Majalah Sunday

Tips Sederhana Membangun
Kebiasaan Baru yang Positif

Penulis: Angelia – Universitas Bunda Mulia
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan 

Halo, Sunners! Apakah Sunners sedang kesulitan dalam membangun kebiasaan baru yang baik? Merasa sudah niat melakukannya, tetapi nggak pernah dimulai? Tenang, kamu tidak sendiri kok. Membangun sebuah kebiasaan bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan waktu, usaha, tenaga, dan konsistensi di awal memulainya. 

Meski begitu, bukan berarti tidak mungkin kan? Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh maka akan membuahkan hasil yang kita inginkan. Dengan membangun kebiasaan baru yang positif maka akan mengantarkan kita pada hal-hal luar biasa yang tentunya positif juga. 

Tips Membangun Kebiasaan Baru

Sebetulnya, dalam membangun kebiasaan baru yang positif tidak memerlukan langkah yang besar, lho Sunners. Kamu bisa melakukannya bahkan dengan langkah-langkah sederhana yang konsisten. Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan agar semakin konsisten dalam membangun kebiasaan baru yang positif: 

mulai membangun kebiasaan baru dari kebiasaan kecil

Saat memulai sebuah kebiasaan baru, malas menjadi musuh utama yang akan mengacaukan komitmen kita. Oleh karena itu, jangan langsung membebani diri sendiri dengan target yang besar. Karena hal ini akan membuat kebiasaan terkesan semakin sulit dan berat untuk dilakukan. Lebih baik diawali dengan kebiasaan kecil terlebih dahulu, jika dirasa sudah cukup konsisten, kamu bisa menambah ritmenya sesuai kemampuamu ya. 

buat kebiasaan jadi mudah

Apakah Sunners sering lupa minum ketika sedang belajar online di depan laptop? Setelah selesai belajar, baru deh merasa kehausan. Hal ini muncul karena apa yang dibutuhkan jauh dari jangkauan. Sama halnya dalam membangun kebiasaan baru, buatlah kebiasaan tersebut atau alat yang dibutuhkan dalam membangun kebiasaan tersebut mudah dijangkau oleh kita. Misalnya, ketika kita ingin membangun kebiasaan minum air putih yang cukup setiap hari, maka salah satu trik yang bisa dilakukan adalah dengan meletakkan botol minum di tempat yang bisa langsung kita jangkau, sehingga ketika sedang mengerjakan hal lain, kita juga bisa langsung menjangkau botol minumnya, karena jaraknya tidak jauh. 

buat kebiasaan baru terkesan menarik dan memuaskan

Cara selanjutnya dalam membentuk kebiasaan yang baik adalah membuat kebiasaan baru terkesan menarik dan memuaskan. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan penghargaan (reward) kepada diri sendiri setiap kali kita selesai melakukan kebiasaan baru tersebut. Misalnya, kita boleh membuka media sosial setelah membaca atau kita boleh mengunjungi coffee shop langganan kita setelah berolahraga. Dengan demikian, kita akan menjadi puas akan apa yang telah dikerjakan. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai tanda bahwa kita menghargai usaha kita dalam membangun kebiasaan yang positif.

berhenti menunda dalam membangun kebiasaan baru

Salah satu penyebab gagalnya proses dalam membangun kebiasaan baru adalah karena kita sering menunda-nunda melakukan kebiasaan tersebut. Kebiasaan menunda atau prokrastinasi akan membuat kita pada akhirnya menjadi malas dan ujung-ujungnya menyerah untuk melanjutkan. Ketika rasa ingin menunda muncul, cobalah untuk mengingat kembali tujuan awal kita ingin membangun kebiasaan tersebut. Hal ini bisa menjadi motivasi untuk terus maju. 

membangun kebiasaan baru dengan cara sederhana juga bisa,lho

Membangun kebiasaan baru itu mudah, bahkan dengan cara-cara sederhana, pict by canva.com

Nah, inilah beberapa tips sederhana yang bisa Sunners lakukan dalam membangun habit baru. Selamat mencoba 🙂

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 548
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?