WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Cara Mengatasi Kesepian agar Terhindar dari Hal Buruk

Halo, Sunners! Masa pandemi saat ini, pasti banyak dari kita yang sedang merasa kesepian dengan perasaan yang berbeda-beda. Seperti kesepian karena merasa tidak dianggap, merasa terasingkan, ditinggal oleh orang yang kita sayang, dan merasa kesepian karena gak ada teman ngobrol buat berbagi cerita.

Apalagi buat kamu yang sering memendam segala sesuatu dengan sendiri. Kamu merasa lebih baik menyimpan segala sesuatu yang kamu alami untuk dirimu sendiri. Tapi sebenarnya itu hanya akan menyulitkanmu menghilangkan rasa kesepian yang sudah terperangkap dalam dirimu. 

Kesepian merupakan hal yang normal dan bisa terjadi kepada siapapun. Rasa kesepian juga tidak datang dengan memilih orang tertentu saja. Rasa kesepian bisa dirasakan siapapun tanpa pandang umur dan jenis kelamin. 

Ada kalanya seseorang merasa kesepian karena sedang dalam suatu kondisi atau titik kehidupan yang sulit. Tapi, kamu tau ga kalau rasa kesepian terjadi dalam jangka waktu yang panjang akan berdampak buruk bagi dirimu sendiri loh, Sunners. Jika rasa kesepianmu semakin mendalam bisa membuatmu sulit tidur, stress, depresi dan lebih parahnya bunuh diri. 

Nah, udah tau dong kalo kesepian itu berbahaya dan memberi dampak buruk bagi kesehatan kamu. Jadi, Ini beberapa cara untuk mengatasi rasa kesepian kamu nih, Sunners.

1. Cerita kepada teman/orang terdekat kamu

Cerita kepada teman atau orang terdekat adalah cara untuk mengatasi rasa kesepian. Kepada siapa kamu bercerita sangat penting untuk mengobati rasa kesepian kamu dan sangat penting juga jika dia yang mendengarkan ceritamu bisa mengerti kamu. Kenapa?  Karena kamu bisa cerita dengan senyaman kamu dan bisa meluapkan isi hatimu serta bisa menceritakan segala sesuatu yang mengganjal dalam hatimu. Dengan begitu, rasa kesepian yang terperangkap dalam diri kamu bisa menghilang atau terobati secara perlahan.

2. Coba hal-hal yang belum pernah kamu lakukan.

Mencoba hal-hal baru bisa mengurangi rasa kesepianmu loh, Sunners. Misalnya, mengikuti kegiatan sukarela yang belum pernah kamu lakuin. Dengan begitu, kamu akan bertemu banyak orang dan mendapat pengalaman baru. Bisa jadi orang yang baru kamu temui bisa menjadi teman yang cocok untukmu bertukar cerita. 

3. Lakukan kegiatan yang membuatmu happy

Coba ingat kembali apa yang membuatmu senang dan bisa mengubah mood kamu jadi lebih baik. Seperti baca buku kesukaanmu, nonton film dan mendengarkan musik kesukaanmu. Dengan melakukan hal-hal yang kamu suka, kamu bisa melupakan rasa kesepianmu. Kamu juga tidak lagi menghabiskan waktu dengan emosi-emosi yang terjebak dalam dirimu dan membuat mood kamu buruk. Sesaat kamu bisa melarikan diri dari rasa kesepian yang menghantuimu dan secara perlahan rasa kesepian itu akan menghilang.

4. Konsultasi ke psikolog

Jika kamu merasa  tidak ada orang yang pas untuk kamu ajak cerita, konsul ke psikolog adalah cara yang terbaik. Kamu bisa ceritakan segala sesuatu yang sudah kamu alami. Kamu bisa cerita apa yang membuat merasakan kesepian sehingga kamu terjebak dengan rasa itu. Konsul ke psikolog bisa membantu kamu memahami lebih tentang diri kamu dan bagaimana kesehatan mental kamu. Dengan cara ini, rasa kesepian kamu bisa teratasi dan kamu bisa terhindar dari depresi. 

Nah, itu 4 cara untuk mengatasi kesepian, Sunners. Semoga bisa membantu menghilangkan rasa kesepian Sunners di luar sana, ya.

Tapi jangan lupa, Sunners. Seberat apapun masalahmu dan seberat apapun rasa kesepianmu, jangan pernah mencoba hal-hal yang akan menyakiti dirimu sendiri. Meskipun sulit untuk mencari jalan keluar dari permasalahan kamu, berusahalah untuk tetap kuat. Karena akan ada solusi/cara di setiap permasalahan.

 

Penulis: Anjelia Panggabean, Universitas Kristen Indonesia  

Leave A Comment