WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Jitu Memilih Ekstrakurikuler Berdasarkan Keinginanmu

Sudahi magermu, mari kita beraktivitas.

Di masa pandemi seperti ini, pembelajaran di sekolah pasti membosankan kan?

Kira-kira aktivitas apa sih yang bisa membantu kalian mengatasi rasa bosan serta mengembangkan kemampuan kalian dan pastinya menyenangkan?

Yaps, jawabannya mengikuti ekstrakurikuler atau yang biasa kita kenal dengan ekskul. Ekskul merupakan kegiatan yang diselenggarakan sekolah sebagai sarana untuk mengasah potensi dan bakat yang kalian miliki kelak bisa melahirkan prestasi secara non-akademik.

Nah, kira-kira kalian sudah bergabung dengan ekskul yang ada disekolahmu belum nih? Atau kalian merasa bingung untuk memilih ekskul apa sih yang akan cocok untuk kalian?

Kebingungan yang Sunners rasakan ketika memilih ekskul ini sering kali terjadi khususnya peserta didik yang baru masuk ke Sekolah Menengah Atas/Kejuruan. Namun begitu, tidak jarang pula dirasakan oleh siswa kelas 11 ataupun 12 yang masih bingung nih menentukan kegiatan ekskul apa yang akan dijalani. Biasanya ada beragam alasan yang menyebabkan hal ini terjadi. Mulai dari kurang mengetahui ekskul yang terdapat di sekolah, hingga alasan bahwa ekskul yang dipilih ternyata kurang menarik dari yang dibayangkan.

Lalu, bagaimana caranya agar dapat memilih ekskul sesuai dengan keinginan kalian?

Yuk, simak Tips Jitu Memilih Ekstrakurikuler Berdasarkan Keinginanmu!

1. Kenali potensi diri

Sebelum kalian memilih ekskul yang akan kalian pilih, pastikan kalian mengetahui jenis ekskul mana yang sesuai dengan hobi, minat, dan bakat. Kenapa? Karena dengan kalian mengetahui kelebihan apa yang kalian miliki, hal tersebut bisa menjadi landasan atau motivasi untuk mengembangkan kemampuan kalian nantinya pada ekskul tersebut.

Bagaimana cara menemukan potensi diri kalian?

Caranya mudah banget nih Sunners, kalian hanya perlu mengingat prestasi apa yang telah kamu peroleh. Atau kelebihan apa yang bisa kamu lakukan. Misalnya, apabila kalian memiliki hobi bermain bulu tangkis atau bermain bola, kalian bisa mengasah kemampuan yang kalian miliki tadi dengan bergabung dengan klub sepak bola atau klub bulu tangkis yang ada di sekolah kalian. 

2. Niat

Tips selanjutnya, apabila Sunners ingin memilih ekskul yang kalian inginkan kuncinya adalah niat. Jangan sampai kalian mengikuti ekskul hanya karena teman, ya! You don’t want to waste your time doing something less important. Karena kepentingan masing-masing individu itu berbeda-beda. Jadi, pastikan niat kalian untuk memilih ekskul itu untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan kalian, ya!

3. Sesuaikan dengan jadwal

Setelah memilih jenis ekskul yang sesuai dengan hobi, minat, dan bakat kalian, pastikan hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah menyesuaikan jadwal ekskul kalian dengan jadwal kegiatan lainnya. Misalnya dengan membagi waktu untuk belajar, bimbingan belajar/les, waktu bersama dengan keluarga dan sebagainya. Hal ini harus didasarkan dengan skala prioritas kalian, ya Sunners

Lalu, bagaimana kalau kegiatan ekstrakurikuler yang Sunners pilih ternyata tak sesuai ekspektasi?It’s okay, Gengs! Karena sepandai-pandainya kalian mengelola waktu dan diri sendiri, bukan berarti berjalan dengan mulus begitu saja.

Nah, itulah Tips Jitu Memilih Ekstrakurikuler Berdasarkan Keinginanmu. Banyak kegiatan ekskul yang dapat membuat kalian berkembang untuk melahirkan prestasi terbaik dan bekal masa depan nantinya. Tapi yang perlu Sunners ingat, pilihlah ekskul yang membuat dirimu nyaman, ya!

Penulis: Lidya Setia Ningsih_Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment