WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Misteri dan Legenda Gunung Lawu

 

Sumber Gambar : Pinterest

 

Halo Sunners! Siapa diantara kalian yang tidak tahu Gunung Lawu? Pasti kebanyakan dari kalian tahu ya perihal Gunung Lawu. Nah kali ini kita bakal ngebahas Gunung lawu loh, yuk ikutin!

Gunung Lawu adalah salah satu gunung yang cukup nyentrik di Indonesia, selain kecantikan alamnya gunung ini juga memeliki keunikan tersendiri, karena terdapat sebuah warung di atas puncaknya yang amat terkenal di kalangan para pendaki yaitu warung Mbok Yem. Selain itu, cukup banyak misteri yang menyelimuti gunung setinggi 3.265 mdpl (meter di atas permukaan laut) ini. Gunung ini juga sering kali dikaitkan dengan cerita legenda Kerajaan Majapahit.

Gunung Lawu yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini, merupakan gunung api yang sudah lama tidak aktif.

 

Legenda Gunung Lawu

Sumber Gambar : Pinterest

Gunung Lawu kerap disangkut pautkan dengan Prabu Brawijaya V, raja terakhir dari Kerajaan Majapahit. Brawijaya adalah ayahanda dari Raden Patah yang mendirikan Kerajaan Islam pertama kali di Pulau Jawa. Keberadaan Candi Sukuh dan Candi Cetho seolah menjadi penanda bahwa Gunung Lawu terhubung dengan Kerajaan Majapahit, terutama di masa menjelang keruntuhannya yakni pada abad ke-15 Masehi.

Menurut kisahnya puncak Gunung Lawu juga disebut menjadi tempat pemakaman dari Prabu Brawijaya V itu sendiri.

 

Misteri Gunung Lawu

Sumber Gambar : Pixabay

Tidak hanya terkenal dengan legendanya, Gunung Lawu juga sangat mencolok dengan kemistisannya. Banyak pendaki yang mengaku mendapat pengalaman kisah tidak mengenakkan Ketika mendaki Gunung Lawu. Tidak hanya pendaki saja yang datang ke gunung ini, banyak juga orang yang memiliki kepentingan spiritual yang datang ke Gunung Lawu.

Berikut kisah mistis yang ada di Gunung Lawu:

  1. Gunung Lawu Memiliki Nyawa

Mitosnya Gunung Lawu berbeda dengan Gunung lainnya yang tidak memeliki nyawa, Gunung Lawu bisa mendengar setiap kata yang dikatakan oleh setiap orang yang berada di sana. Jika ada seseorang yang berkata tidak sopan maka akan mendapatkan balasan entah itu disaat sedang melakukan pendakian atau dalam perjalanan pulang.

Beranjak dari mitos tersebut, semua orang yang berada di Gunung Lawu posisinya adalah seorang tamu. Sebagai tamu yang baik memang sudah seharusnya kita menjaga tata bahasa yang sopan ya Sunners.

  1. Burung Jalak

Tidak ada yang aneh jika melihat burung jalak biasa bukan? Namun burung jalak yang ada di Gunung Lawu ini tidak biasa loh Sunners.

Jika kalian menemukan burung jalak di Gunung Lawu sebaiknya kalian diamkan saja. Konon burung jalak itu akan mengantarkan kita sampai di puncak Gunung Lawu, namun apa bila kalian berniat jahat kepada burung tersebut kalian bisa tersesat loh.

  1. Pasar Setan

Pasar Setan adalah salah satu tempat yang kita lewati untuk menuju ke puncak Gunung Lawu, biasanya sebelum melakukan pendakian kita diberi masukan oleh penduduk lokal bahwah jika ada seseorang yang mendekati kita di Pasar Setan dan menawarkan sesuatu barang untuk dijual, kemungkinan besar itu bukan manusia.

Mereka adalah penduduk asli Gunung Lawu yang menempati Pasar Setan. Hati-hati ya Sunners!

  1. Larangan Menggunakan Baju Hijau

Tidak ada yang mengerti larangan ini berhubungan dengan mitos atau hanya larangan resmi dari pengelola Gunung Lawu.

Namun, masyarakat setempat masih percaya bahwa menggunakan baju berwarna hijau adalah suatu penghinaan bagi penghuni Gunung Lawu. Maka dari itu alangkah baiknya kita taati saja peraturan yang sudah ada.

 

Itulah beberapa lengenda dan mitos yang ada di Gunung Lawu. Berdasarkan kisah di atas kita dapat menyimpulkan bahwa, di manapun kita berada tetaplah menjaga tata krama yang ada di daerah tersebut, jadilah tamu yang baik ya Sunners!

 

Penulis : Agis Manjal (Politeknik Negeri Media Kreatif)

Leave A Comment