WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

3 Rekomendasi Kegiatan Saat Hujan yang Bisa Dilakukan di Dalam Rumah

Source: Pinterest

Memasuki musim dingin, akhir-akhir ini hujan deras terus melanda. Beberapa daerah mulai kembali mengalami bencana banjir. Di cuaca yang seperti ini, kita tetap harus jaga kesehatan, apalagi kini kita hidup berdampingan dengan penyebaran virus corona yang belum sepenuhnya dapat ditangani oleh pemerintah.

Akibat pandemi ini kita menghabiskan banyak waktu berada di rumah. Rasanya semua kegiatan sudah kita lakukan yang akhirnya membuat kita bosan. Bahkan kita sampai tidak tahu harus melakukan kegiatan apa untuk menikmati suasana hujan. Nah, ada tiga rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakukan di dalam rumah untuk membunuh rasa bosanmu saat hujan turun.

Source: Pinterest
Source: Pinterest

1.Tidur

Tidur merupakan kegiatan umum yang dilakukan orang-orang. Namun, kamu akan semakin lelap ketika tidur dalam keadaan hujan. Suasana yang dingin dan kondisi yang gelap merupakan kondisi yang tepat untuk kita tidur. Dikutip dari Tempo.co, Sleep Pyhsician Dr. Andreas Prasadja, RPSGT dari Snoring and Sleep Disorder Clinic Jakarta mengatakan bahwa pulasnya tidur saat hujan terkait erat dengan kenyamanan. Kenyamanan itu didapatkan saat kita tidur di dalam ruangan yang gelap dan suasana yang sejuk.

Selain itu, suara rintikan hujan juga merupakan salah satu suara white noise alami seperti suara-suara air lainnya (ombak, aliran sungai, dll). Makanya tidak jarang, aplikasi-aplikasi Sleep Sounds atau Relax Melodies menggunakan suara-suara air tersebut.

Source: Pinterest
Source: Pinterest

2. Minum Cokelat atau Kopi Hangat

Suka minum cokelat atau kopi hangat? Wah, pas banget! Cokelat dan kopi hangat menjadi dua minuman favorite kebanyakan orang untuk dinikmati saat hujan. Meskipun kafein yang terkandung pada cokelat tidak sebanyak pada kopi, kandungan theobromine pada cokelat dapat memberikan efek stimulan pada otak manusia ketika bekerja bersama kafein. Selain itu, kandungan phenylethylamine (PEA) pada cokelat merangsang pusat kesenangan di otak sehingga akan membuat pikiranmu jauh lebih tenang.

Kopi sendiri sebenarnya dapat dinikmati dalam keadaan apapun, baik itu pagi hari, siang, maupun senja. Namun, ketika kopi hangat ini dinikmati saat hujan, ada sensasi tersendiri yang membuat mood kamu membaik. Kandungan kafein dalam kopi dapat mengatasi rasa kantuk dan membuatmu kembali semangat.  

Source: Pinterest
Source: Pinterest

3. Olahraga

Meski menurut banyak orang rebahan di kasur selalu menjadi pilihan terbaik, faktanya olahraga di saat hujan memiliki manfaat tersendiri yang perlu kamu tahu. Olahraga saat hujan, tubuh akan bekerja lebih ekstra yang akan membakar kalori lebih banyak. Olahraga saat hujan pun bisa menjadi cara kamu untuk mengusir stres. Hujan memiliki sifat terapeutik yang membantu otakmu rileks dan nyaman. Hal ini juga merupakan keadaan tubuh yang dibutuhkan saat berolahraga.

Jika kamu tidak ingin berlari di bawah hujan untuk berolahraga, rekomendasi olahraga pilihan berikut ini bisa kamu lakukan di dalam rumah, yaitu:

  • Yoga dan pilates, 
  • Senam aerobik, 
  • Lompat tali, 
  • Kekuatan otot (push-up, sit-up, plank, squat, dll).

 

Nah, itu dia 3 rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah saat hujan turun. Dari rekomendasi tersebut, kegiatan apa, nih, yang ingin kamu coba?

 

Lina Rufaidah

Universitas Negeri Jakarta 

Leave A Comment