WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Aku Cantik Nggak Sih? : Problematika Standar Kecantikan

“Aku cantik nggak sih?”

Hai, Sunners! Pertanyaan itu sepertinya sudah mewakili hampir seluruh perempuan yang ada di muka bumi ini, ya? Banyak perempuan yang bertanya-tanya pada dirinya sendiri, “Kenapa aku gendut, ya?”, Kenapa kulit aku nggak putih, ya?”, “Kenapa hidung aku pesek, ya?” Padahal, melihat kekurangan diri sendiri itu bisa menyebabkan masalah besar, lho. Setiap negara memiliki standar kecantikannya masing-masing yang nggak bisa disamaratakan begitu saja. Tapi, standar kecantikan setiap negara terkadang juga membuat para cewek stres karena tidak bisa tampil cantik di hadapan orang-orang. Memakai make up seakan menjadi kewajiban agar wajah terlihat merona. Padahal, banyak banget efek yang ditimbulkan akibat standar kecantikan ini, lho. Apa aja sih? Yuk, simak!

  1. Banyak Perempuan Tidak Percaya Diri dengan Fisiknya

Standar kecantikan membuat banyak perempuan tidak percaya diri dengan penampilan fisiknya. Kulit putih dan rambut lurus seakan menjadi hal yang harus dimiliki oleh perempuan cantik sehingga banyak orang yang menghabiskan uangnya untuk meluruskan rambut dan menggunakan pemutih. Padahal, fisik adalah ciri khas kamu yang paling menonjol, lho!

  1. Make Up Menjadi Hal yang Wajib

“Duh, kayaknya muka ku kusam deh kalo nggak pake make up.” Padahal, memang normalnya wajah kamu seperti itu. Rasanya kalau melihat cermin ketika pakai make up, itu adalah wajah asli kita. Padahal, nggak lho! Wajah asli kita adalah ketika kita tidak menggunakan make up. Coba deh kamu perhatiin baik-baik. Kamu pun sudah cantik tanpa riasan apa pun, girls!

  1. Beauty Standard Banyak Dimanfaatkan Oleh Produk Kecantikan

Melihat tingginya minat perempuan untuk tampil putih, rambut lurus dan lembut, mata besar, hidung mancung, membuat para produsen produk kecantikan berlomba-lomba menghasilkan produk yang bisa merubah kulit kamu menjadi lebih cerah, atau rambut menjadi lebih lurus tanpa harus ke salon, serta perawatan lain yang bisa kamu temui di mini market terdekat. Nyatanya,  seluruh tubuh kamu adalah tampilan terbaik yang diberikan Tuhan untukmu.

  1. Setiap Negara Memiliki Standar Kecantikannya Masing-Masing

Nggak perlu deh kamu ingin cantik ala Korea kalau kamu tinggalnya di Indonesia. Mulai dari bentuk wajah, rambut, hingga kulit orang Korea sangat berbeda dengan orang Indonesia yang berarti jenis produk kecantikannya juga berbeda. Kenapa kamu harus mengikuti standar kecantikan kalau kamu sudah cantik dengan penampilanmu sendiri?

  1. Standar Kecantikan Membuat Perempuan Lupa Bersyukur Akan Kelebihannya

Banyak perempuan yang tidak berkulit putih, namun memiliki tinggi yang semampai. Ada juga perempuan yang berhidung mancung, namun bertubuh gemuk. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jangan sampai standar kecantikan menjadikan kamu lupa bersyukur dengan apa yang telah Dia berikan padamu.

Nah, itu tadi beberapa hal yang merupakan efek dari standar kecantikan. Jangan lupa bersyukur dengan apa yang ada pada diri kamu, Sunners! Kamu cantik meski tanpa riasan apa pun. Jangan biarkan orang-orang yang mengatur standar kecantikan untukmu. Jadilah cantik untuk diri sendiri dan jangan lupa berikan senyuman terbaikmu pada orang lain. Samangat, ya!

 

Novianti Sabani

Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment