WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Serial Musikal Nurbaya: Mengungkap Keadilan Melalui Cinta

Serial musikal Nurbaya yang diproduksi oleh Indonesia Kaya sudah memasuki episode terakhir pada hari Kamis (5/8/2021) pukul 19.00 WIB. Serial ini hanya sampai episode 6 saja, episode pertamanya tayang pada 1 Juli 2021.

Indonesia Kaya bekerja sama dengan Garin Nugroho – seorang sutradara, penulis skenario, dan produser film yang terkenal dengan filmnya berjudul Kucumbu Tubuh Indahku (2018). Maka tidak heran jika serial musikal Nurbaya ini tembus sampai lebih dari 1 juta penonton di kanal Youtube Indonesia Kaya. 

Diadaptasi langsung dari novel yang berjudul Siti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Roesli. Serial ini mengangkat kisah cinta antara Nurbaya dan Samsul Bahri yang dikemas dengan artistik modern era 70-an. Serial ini juga mampu menghipnotis penonton tidak hanya melalui akting para pemainnya saja, tetapi musik dan lagu yang disuguhkan pun apik dibawakan oleh seluruh pemain. 

Terdapat 15 lagu dalam Serial Musikal Nurbaya yang sudah dibagikan oleh Indonesia Kaya melalui platform Youtube Musik, Apple Musik, dan Spotify.

Pemain dari serial Musikal Nurbaya dipilih melalui audisi “Mencari Siti”. Dikutip dari laman resmi indonesiakaya.com, audisi tersebut diikuti oleh 800 orang pendaftar, dan hanya terpilih 28 talenta saja, tiga diantaranya berhasil mendapatkan peran Siti Nurbaya (Arawinda), Samsul Bahri (Bukie Mansyur), dan Tuan Meringgih (Bima Zeno Pooroe). Selain itu, Indonesia Kaya juga mengundang artis B3 Riafinola sebagai bintang tamu dalam serial musikal Nurbaya untuk memerankan tante dari Siti Nurbaya yang bernama Etek Rahma.

Serial musikal Nurbaya menceritakan mengenai Nurbaya yang terpaksa menikah dengan Tuan Meringgih untuk membebaskan ayahnya dari penjara karena kasus pencemaran nama baik dari sebuah tempat hiburan bernama “Taman Edan”. Tempat tersebut dikelola oleh Anton, orang kepercayaan Meringgih. Taman Edan sebenarnya menjadi tempat hiburan malam yang menjajakan minuman keras dan prostitusi wanita, tidak ada yang berani melawan atau menuntut Taman Edan karena kekuasaan Tuan Meringgih. Setiap polisi dan hakim sudah dibayar oleh Meringgih sehingga sulit mendapatkan keadilan disana. Nurbaya memiliki niat untuk membebaskan seluruh wanita di Taman Edan, ia dibantu kekasihnya yang bernama Samsul Bahri berencana menuntut Meringgih di pengadilan melalui bukti-bukti yang sudah ia kumpulkan dengan memanfaatkan statusnya sebagai istri Tuan Meringgih. 

September 2021, Serial Musikal Nurbaya akan tayang di Mola TV dala format film, sehingga film Nurbaya ini nantinya sangat cocok disaksikan bersama teman atau keluarga ketika berkumpul.

 

Penulis: Dwi Puji Lestari – Universitas Negeri Jakarta

 

Leave A Comment