WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Merawat Organ Vital Versi Cowok

Haiiii Sunners.. Kalian udah tau belum nih? Ternyata menjaga dan merawat organ vital gak cuma wajib buat cewek aja loh, cowok juga gak kalah wajib. Yuk, kita simak bagaimana cara menjaga serta merawat organ vital versi cowok.

Usia remaja adalah masa dimana mulai tumbuh banyak perubahan, mulai dari perubahan emosi, psikis, serta fisik. Di masa inilah penting bagi remaja untuk mendapatkan informasi yang tepat tentang kesehatan reproduksi dan berbagai faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi.

Diantaranya pengenalan tentang proses, fungsi, dan sistem alat reproduksi.
Pengenalan mengenai alat reproduksi pastinya sunners sudah belajar kan di sekolah? Ettss tapi sebagian besar remaja, belum tentu melakukan perawatan secara baik dan benar loh.

Tiap remaja pasti punya cara khusus untuk menjaga dan merawat, terlebih cowok terkenal gak suka sama hal-hal yang ribet ya sunners hihihi..

Kali ini Mimin bakal sharing pendapat salah satu Mahasiswa Kesehatan STIKes Kharisma Persada tentang seberapa besar pemahaman mengenai cara menjaga dan merawat organ vital versi cowok.

” Sebetulnya banyak cara sederhana untuk merawatnya, misal dengan membersihkan kulit disekitar kelamin saat mandi agar kotoran yang menempel terjatuh dan hilang, menggunakan celana dalam yang tidak ketat dan menggantinya 2 kali sehari, memiliki pola hidup sehat, tidak merokok, menghindari minuman beralkohol, serta olahraga yang teratur ” jawab kak Sofiyana.

Itulah pendapat menurut salah satu Mahasiswi Kesehatan mengenai perawatan organ vital versi cowok. Apa cara yang kalian lakukan juga sama?

Nahh supaya kalian gak salah dan gak makin penasaran tentang cara merawatnya, Mimin bakal sharing juga cara merawat organ vital versi cowok menurut Dr. Kevin Adrian Djatin nih Sunners.

Mengutip dari Alodokter, Dr. Kevin Adrian Djantin merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Jakarta pada tahun 2015. Saat ini, Dr. Kevin bekerja di Alodokter sebagai Medical Editor yang bertanggung jawab untuk memastikan kualitas dan informasi medis yang dipublikasikan oleh Alodokter sesuai dengan bidang keilmuan terkini dan memiliki sumber referensi yang terpercaya. Yuk simak tips nya..

1. Berhenti Merokok dan Menghindari Minuman Beralkohol
Pria yang gemar merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, bisa mempengaruhi penurunan produksi dan kualitas sperma. Akibatnya, tingkat kesuburan akan menurun.

2. Menjaga Berat Badan
Kesuburan pria juga dapat berkurang jika mengalami masalah berat badan, baik itu obesitas maupun sebaliknya. Ini dikarenakan status gizi yang kurang baik dapat memengaruhi kualitas sperma, sehingga mengurangi tingkat kesuburan pria.

3. Batasi Mandi Air Hangat
Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu testis tetap dalam keadaan sejuk. Jika testis berada pada suhu yang optimal, yakni pada suhu yang sejuk, produksi sperma juga akan berlangsung dengan baik.

4. Memilih Celana Dalam yang Tidak Terlalu Ketat
Pilih pakaian dalam yang terbuat dari kain terbaik. Pakaian dalam dengan kain katun adalah pilihan terbaik agar alat kelamin bisa “bernapas” dan bisa menunjang aktivitas harian dengan baik.

5. Konsumsi Makan Sehat dan Olahraga Teratur

Sperma yang berkualitas bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan olahraga secara teratur. Namun hindari melakukan olahraga berlebihan karena bisa memicu tubuh mengeluarkan hormon steroid terlalu banyak, sehingga memengaruhi kesuburan.

6. Sunat
Setidaknya ada 42 jenis bakteri yang terdapat pada kulit penis. Untuk menghindari perkembangbiakan bakteri, sunat bisa menjadi solusinya, karena lipatan kulup pada penis yang tidak disunat berisiko menjadi tempat bakteri berkembang biak. Jadi sunners udah sunat belum nih? Hehehe.

Nahh itu dia ya sunners tips merawat vital versi cowok menurut Dr. Kevin. Kalian sekarang udah paham kan tentang cara merawat organ vital secara baik dan benar? Dan pastinya gak ribet juga ya.

 

oleh: Reni Purwati, Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment