Majalah Sunday

4 Tips Menghibur Sahabat
yang Sedang Murung

Penulis: Hikmah Magfiroh Fajri – Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Editor: Imani – UNJ

Sunners, pernah kah kamu mengalami momen di mana kamu bingung harus apa ketika sahabat kamu murung? Beginilah tips yang bisa kamu lakukan untuk menghibur sahabat kamu murung!

tips menghibur sahabat murung
Sahabat yang baik adalah sahabat yang mau meluangkan waktunya untuk mendengar curhatan sahabatnya, pict by canva.com

Sahabat adalah orang yang paling memahami dan mengerti apa yang sedang kita rasakan, dan sepenuh hati mau mengarungi segala bentuk rasa suka maupun duka yang datang menerpa. Sebagai sahabat kita harus melakukan yang terbaik untuk sahabat kita, apalagi ketika sahabat kita sedang murung dan membutuhkan kita.

Tips Menghibur Sahabat Agar Tidak Murung Lagi

1. Menanyakan keadaan

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai sahabat adalah menanyakan kondisinya. Apa sih, masalah yang sedang dialami sahabatmu sampai-sampai dia murung seharian? Tapi semisal sahabat kamu masih tidak mau cerita, jangan didesak ya! Mungkin dia sedang butuh waktu untuk memproses hal-hal yang sedang ia alami.

Sampaikan ke sahabat kamu kalau kamu selalu ada untuk mendengarkan cerita dia, ya. Tujuannya agar sahabatmu tidak perlu sungkan untuk menceritakan masalahnya ke kamu.

2. Mendengarkan ceritanya

Kalau sahabat kamu mau menceritakan masalahnya, dengarkan dengan baik. Sesekali tanggapi dengan reaksimu mendengar cerita sahabatmu, tapi tetap jaga ucapan kita ya karena khawatir malah semakin menyakiti perasaannya. Kalau sudah selesai cerita, coba kamu tanya terlebih dahulu apakah dia cerita hanya sekedar untuk agar didengarkan biar lega atau butuh solusi.

Kalau dia hanya minta ingin didengarkan, kamu bisa mengatakan ke sahabat kamu kalau seandainya dia ada masalah lagi tidak perlu dipendam karena kamu selalu ada untuk mendengarkan ceritanya. Semisal dia minta solusi, pastikan kamu memberikan solusi terbaik yang kamu punya ya!

3. Jangan membandingkan masalah

Hal yang harus dihindari ketika mendengarkan sahabat atau teman atau orang lain curhat adalah tidak membandingkan masalah yang dia punya dengan masalah lain. Jatuhnya nanti malah adu nasib, apalagi kalau kamu yang mengadu nasibnya dengan masalah yang dia punya. Nanti, sahabat kamu jadi nggak nyaman buat cerita-cerita lagi ke kamu. Nggak cuma sahabat kamu, bisa jadi orang lain pun ikut menjauhi kamu karena kamu dianggap “tukang adu nasib”. Jangan begitu, ya!

4. Menghiburnya agar ia lupa sejenak

Setelah sesi curhat berakhir, kamu bisa mengajak sahabat kamu buat melakukan aktivitas lainnya. Bisa nonton film, dengerin lagu bareng, shopping, makan atau masak bareng, dan lain-lain. Pokoknya, ajak sahabat kamu buat melakukan aktivitas kesukaan dia dengan harapan agar sahabat kamu lupa sejenak dengan masalahnya. Hitung-hitung sekalian healing tipis-tipis, kan.

tips menghibur sahabat murung
Menghabiskan waktu bersama dengan sahabat dengan kegiatan menyenangkan, pict by canva.com

Nah, jadi begitulah tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk menghibur sahabat kamu yang murung. Semoga membantu Sunners ya tipsnya!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 566
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?