WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

7 Tips Agar Tidak Terlalu Pasif dan Menjadi Lebih Tegas

Sunners, apakah kamu sering memendam keinginan karena terlalu takut untuk mengatakannya?

Orang yang terlalu pasif sering kali merasa dimanfaatkan. Kamu hanya bisa mengubur sakit hati, dan kekesalan dalam-dalam. Ketika dalam obrolan kamu memilih menahan apa yang kamu pikirkan dan rasakan, orang lain jadi sulit mengenal kamu lebih jauh.

Belum lagi saat kamu merasa pendapat atau perasaanmu tidak diperhitungkan, kamu akan merasa minder, kehilangan kesempatan untuk mendapat pengakuan, dan respons positif dari ide yang kamu miliki. Hal ini bisa membuat kamu merasa tertekan. Jadi, jangan terlalu khawatir atas penerimaan atau penolakan orang lain terhadap ide kamu.

Mengutip dari Kids Health, berikut tujuh cara meningkatkan kemampuan untuk bersikap tegas dan tidak terlalu pasif.

  1. Kenali Dirimu Sendiri

Tanyakan pada dirimu apa yang kamu pikirkan, rasakan, inginkan dan sukai. Sebelum menyampaikan keinginanmu pada orang lain, kamu perlu menyadari hal ini sendiri terlebih dahulu.

  1. Katakan Apa yang Kamu Inginkan

Apakah kamu termasuk orang yang tiap kali ditanyakan apa yang kamu inginkan hanya menjawab, “aku tidak tahu,” atau “apa saja tidak masalah”? Berhenti sekarang.

Latih dirimu mengatakan apa yang benar-benar kamu inginkan, mulailah pada hal-hal yang remeh-temeh. Misalnya, seseorang  bertanya “Kamu mau yang biru atau merah?” katakan, “Aku lebih suka yang biru. Terima kasih.”

  1. Berlatih Meminta Sesuatu

Cobalah meminta sesuatu, seperti, “Aku perlu pensil, ada yang punya lebih?” atau “Bisakah kamu mengambilkan buku itu?” Latihan ini membantu kamu membangun kepercayaan diri saat kamu perlu meminta sesuatu yang lebih penting.

  1. Berikan Pendapatmu

Jangan sungkan memberikan pendapatmu. Katakan saja apakah kamu menyukai film yang kalian tonton atau tidak. Sampaikan juga alasannya. Biarkan orang lain mengenalmu dari opini-opini yang kamu sampaikan.

  1. Latih Menggunakan Pernyataan “Aku”

Berlatihlah menggunakan pernyataan seperti, “Aku ingin …” atau “aku lebih suka …” atau “Aku merasa …”

  1. Cari Role Mode

Temukan panutan yang pandai bersikap tegas. Artinya, tidak terlalu pasif dan tidak terlalu agresif. Cari tahu apakah kamu bisa mengikuti kualitas terbaik orang itu atau tidak.

  1. Hargai Diri Sendiri

Ingat, ide dan pendapat kamu sama pentingnya dengan pendapat orang lain. Hal ini membantu kamu bersikap tegas. Ketegasan dimulai dari bagaimana kamu bisa menghargai diri sendiri.

Nah Sunners, itu dia tujuh tips yang bisa kamu coba agar kamu lebih tegas menghadapi diri sendiri dan orang lain.

Hikmah Ovita – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment