WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Konsultasi Kesehatan Jiwa Mahal? Pakai BPJS Saja!

Hai, Sunners! Apakah akhir-akhir ini kamu merasa kehilangan minat untuk melakukan hal yang biasanya kamu senangi? Merasa sedih berlarut-larut, pola makan yang berubah, tertekan, konsentrasi menurun dan merasa useless? Jika kamu merasakan hal-hal tersebut dalam waktu yang lama, bisa jadi kamu depresi, lho! Yuk, konsultasikan masalah kesehatan mental mu ke psikolog ataupun psikiater!  

“Tapi kan biaya ke psikiater ataupun ke psikolog itu mahal. Jadi ragu deh mau konsultasi” Memang benar, harga psikolog maupun psikiater terbilang mahal di kalangan pelajar maupun mahasiswa. Namun, tahukah Sunners, bahwa konsultasi ke psikolog maupun psikiater itu bisa pakai BPJS, lho! Biayanya 100% gratis! 

Begini teknisnya:

1.Datang ke fasilitas kesehatan 1

Datang ke klinik fasilitas kesehatan 1 yang tertera pada kartu peserta BPJS mu. Jika faskes 1 menyediakan layanan psikolog, maka, kamu akan langsung diarahkan ke sana, namun jika tidak, maka kamu akan konsultasi dengan dokter umum terlebih dahulu.

2.Konsultasikan keluhanmu di faskes 1

Ceritakan pada dokter atau psikolog mengenai keluhan-keluhan yang kamu alami. Jangan lupa ceritakan sudah berapa lama kamu mengalaminya. Jika kamu dirasa membutuhkan psikiater dalam menangani masalahmu, maka dokter akan merujuk kamu ke rumah sakit tipe C untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

3.Mendaftar ke Rumah Sakit rujukan

Setelah mendapatkan surat rujukan, kamu bisa langsung mendaftar dan ke Rumah Sakit rujukan mu. Perlu diperhatikan, tiap Rumah Sakit memiliki prosedur pendaftaran yang berbeda-beda, sebaiknya kamu research mengenai Rumah Sakit rujukan mu mengenai pendaftaran pasien baru sebelum datang pada hari konsultasi.

4.Konsultasi di Poli Jiwa

Datang ke Rumah Sakit rujukan dengan membawa surat rujukan dan kartu BPJS di hari yang telah kamu tentukan. Daftarkan diri kamu ke poli jiwa. Setelah pemeriksaan, biasanya kamu akan mendapatkan obat dari psikiater. Kamu dapat tebus obat mu di farmasi rumah sakit secara gratis.

Nah itu dia teknis memakai BPJS Kesehatan untuk maintaining mental health kamu! Oh iya, Sunners, jangan kaget ya, bila nantinya Rumah Sakit tipe C tidak memiliki obat yang memadai untuk kasusmu. Jika hal ini terjadi, Rumah Sakit tersebut akan merujuk pasiennya ke Rumah Sakit tipe B agar mendapatkan fasilitas yang lebih baik! Tenang, semua fasilitas tetap kamu dapatkan secara gratis kok! 😀

Ingat ya, Sunners, jangan sampai abai dengan kesehatan mentalmu, dan jangan ragu untuk datang ke tenaga ahli jika kamu merasa dirimu tidak baik-baik saja. 

Leave A Comment