WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Sekolah Negeri vs. Swasta, pilih mana?

Sekolah Negeri vs. Swasta, pilih mana?

Oleh: Melania Seventina

 

Halo, Sunners! Sekolah adalah tempat kita menimba ilmu, menambah teman, serta mengasah bakat dan kemampuan kita. Di Indonesia, sekolah terbagi jadi 2 jenis, yakni sekolah negeri dan sekolah swasta. Tentu saja ada perbedaan antara sekolah negeri dengan sekolah swasta. Baik dari segi jumlah siswa, fasilitas, hingga biaya. Kamu lagi bimbang nyari sekolah? Jangan khawatir, artikel ini bakalan membantu kamu untuk mengetahui perbedaannya.

 

1. Daya tampung

Dari segi daya tampung, sekolah negeri dan sekolah swasta sudah memiliki perbedaan. Kalau di sekolah negeri, setiap kelasnya bisa menampung hingga 40 siswa, sementara sekolah swasta ada yang menampung 20 siswa untuk setiap kelas, Sunners. Semakin ramainya kelas, konsentrasi belajar juga semakin dibutuhkan. Guru juga seringkali kewalahan jika siswa terlalu banyak. Kalau kamu memiliki konsentrasi yang baik serta tidak berkebutuhan khusus, sekolah negeri masih cocok buat kamu kok, Sunners.

 

2. Fasilitas

Sudah jadi rahasia umum kalau fasilitas di sekolah negeri dan swasta seringkali memiliki perbedaan. Sekolah swasta memiliki fasilitas yang lebih lengkap seperti lapangan olahraga yang beragam sampai kolam renang. Sementara fasilitas sekolah negeri, meskipun lengkap, tetapi jauh lebih sederhana.

 

3. Biaya

Biaya merupakan perbedaan yang paling menonjol antara sekolah negeri dan sekolah swasta. Karena sekolah negeri mendapatkan dukungan dari pemerintah, pungutan biaya di sekolah negeri tidak sebanyak sekolah swasta. Alasan sekolah swasta jauh lebih mahal adalah karena adanya fasilitas yang lengkap, Sunners.

 

4. Pergaulan

Lingkaran pertemanan di sekolah negeri dan swasta juga berbeda, Sunners. Latar belakang siswa jauh lebih beragam di sekolah negeri dibandingkan sekolah swasta. Di sekolah negeri, kamu akan bertemu banyak teman dari beragam suku, agama, sampai status sosial. Sehingga, kamu bisa belajar untuk menyikapi perbedaan dan toleransi. Karena kondisi finansial yang baik, pergaulan di sekolah swasta seringkali jauh lebih eksklusif. Selain itu, beberapa sekolah swasta mengkhususkan agama tertentu seperti sekolah islam dan sekolah katolik. Sehingga, keberagaman agama juga lebih sedikit daripada sekolah negeri.

 

Nah, itulah beberapa perbedaan antara sekolah negeri dengan sekolah swasta. Semua sekolah itu baik ya, Sunners. Yang terpenting adalah niat kita untuk menuntut ilmu. Jangan lupa untuk sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu dan diskusikan dengan orangtua ya, Sunners. Semoga membantu!

Penulis: Melania Seventina, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment