WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Hentikan Pemakaian Sunscreen, Jika Kamu Mengalami Gejala Ini!

Penggunaan sunscreen menjadi salah satu rutinitas wajib sebelum beraktivitas, baik di luar ataupun dalam ruangan. Sunscreen alias tabir surya dinilai mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). Oleh karena itu, banyak dokter atau ahli kecantikan yang menyarankan untuk tidak melewatkan penggunaan sunscreen di pagi hari. Agar kesehatan kulit tetap terjaga dan terhindar dari penuaan dini.

Sayangnya, bagi sebagian orang pemakaian sunscreen justru dapat menimbulkan reaksi negatif, loh. Lalu, apa saja gejala alergi sunscreen dan bagaimana cara mengatasinya? Simak baik-baik ya, Sunners!

Ciri-ciri dan Gejala Alergi Sunscreen

Biasanya, reaksi alergi terhadap sunscreen atau tabir surya terjadi pada area tubuh yang banyak terkena paparan sinar matahari, misalnya area wajah, tangan, dan kaki. Area tubuh yang terkena alergi akan muncul ruam kemerahan, gatal, dan terasa nyeri seperti kulit yang terbakar sinar matahari (sunburn). Namun, tidak semua orang langsung mengalami gejala alergi setelah menggunakan sunscreen. Ada pula yang membutuhkan waktu beberapa hari baru mengalami gejala tersebut.

Dilansir dari Orami, ada beberapa gejala alergi sunscreen, yaitu:

  • kulit kemerahan,
  • gatal,
  • bengkak,
  • ruam
  • muncul benjolan berisi air,
  • biduran,
  • berdarah,
  • dan timbulnya rasa nyeri.

Tips Mengatasi Alergi Sunscreen

Jika kamu mengalami gejala alergi sunscreen di atas, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya, sebagai berikut:

  1. Hentikan Pemakaian Sunscreen

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah menghindari penggunaan sunscreen terlebih dahulu. Ada saatnya kulitmu perlu beristirahat. Untuk sementara waktu, kamu bisa menggunakan produk-produk skincare yang ringan dan tidak mengandung parfum.

  1. Hindari Kulit Terkena Matahari Langsung

Selama menghentikan penggunaan sunscreen, alangkah baiknya jika kamu juga menjauhi paparan sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari tentu dapat memperburuk kondisi kulitmu. Sunners bisa menggunakan pakaian yang tertutup dan menggunakan topi agar area wajah dapat terlindungi dari paparan sinar matahari.

  1. Menjaga Kelembapan Kulit

Selalu menjaga kelembaban kulit menjadi pertolongan pertama dalam mengatasi kulit yang iritasi. Sunners bisa menggunakan produk-produk yang dapat membantu menjaga kelembapan sekaligus menenangkan kulit, seperti losion calamine, atau aloe vera gel. Dilansir dari Beautynesia, untuk kulit yang disertai rasa gatal, kamu bisa menggunakan krim hidrokortison dua kali sehari selama seminggu untuk mengurangi peradangan.

  1. Periksa ke Dokter Kulit

Apabila kondisi kulit tidak kunjung membaik, jangan ragu periksa ke dokter kulit untuk penanganan dan pengobatan lebih lanjut. Dengan berkonsultasi ke dokter kulit, kamu juga dapat mengetahui kandungan kimia mana yang memicu reaksi alergi kulitmu.

 

Nah, Itulah gejala sekaligus cara mengatasi alergi sunscreen yang dapat kamu lakukan. Meskipun, kamu pernah mengalami alergi sunscreen bukan berarti kamu tidak bisa menggunakannya seumur hidup. Pilihlah sunscreen yang aman untuk kulitmu. Jadi, jangan lupa pakai sunscreen ya!

Syifa Nurul Aulia – Universitas Negeri Jakarta

 

Leave A Comment