WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Jangan Mengikuti Tren! Cara Jitu dalam Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Sebagai calon mahasiswa, masalah utama dalam memasuki dunia perkuliahan adalah memilih jurusan di kuliah. Kebanyakan mahasiswa yang sudah menempuh perkuliahan, mengalami penyesalan karena salah memilih jurusan. Ada yang hanya ikut-ikutan teman, ada yang asal-asalan, bahkan ada yang memilih jurusan populer atau tren yang tidak sesuai dengan minat bakat calon mahasiswa. Hal itu dikarenakan kurangnya calon mahasiswa dalam mengorek informasi jurusan di kampus.

Mahasiswa yang sudah salah jurusan akan merasa sangat tersiksa dan sering berpikiran negatif. Mengapa tersiksa? Sebelumnya, mahasiswa yang sudah telanjur terjun ke salah jurusan umumnya tidak mengetahui atmosfer dan materi yang ada di perkuliahan. Apalagi, dirasa jurusan tersebut tidak cocok dengan karakter calon mahasiswa sehingga motivasi belajar bisa menurun. Hal ini dapat mempengaruhi perkuliahan seperti sering bolos, tidak menyukai dosen, dan tidak menyukai materi dari jurusan tersebut.

Mahasiswa yang salah jurusan akan merasa putus asa dan ingin memutar waktu kembali. Hal ini digambarkan karena adanya penyesalan mahasiswa karena sudah salah pilih jurusan.

Untuk mencegah hal tersebut, sebagai calon mahasiswa yang akan menempuh bangku kuliah kalian harus memahami hal berikut.

 

  1. Informasi yang mudah didapat

Saat ini, perkembangan internet dapat mudah diakses oleh kalangan masyarakat khususnya calon mahasiswa. Dengan internet, calon mahasiswa dapat menelusuri lebih dalam mengenai jurusan kuliah yang diminatinya.  Informasi terkait jurusan dan perkuliahan mudah untuk diakses sehingga memberikan peluang dan pengetahuan kepada calon mahasiswa sebelum terjun ke dunia perkuliahan.

  1. Perubahan Zaman

Setiap jurusan di perkuliahan mempunyai ciri khas tersendiri dan berperan penting dalam perkembangan teknologi di dunia. Sebagai contoh, dulunya, jurusan Psikologi mungkin tidak terlalu diminati oleh mahasiswa dan dipandang sebelah mata. Namun, semakin beriringnya waktu dan perubahan zaman, jurusan Psikologi diperlukan dalam bidang personalia dan posisi lainnya yang dibutuhkan di dalam dunia kerja.

Nah, bagaimana langkah untuk memilih jurusan yang tepat agar tidak menyesal di masa depan?

 

  1. Pahami bakat dan minat kalian

Bakat adalah kemampuan terkait bidang ilmu yang bisa dilatih dan dikembangkan sedangkan minat adalah ketertarikan atau kecendrungan hati yang tinggi terhadap sesuatu sehingga memunculkan motivasi. Langkah pertama dalam memilih jurusan adalah pahami bakat dan minat kalian.

Jika masih ragu dengan bakat dan minat, kalian bisa melakukan tes psikologi yang dapat membantu untuk menentukan pilihan jurusan nantinya. Namun, tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada pihak terkait dan orang tua agar sesuai dengan kepribadian dan kemampuan calon mahasiswa.

  1. Lakukan riset pada program studi atau jurusan yang kalian minati

Sebelum masuk ke dunia perkuliahan, alangkah baiknya jika calon mahasiswa mencari informasi terlebih dahulu terkait materi apa saja yang akan dipelajari di jurusan yang diminati. Cek akreditasi perguruan tinggi dan program studi serta jumlah SKS (Satuan Kredit Semester).

 

 

Penulis: Riva Destira Ramadhani

Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment