WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

4 Cara Mudah Mengatasi Stres Saat di Rumah Aja

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar terhadap aktivitas manusia. Saat ini, masyarakat diminta untuk melakukan seluruh kegiatan seperti berkerja maupun bersekolah di rumah aja.

Adanya perubahan pada pola aktivitas fisik ini memaksakan kita untuk berfikir dan bertindak cepat. Oleh sebab itu, tidak sedikit masyarakat yang merasa jenuh, gelisah, dan cemas selama di rumah aja. Perasaan jenuh hingga cemas ini tentu dapat menjadi pemicu stres.

Lalu, bagaimana sih cara mengatasi stres selama di rumah aja? Berikut 4 cara mudah untuk mengatasi stres yang dapat kamu lakukan saat di rumah aja.

  • Journaling

Sunners, siapa di sini yang masih suka menulis diary? Ternyata menulis diary atau yang dikenal juga dengan istilah journaling dapat menjaga kesehatan mental kita, loh. Dilansir dari klikdokter.com, Ikhsan Bella Persada, M.Psi. mengungkapkan bahwa saat proses menulis jurnal, segala emosi dan pikiran negatif yang ada di dalam diri kamu akan tersalurkan ke dalam buku jurnal harian. Dengan demikian, kita akan merasa lebih lega karena telah mencurahkan segala perasaan dan isi pikiran tanpa takut dihakimi oleh orang lain. Untuk itu, journaling menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi stres saat di rumah aja karena tidak perlu mengeluarkan biaya ataupun pergi keluar rumah.

  • Berolahraga

Olahraga tidak hanya bermanfaat pada kesehatan fisik saja, melainkan juga memberikan banyak manfaat pada kesehatan mental. Karena ketika kita berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa stres. Lalu, olahraga apa saja sih yang bisa dilakukan saat di rumah aja dan tidak memerlukan peralatan banyak? Kamu bisa melakukan home workout, zumba, dance, yoga, jogging, ataupun bersepeda di sekitar rumah. Oleh karena itu, jika kamu ingin merasa bahagia dan terhindar dari stes, jangan lupa berolahraga setiap hari ya!

  • Self Reward

Ketika kita terlalu sibuk bekerja, sering kali kita lupa untuk memberikan “reward” kepada diri sendiri. Padahal kita pantas sesekali menerima penghargaan atau apresiasi atas apa yang telah kita lakukan. Tidak perlu menunggu dari orang lain, melainkan dari diri sendiri sebagai bentuk self love. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk memberikan “reward” kepada diri sendiri meskipun saat di rumah aja, seperti menonton film, membaca buku, online shopping, memasak, quality time bersama keluarga, dan melakukan hal-hal menyenangkan lainnya. Dengan memberi “reward” kepada diri sendiri tentu dapat meningkatkan energi positif sehingga rasa stres dan jenuh mu akan teratasi. Jadi, coba ingat-ingat kapan terakhir kali kamu memberikan self reward, Sunners?

  • Bercerita ke Orang yang Terdekat

Setiap individu tentu memiliki masalah yang menjadi beban pikiran masing-masing. Banyaknya permasalahan dalam hidup bisa menyebabkan seseorang menjadi stres, cemas hingga depresi. Terlebih lagi jika kita tidak berusaha terbuka dan hanya memendamnya untuk waktu yang lama. Hal ini tentu bisa berdampak pada kesehatan mental kita, Sunners. Tidak ada salahnya jika kita bercerita tentang masalah atau beban hidup kepada orang terdekat, seperti keluarga dan teman. Dengan berbagi cerita tentang semua permasalahan hidup ke orang terdekatmu, dapat mengurangi beban pikiran dan tekanan. Dengan demikian, kamu akan merasa lebih lega sehingga terhindar dari stres.

 

Nah, itulah 4 cara mudah untuk mengatasi stres yang dapat kamu lakukan saat di rumah aja. Apabila berbagai cara positif di atas tidak dapat membantumu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog ya!

 

Syifa Nurul Aulia – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment