WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Agar Terhindar dari Infeksi Saluran Kemih

Hi Sunners! Sudah pada tahu belum kalau ternyata perempuan lebih rentan terkena infeksi saluran kemih dibanding laki-laki? Masa sih? Iya benar, faktanya penyakit ini hampir 50% perempuan pernah dialami oleh perempuan paling tidak sekali selama hidupnya, dan kebanyakan dari mereka mengaku pertama kali terkena ISK ini saat usia remaja.

Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa perempuan mudah sekali terkena ISK, hal ini dikarenakan saluran utera perempuan lebih pendek, jadi bakteri lebih mudah masuk. Kondisi miss v yang lembab dan juga kotor sangat memungkinkan bakteri berkembang 2 kali lebih cepat. 

Pada remaja, infeksi saluran kemih biasanya terjadi jika sudah mengalami menstruasi. Jika tidak dibersihkan dengan benar, maka kuman yang berkembang biak pada darah menstruasi bisa menyebar dan menyebabkan ISK. Penyebab lain, seperti suka menahan buang air kecil, menggunakan celana yang terlalu ketat, penggunaan panty liner berjam-jam, dan juga kurang minum air merupakan hal-hal yang juga menyebabkan infeksi saluran kemih. Lalu bagaimana cara membersihkan sekaligus merawat area kewanitaan agar terhindar dari infeksi saluran kemih, nih Sunday sudah siapin beberapa tips yang bisa kalian tiru..

  • Pakai celana dalam yang berbahan katun

 

Selain alasan kenyamanan, bahan katun juga bisa menyerap keringat. Hal ini bisa mengurangi resiko terkena ISK. Jangan lupa ganti celana dalam secara rutin, apalagi jika kalian sudah merasa lembab.

  • Membasuh miss v dari depan menuju anus

Hal ini dilakukan agar tidak bakteri yang ada di anus tidak berpindah ke miss v. Selalu gunakan air bersih dan jangan lupa untuk selalu mengeringkan area miss v dengan handuk atau tissu jika kalian sedang berada diluar rumah.

  • Mengganti Pembalut

Jika kalian sedang menstruasi, sering-sering mengganti pembalut sekitar 3-4 jam sekali. Perhatikan juga apakah pembalut yang kalian pakai mengandung pewangi/ beraroma, ini berlaku juga untuk panty liner. Jadi jika kalian akan mengganti celana dalam otomatis pembalut / panty liner yang kalian pakai juga harus diganti, jangan salah satunya saja. Pembalut yang beraroma juga bisa menyebabkan iritasi dan keputihan loh Sunners. 

  • Mencukur bulu pada area miss v

Ketika masa menstruasi sudah selesai, sangat dianjurkan untuk mencukur bulu pada area miss v. Tapi jangan dicukur habis ya Sunners! Seperlunya saja, karena bulu pada area miss v berfungsi untuk melindungi dari bakteri, gesekan dari pakaian dan juga keringat.

  • Jangan suka menahan buang air kecil

Kenapa begitu? Karena jika urine tertahan itu justru hal itu bisa menyebabkan iritasi kemudian menjadi infeksi saluran kemih. 

  • Minum air putih yang cukup

Jangan lupa untuk minum minimal 8 gelas sehari, selain untuk menghindari dehidrasi. Mengkonsumsi air putih juga membantu mengeluarkan bakteri penyebab ISK.

Tambahan tips dari aku, jika kalian ingin menggunakan sabun khusus, lebih baik kalian tidak usah pakai terlebih dahulu. Cukup dengan mengikuti tips di atas dengan rutin, kalian bisa terhindar dari infeksi saluran kemih. Selamat mencoba Sunners!

 

Mutia Azura Hersta | Politeknik Negeri Media Kreatif

Leave A Comment