WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Lebih Akrab dengan Sastra Lewat Hobi Membaca

Halo, Sunners! Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kata sastra, kan? Sastra merupakan karya seni dalam bentuk tertulis maupun lisan dengan unsur keindahan, serta mengandung pesan moral di dalamnya. Sastra sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan oleh sebagian siswa. Padahal belajar sastra itu menyenangkan, lho! Ingin belajar sastra, tapi bingung bagaimana memulainya? Sunday punya tips berikut ini, yuk simak!

  1. Kenali Apa Itu Sastra

Sastra merupakan karya yang menggunakan bahasa sebagai media pengantar, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Ada banyak sekali sastra yang bisa dipelajari, diantaranya adalah Sastra Nusantara, Sastra Barat, Sastra Asia, dan Sastra Dunia. Karya sastra dapat berbentuk puisi, cerpen, novel, drama, dan sebagainya.

  1. Menjadikan Sastra sebagai Hobi

Setelah mengenal apa itu sastra dan bentuk-bentuk karya sastra, cobalah lebih dekat dan akrab dengan sastra. Mulailah membaca cerpen atau novel yang berasal dari karya sastrawan. Jika kamu menyukai karya yang bernuansa puitis, puisi adalah karya sastra yang wajib kamu baca. Selain dalam bentuk bacaan, sastra juga bisa dinikmati dalam bentuk drama atau film. Contohnya, Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Hujan Bulan Juni merupakan salah satu karya sastra yang awalnya berupa novel, kemudian diangkat ke layar lebar dan menarik minat masyarakat karena jalan ceritanya yang menarik. Selain Hujan Bulan Juni, ada Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer yang dialihwahanakan dari novel dengan judul yang sama. Bagi kamu yang lebih suka menonton dibandingkan membaca, drama atau film merupakan solusi yang tepat untuk mempelajari sastra.

  1. Bergabung dengan Komunitas Sastra

Komunitas pecinta sastra sudah banyak didirikan di Indonesia, mulai dari komunitas kecil hingga komunitas besar. Tujuan dibentuknya komunitas sastra adalah untuk menyatukan para penggiat sastra agar lebih menggeluti kesusastraan dengan meningkatkan kemampuan menulis karya sastra, bermain peran, dan sebagainya. Sekarang ini banyak dijumpai komunitas sastra yang mudah untuk diakses, seperti komunitas pecinta buku sastra. Melalui komunitas pecinta buku sastra, kita bisa berbagi tentang hasil bacaan suatu karya sastra. Biasanya komunitas ini mengadakan pertemuan secara daring atau online seminggu sekali. Bergabung dengan komunitas pecinta sastra memudahkan kita untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman mengenai dunia sastra. Bersama dengan komunitas, kita bisa bertemu dengan sesama penggiat sastra yang memiliki ketertarikan dan kecintaan terhadap sastra.

 

Itulah beberapa tips agar lebih dekat dengan dunia sastra. Perlu diingat bahwa sastra bukan hanya sekadar teks bacaan, melainkan sebagai warisan budaya yang perlu dilestarikan eksistensinya. Melalui sebuah hobi, kamu dapat meningkatkan kecintaan terhadap kesusastraan dan mewarisinya.

 

Hanan Afifah – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment