WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Bahayanya Berhubungan Badan Sebelum Menikah Yang Perlu Kamu Ketahui!

Berhubungan badan atau biasa kita kenal dengan seks adalah permasalah atau sesuatu yang masih dianggap tabu di masyarakat sampai saat ini. Meskipun begitu, berhubungan badan atau seks adalah juga salah satu kebutuhan manusia, karena manusia juga memiliki hasrat atau gairah yang terdapat di dalam dirinya masing-masing.  Biasanya seseorang melakukan seks ketika mereka telah menikah. Namun, tidak banyak pula sepasang kekasih yang sudah ingin atau bahkan sudah melakukan seks di luar nikah. Ada banyak penyebab seseorang yang memutuskan untuk melakukan seks di luar nikah, seperti tidak bisa menahan nafsunya, keseringan menonton film porno yang berdampak buruk bagi otak dan saraf, serta melihat budaya luar yang sudah umum melakukan seks di luar nikah.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ada orang yang memutuskan untuk berhubungan badan diluar nikah dan tidak sedikit remaja yang melakukan seks sebelum menikah.

Dilansir dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Perempuan Penduduk Yogyakarta, remaja yang berumur 15 – 17 tahun sebanyak 59% remaja perempuan dan 74% remaja laki-laki sudah melakukan berhubungan badan untuk pertama kalinya.

Hal ini disebabkan karena kurangnya pendidikan mengenai seks sejak dini, sedangkan memberikan edukasi seks sejak kecil sangatlah penting. Karena dengan memberikan edukasi seks sejak kecil bisa membuat seorang anak untuk melindungi dan membantengi dirinya dari hal-hal yang tidak diinginkan serta agar terhindar dari pelecehan seksual. Karena di zaman sekarang ini semuanya sudah bisa diakses dengan jelas dan mudah  dari berbagai kalangan, yang bisa mengakibatkan anak-anak dan remaja bisa mengakses apa saja dan salah satunya adalah mengenai seks. Akan tetapi, ketika seorang anak sudah diberikan edukasi mengenai seks kecil kemungkinan untuk ia mengakses situs-situs yang tidak senonoh walaupun tidak menutupi kemungkinan hal itu bisa terjadi. Jadi, dalam hal ini peran orang tua dan orang dewasa seperti guru berperan besar dalam masalah ini.

Namun bagaimana dengan kalangan yang sudah dewasa?

Sejatinya, ketika sesorang memutuskan untuk melakukan seks di luar nikah itu adalah pilihan mereka. Karena manusia sendiri juga memiliki kebebasan dalam memilih atau memutuskan sesuatu, dan pilihan ang dipilih pun juga harus bisa di pertanggungjawabkan. Sama hal nya dengan seks, ketika seseorang akhirnya memutuskan untuk melakukan hubungan badan di luar nikah makan dia harus siap menanggung segala resiko yang akan terjadi dikemudian harinya. Ada beberapa resiko yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan seks di luar nikah, seperti hamil di luar nikah.

Hamil di luar nikah merupakan resiko terbesar ketika kamu melakukan seks sebelum menikah, hal ini disebabkan ketika pada saat kamu melakukan seks tetapi pasanganmu tidak menggunakan pengaman. Selanjutnya tertular virus HIV, virus HIV ini sangat berbahaya untuk pasangan yang melakukan seks di luar menikah karena kita tidak tahu pasangan kita ini apakah dia sering melakukan hubungan badan  dengan banyak orang ataupun belum. Karena ketika pasanganmu melakukan hubungan badan dengan banyak orang yang berbeda-beda, akan ada kemungkinan tertular virus HIV, karena virus tersebut bisa terltular ketika seseorang melakukan seks dengan orang yang berbeda-beda. efek virus HIV ini pun tidak main-main karena bisa menyebabkan kematian.

Nah, itu dia Sunners penyebab dan resiko berbahaya ketika kamu memutuskan untuk melakukan seks di luar nikah. Jadilah pribadi yang bijaksana dalam memilih keputusan ya! Tetap semangat.

Halidah Sarah Pratiwi – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment