita perlu membakar kalori yang masuk dan menumpuk dalam tubuh Sunners. Maka itu, Sunners harus melakukan olahraga secara rutin agar dapat membantu menurunkan berat badan Sunners sekaligus membuat tubuh Sunners lebih sehat dan bugar.

Perhatikan kalori harian

Sunners harus memperhatikan dan juga memperhitungkan kalori dari setiap makanan dan minuman yang Sunners konsumsi, contohnya melihat tabel informasi gizi di makanan kemasan. Hal ini dapat membantu Sunners dalam mengontrol batasan makanan yang Sunners konsumsi dalam sehari ini. Pada saat ini juga sudah terdapat aplikasi yang dapat membantu Sunners memperhitungkan kalori yang masuk ke tubuh asunners dalam sehari seperti Lose it!, MyFitnessPal, FatSecret dan lain-lain.

Makan secara perlahan

Makan secara perlahan ternyata dapat membuat Sunners lebih kenyang loh. Sebab hormon dalam tubuh kita memerlukan waktu untuk memberikan sinyal kepada otak kita bahwa sudah waktunya untuk berhenti makan. Selain itu, makan secara perlahan juga akan mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh kita, sehingga metode ini direkomendasikan untuk membantu program diet Sunners.

Minum air putih sebelum makan

Sunners dapat mencoba minum air putih pada saat sekitar 30 menit sebelum Sunners akan makan. Cara ini akan membuat Sunners merasa lebih kenyang dan menghindari Sunners dari makan yang berlebihan.

Tidur yang cukup

Nah, ternyata Sunners juga perlu tidur dengan waktu yang cukup. Sebab kurang tidur akan meningkatkan nafsu makan Sunners, karena tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon yang mempengaruhi kelaparan yang bernama Ghrelin dan Leptin ketika Sunners mengalami kekurangan waktu tidur. Sehingga Sunners akan merasa lapar dan memiliki nafsu makan yang lebih tinggi.

Do and Dont : Tips diet sehat dan aman

Lakukan diet yang aman dan sehat agar upaya menurunkan berat badanmu berhasil, pict by Samuel Andreansyah (Universitas Bunda Mulia)

Don't. Jangan Lakukan Hal Berikut untuk Diet Sehat dan Aman

Tidak sarapan

Beberapa orang yang menjalani diet mungkin akan memilih untuk melewatkan sarapan untuk mengurangi asupan makanan mereka. Namun, ternyata sarapan pagi adalah waktu yang penting untuk mengisi energi yang dibutuhkan oleh tubuh Sunners untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari. Selain itu, sarapan pagi juga akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Menghindari garam secara total

Mengkonsumsi makanan tanpa menggunakan garam sama sekali, ternyata dapat memberikan dampak bahaya bagi tubuh Sunners. Hal ini dikarenakan tubuh kita memerlukan garam untuk memproduksi hormon tiroid, menjaga keseimbangan tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan lain-lain. Tetapi, sebaiknya Sunners juga perlu memperhatikan asupan garam Sunners agar tidak berlebih karena akan menyebabkan resiko kesehatan yang lain.

Mengabaikan kalori minuman kemasan

Tahu gak Sunners? ternyata beberapa minuman kemasan seperti Soft Drink yang manis dapat mengandung kalori dan kadar gula yang tinggi loh. Nah, Sunners tidak boleh mengabaikannya ya dan harus memperhatikan kembali informasi kalori yang terdapat pada minuman kemasan yang akan Sunners konsumsi agar Sunners dapat memperhitungkan jumlah kalori yang telah Sunners konsumsi untuk efektivitas dietmu.

Kekurangan kalori

Tubuh kita dalam sehari membutuhkan kalori sebagai sumber energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari kita. Setiap orang juga memiliki kebutuhan kalori per hari yang berbeda-beda. Maka itu, pada saat Sunners mengurangi asupan kalori Sunners dalam sehari, Sunners tidak boleh menguranginya sampai sangat kurang dari kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari. Cara mengetahui kalori yang dibutuhkan Sunners adalah menghitung BMR dengan Rumus Harris Benedict yang berdasarkan berat badan, tinggi badan, usia dan jenis kelamin.

Konsumsi obat diet tanpa pengawasan ahli

Obat diet mungkin dipercayai oleh sebagian orang sebagai solusi untuk menurunkan berat badan secara instan. Namun, jika Sunners mengkonsumsi obat diet atau penurun berat badan tanpa pengawasan atau resep dari dokter, hal ini akan membahayakan tubuh karena kandungan dalam obat tersebut belum bisa dipastikan aman dan akhirnya dapat merusak organ tubuh Sunners.

Bagaimana Sunners? Apakah Sunners berencana untuk menjalani diet? Jika iya, jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal yang di atas ya Sunners. Sunners juga boleh membagikan informasi ini ke teman-teman Sunners yang berniat melakukan diet.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 480
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?