WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Mengenal Borderline Personality Disorder

Hi Sunners! Kalian pernah ga sih merasakan suasana hati, citra diri yang tidak stabil atau orang terdekat kalian ada yang seperti itu? Nah, apakah itu termasuk ke dalam Borderline Personality Disorder? Yuk cari tahu apa itu Borderline Personality Disorder di sini!

Apa sih Borderline Personality Disorder itu? Borderline Personality Disorder (BPD) dapat membuat seseorang yang sedang dalam kondisi ini sulit untuk menjalankan kehidupan sehari-harinya dengan baik. Borderline Personality Disorder (BPD) atau gangguan kepribadian ambang merupakan masalah kesehatan mental yang cukup serius dan mempengaruhi perasaannya maupun cara berpikir seseorang terhadap dirinya sendiri maupun orang lain. Seseorang yang sedang berada pada kondisi ini biasanya memiliki masalah dengan suasana hati, citra diri, pola hubungan yang tidak stabil dan sulit dikontrol, diikuti juga dengan perilaku impulsif, sulit untuk mengontrol emosi. Situasi ini juga dapat memicu perasaan seperti cemas, marah, merasa tidak berguna, takut ditolak maupun takut ditinggalkan. 

Masalah kesehatan mental ini sebenarnya cukup jarang terjadi. Sebenarnya faktor penyebab dari Borderline Personality Disorder (BPD) sendiri belum diketahui secara jelas tetapi, ada beberapa faktor yang diduga dapat menyebabkan masalah ini terjadi. Mari kita simak penyebab BPD dibawah ini :

1. Adanya kelainan pada otak

Kelainan otak yang terjadi ada pada area otak yang mengontrol perilaku dan emosi seseorang. Berdasarkan alodokter, penderita BPD diduga memiliki gangguan pada fungsi zat kimia otak yang berperan penting dalam mengontrol emosi.

2. Adanya Faktor Genetik

Menurut beberapa penelitian, gangguan kepribadian ambang ini dapat  diturunkan secara genetik. Jika seseorang memiliki keluarga yang mengidap BPD maka lebih tinggi resiko untuk terkena gangguan ini.

3. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan memiliki pengaruh penting dalam kepribadian seseorang. Kondisi lingkungan yang negatif dapat menimbulkan gangguan kepribadian. Faktor negatif yang terjadi dapat berupa ditinggalkan orang tua atau adanya perpisahan orang tua, adanya pelecehan atau penyiksaan di masa kanak-kanak. 

Dilansir dari Mayo Clinic, Borderline Personality Disorder (BPD) biasanya terjadi pada masa remaja atau  awal masa dewasa dan dapat memburuk pada usia dewasa. Namun kondisi ini dapat membaik seiring bertambahnya usia seseorang. Gejala yang terjadi pada setiap orang dapat berbeda-beda bisa saja bersifat ringan maupun berat. Apa aja sih tanda-tanda atau gejala dari BPD? Ini dia beberapa gejala BPD :

  • Suasana hati tidak stabil. Penderita BPD dapat secara mendadak merasakan perubahan suasana hati terhadap dirinya sendiri maupun orang lain secara ekstrim. Dalam keadaan suasana hati yang kurang baik, pengidap BPD dapat merasakan perasaan marah, hampa, takut, panik, cemas secara tidak terkendali.
  • Citra diri yang tidak stabil, terkadang ia dapat merasa sangat percaya diri tetapi dapat juga merasa benci pada dirinya sendiri.
  • Adanya perilaku impulsif. Perilaku impulsif adalah perilaku dimana seseorang melakukan sebuah tindakan tanpa memikirkan dampak dari apa yang dilakukannya. Pengidap BPD cenderung melakukan hal impulsif dan berbahaya, seperti berkelahi, menyakiti diri sendiri (cutting), percobaan bunuh diri, berjudi maupun penyalahgunaan obat-obatan.
  • Paranoid, pengidap BPD seringkali merasa khawatir dan curiga terhadap pemikiran orang lain. Mereka merasa takut jika orang-orang tidak ingin berteman dengannya maupun tidak menyukainya.
  • Kesulitan dalam menjaga hubungan dengan orang lain. Pengidap BPD cenderung sulit untuk menjaga hubungannya, seringkali mereka memiliki hubungan yang tidak stabil dan kacau dengan keluarga, pasangan maupun teman.
  • Adanya gangguan pola pikir. Pengidap BPD dapat merasa bahwa dirinya bersalah, buruk atau tidak berarti. Pikiran ini dapat tiba-tiba datang dan hilang sehingga membuat seseorang menjadi kacau dan berusaha mencari pembelaan bahwa dirinya itu tidak buruk kepada orang-orang di sekitarnya.

Sunners, itu dia pengertian, faktor serta gejala dari Borderline Personality Disorder (BPD). Perlu diingat ya sunners, untuk tidak asal mendiagnosis diri sendiri. Jika kamu merasa mengalami gejala-gejala tersebut atau kamu sudah memiliki rasa ingin menyakiti dirimu bahkan ingin bunuh diri, segera lakukan konsultasi ke psikiater. 

 

Noviyanti Setia Putri – Universitas Tarumanagara 

Leave A Comment