WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Buat Kamu yang Suka Minder

Sunners pernah merasa orang lain lebih hebat dan beruntung dibandingkan diri kalian sendiri?

Jika iya, brarti Sunners merasa minder. Minder itu apa sih? Minder adalah perasaan tidak yakin terhadap kemampuan diri. Ketika merasa minder, Sunners menjadi khawatir dengan kemampuan kalian sendiri dan secara tidak sadar malah membanding-bandingkan orang lain yang justru membuat diri kalian hilang motivasi dan cepat menyerah. Dari minder ini juga kita bisa kehilangan hasrat untuk mencapai cita-cita kalian. Bahaya banget kan Sunners?

Namun, apakah minder ini termasuk hal yang wajar? Atau tidak wajar? Jawabannya minder adalah hal yang wajar bagi semua orang loh. Kok bisa? 

Menurut Adler, Manusia dilahirkan dengan kekurangan tertentu yang membawa rasa rendah diri. Rasa rendah diri ini akan mendorong individu untuk berusaha mengatasinya agar individu mencapai rasa superior dan mencapai kesempurnaan.

Yap Sunners, minder adalah hal yang normal bagi setiap orang. Semua orang pasti pernah merasakan minder. Namun, hal yang menjadi pembeda antara minder yang wajar dan tidak adalah bagaimana sikap kita terhadap minder tersebut. Minder yang wajar akan membuatmu meningkatkan motivasi untuk terus maju menggapai apa yang kalian cita-citakan. Lain halnya dengan minder yang tidak wajar, hal ini akan membuatmu menyerah untuk menjadi lebih baik lagi, dan bahkan dapat membuat kalian tidak ingin mencoba kesempatan kedua dan malah menyalahkan kerja keras orang yang kamu lihat berhasil.

Nah, buat Sunners yang suka minder. Nih ada cara ngatasinnya loh. Simak ya!

Tanamkan Percaya Diri

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kita mengetahui apa kelebihan kita, maka rasa percaya diri akan tertanam dalam diri kita. Kembangkanlah kelebihan kalian semaksimal mungkin. Janganlah melihat apa yang orang lain punya dan yang tidak kita punya. Berhenti membanding-bandingkan orang lain. Nikmati dan syukuri apa yang Sunners punya saat ini, termasuk teman-teman dekat yang selalu mendukung dalam keadaan apapun baik senang maupun sedih. Karena apapun yang berada di sekitar kita saat ini adalah bentuk kebahagiaan.

Self Reward

Self reward atau penghargaan pada diri sendiri adalah cara yang digunakan untuk memberi imbalan atau hadiah untuk diri sendiri atas pencapaian yang telah diraih. Setelah bekerja keras, berikan penghargaan diri sendiri untuk membentuk perspektif lebih percaya diri. Tidak ada salahnya untuk merasa bangga loh Sunners terhadap pencapaian yang sudah kita raih. Hal ini dapat membangun rasa percaya diri dan menghindari rasa minder terhadap pencapaian orang lain. Karena dengan memberikan mengapresiasi diri, kalian akan bangga dengan diri sendiri dan memberikan motivasi untuk melangkah maju.

Kurangi Penggunaan Media Sosial

Perlu Sunners ketahui, media sosial juga berperan membuat kita minder. Biasanya, banyak followers atau teman kita yang menunjukkan kegiatan dan kesenangannya di media sosial. Sengaja ataupun tidak disengaja kita pasti akan melihat apa yang mereka perlihatkan di media sosial. Hal ini secara tidak langsung membuat minder diri kita karena merasa tidak bisa melakukan hal yang sama. Padahal, belum tentu apa yang kita lihat tersebut, sama dengan di dunia nyata. Kegunaan media sosial memang baik untuk komunikasi dan membangun relasi. Tetapi, jangan sampai kita terjebak rasa minder atas apa yang orang lain lakukan. Maka dari itu, kurangilah bermain media sosial agar tidak mengganggu kenyamanan diri kalian.

Minder adalah hal yang wajar. Tapi perlu diingat, bahwa jangan minder yang tidak wajar ya Sunners. Tetaplah cinta dengan diri sendiri dan tidak membandingkan diri kalian dengan orang lain. Tetap semangat untuk meningkatkan kelebihan kalian ya! Stay positive thinking Sunners!

Fais Fadhila – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment