WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Alasan Kamu Harus Pakai Sunscreen Setiap Hari!

Kulit kamu kusam, belang, dan ada flek hitam? Mungkin kamu jarang pakai sunscreen!

Kulit kemerahan, memiliki flek hitam serta mengalami penuaan dini, merupakan beberapa efek buruk dari sinar matahari bagi kulit kita. Efek buruk tersebut akan terus menyiksa kulit dan juga tubuh kita apabila tidak dicegah. Pencegahan paling optimal yakni penggunaan sunscreen atau tabir surya secara teratur setiap hari. Dilansir dari hellosehat.com, sunscreen adalah istilah bagi produk perawatan kulit berbentuk losion, spray, gel, foam, atau stick yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB.

Untuk mendapatkan perlindungan kulit yang maksimal, penting untuk secara teratur memakai sunscreen. Namun, masih banyak orang yang melewatkan penggunaan sunscreen dan kurang aware akan dampak buruk yang dihasilkan cahaya matahari. Ada beberapa alasan penting mengapa kita sangat perlu untuk menggunakan sunscreen setiap hari, yaitu;

  1. Mencegah resiko terkena kanker kulit

Mendengar kata kanker saja sudah menyeramkan, bukan? Nah, salah satu alasan pertama kenapa perlu menggunakan sunscreen yakni menghindari kulit kita dari terpapar kanker kulit. Radiasi dari sinar UVA dan UVB dapat membuat DNA pada sel kulit rusak, sehingga jika nantinya ada terlalu banyak kerusakan DNA maka sel-sel kulit akan tumbuh tidak terkendali dan menyebabkan kanker.

  1. Mencegah penuaan dini

Kulit keriput dan berkerut di usia muda tentu bukan hal yang kita inginkan. Oleh karenanya, pakailah sunscreen agar cahaya matahari tidak merusak kolagen dan jaringan kulitmu sehingga kulit senantiasa terjaga elastisitasnya.

  1. Menghindarkan kulit dari terbakar matahari (sunburn)

Permukaan serta jaringan kulit akan dapat terbakar bila terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari, terlebih lagi jika kamu tidak menggunakan pelindung berupa tabir surya atau sunscreen. Dilansir dari hot.liputan6.com, sunscreen memiliki kandungan titanium dioksida dan seng oksida yang dapat melindungi kulit dari penyerapan sinar UVA dan UVB. Dengan penggunaan sunscreen sebagai tameng, kulit akan terjaga dari panas menyengat yang dapat membakar kulit.

  1. Mencegah warna kulit tidak merata

Kulit akan cenderung menggelap di bagian-bagian yang lebih sering terkena sinar matahari, sehingga jika dibiarkan terus menerus akan menjadikan kulit berbeda warna alias belang dan juga kusam. Sebagai perlindungan, kamu membutuhkan sunscreen dengan SPF 15, namun jika lebih sering beraktivitas di luar ruangan, disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 agar warna kulitmu tetap merata.

  1. Mencegah kerusakan kekebalan tubuh

Radiasi dari sinar UV yang menembus kulit dapat merusak DNA sel kekebalan tubuh yang kemudian akan membuat imunitas kita melemah. Bila imun sudah melemah, tubuh jadi lebih mudah terpapar berbagai penyakit. Tentu kita tidak ingin hal itu terjadi, kan, Sunners?

 

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Pakailah sunscreen setiap hari, terutama bila kamu selalu beraktivitas di luar ruangan dan berkontak langsung dengan sinar matahari. Lalu, jangan lupa juga untuk re-apply atau memakai kembali setiap 2 jam sekali agar sunscreen dapat memberikan perlindungan yang maksimal. Menjaga kulit tetap sehat berarti menjaga diri kita senantiasa bahagia, Sunners!

 

Deni Adilla Safitri – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment