WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

4 Cara Ampuh Samarkan Flek Hitam di Wajah

Flek hitam atau ephelis adalah permasalahan kulit yang umumnya dialami oleh orang dewasa ketika memasuki usia 30-an. Namun, tidak sedikit pula individu yang masih berusia 20-an mengalami permasalahan kulit ini. Hal tersebut merupakan salah satu tanda penunaan dini.

Flek hitam muncul ketika kulit memproduksi melanin (zat pigmen) berlebih, terutama setelah terkena paparan sinar UV yang berasal dari matahari. Selain akibat paparan sinar UV, adapun faktor lain yang menyebabkan munculnya flek hitam, seperti faktor genetik, faktor usia, efek samping dari pemakaian obat-obatan tertentu, perubahan hormonal, penggunaan kosmetik, dan sebagainya.

Meskipun flek hitam tidak membahayakan atau menimbulkan rasa sakit, keberadaannya dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Lalu, bagaimana sih cara menyamarkan dan menghilangkan flek hitam? Berikut ulasannya.

  1. Gunakan Sunscreen

Salah satu penyebab munculnya flek hitam di wajah adalah paparan sinar UV. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan flek hitam adalah dengan menggunakan sunscreen setiap harinya. Penggunaan sunscreen tidak hanya ketika akan beraktivitas di luar ruangan saja, namun kamu juga membutuhkannya saat beraktivitas di dalam ruangan. Sebab sinar UV yang masuk melalui jendela rumah dapat memperparah flek hitam di wajahmu. Untuk itu, agar kulit mu terhindar dari paparan sinar UV pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 sebelum beraktivitas sehari-hari.

  1. Melakukan Eksfoliasi

Selain dapat membuat wajah terlihat bersih dan cerah, melakukan eksfoliasi kulit wajah secara rutin dapat membantu menghilangkan flek hitam yang membandel di wajah, loh. Eksfoliasi adalah perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada permukaan kulit. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan eksfoliasi wajah sendiri di rumah, baik dengan menggunakan produk kecantikan ataupun bahan-bahan alami. Adapun eksfoliasi terbagi menjadi dua jenis, yaitu physical exfoliation dan chemical exfoliation. Physical exfoliation merupakan metode eksfoliasi kulit dengan menggunakan produk-produk bertekstur kasar, seperti scrub. Biasanya, bahan-bahan yang digunakan untuk physical exfoliation bersifat natural, seperti gula, kopi bubuk, oatmeal, atau madu. Sebaliknya, chemical exfoliation merupakan metode eksfoliasi kulit dengan menggunakan produk-produk berbahan kimia. Bahan-bahan kimia yang biasa digunakan, yaitu Alpha Hydroxy Acid (AHA) atau Beta Hydroxy Acids (BHA). Nah, sebelum kamu memilih produk dan metode eksfoliasi sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulitmu ya.

  1. Menggunakan Skincare yang Tepat

Saat ini, banyak produk skincare untuk menghilangkan flek hitam yang dapat kamu temukan di pasaran. Jika kamu rajin menggunakan skincare dengan kandungan yang tepat, tentu dapat membantu menyamarkan dan menghilangkan flek hitam yang membandel di wajahmu. Dilansir dari SELF, kandungan skincare yang ampuh untuk menghilangkan flek hitam di wajah adalah vitamin C, hidrokuinon, asam kojic, ekstrak kedelai, dan asam azelaic.

  1. Konsultasi ke Dokter Kulit atau Kecantikan

Jika flek-flek hitam di wajahmu sulit sudah dirasa mengganggu dan sulit untuk disembuhkan dengan cara-cara sederhana, kamu bisa segera melakukan konsultasi ke dokter kulit atau kecantikan. Kini, ada berbagai macam perawatan di dokter kulit untuk menghilangkan flek hitam secara efektif, seperti terapi laser, chemical peeling, mikrodermabrasi, dan cryosurgery.

 

Itulah 4 cara ampuh untuk menyamarkan flek hitam di wajah yang membandel. Semoga dapat bermanfaat ya, Sunners!

 

Syifa Nurul Aulia – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment