WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Kamu Hobi Main Sosmed? Cek Dampak ke Kesehatan Mentalnya Yuk!

Perkembangan teknologi internet yang begitu pesat seolah menghilangkan jarak ruang dan waktu, kita dapat terhubung dengan masyarakat dunia dimanapun dan kapanpun untuk mencari dan berbagi informasi maupun ide. Dengan banyaknya jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll, kita akan dapat dengan cepat dan mudah membentuk jaringan dan kontak. Disamping itu media sosial tentu saja membawa banyak dampak baru dalam perkembangan hidup kita, baik dampak negatif maupun positif.

Sunners pasti tau kan kalo Media sosial pada era sekarang ini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas kehidupan kita sehari-hari.

Media sosial telah menjadi ruang dimana kita membentuk dan membangun hubungan, membentuk identitas diri, mengekspresikan diri, dan belajar tentang dunia di sekitar kita. Media sosial hadir sebagai wadah komunikasi yang memudahkan manusia bertukar informasi, baik berupa teks, gambar, maupun video.

Ada pula bikin kalian candu dalam media sosial memberi efek buruk dalam kesehatan mental.

1. Tidak Percaya Diri

Rage concept illustration Premium Vector

Dalam menggunakan media sosial biasanya kita memperhatikan postingan orang lain atau melihat informasi yang kita lihat. Nah dari sini kamu akan muncul rasa tidak percaya diri dan menganggap diri tidak lebih baik dari orang lain

2. Stress 

Depression, tears, grief concept. Premium Vector

 

Semakin sering kamu menggunakan media sosial, semakin menjauhkan kebahagiaan. Hal ini terjadi karena media sosial dapat memberikan seseorang efek tidak puas dalam kehidupan nyata yang sedang dijalankan karena semakin ke sini, media sosial semakin menjadi ajang untuk pamer. Tak jarang, seorang yang kena efek media sosial jadi sering membandingkan hidupnya dengan hidup orang lain.

3. Cemas

Young scared woman with acrophobia shaking while standing on ladder Premium Vector

 

Disebabkan dengan perasaan gelisah, khawatir, susah tidur dan berkonsentrasi karena selalu terbayang-bayang dengan apa yang telah dilihatnya.

4. Iri Hati

Anger, rage, screaming concept. young mad crazy teen girl cartoon character gesturing with hands and shouting with anger and negative emotions Premium Vector

 

Terlalu sering melihat kebahagian orang lain dapat menimbulkan rasa rendah diri sekaligus iri hati. Hal ini tentunya tidak baik bagi perkembangan remaja.

Untuk mengatasi itu semua khususnya bagi remaja yaitu perbanyak sosialisasi di kehidupan nyata atau berkumpul dengan keluarga yang mendukungmu.

Membatasi diri kamu untuk bermain sosial media agar kamu tidak tergantung melihat aktivitasnya. Kamu juga bisa mencari kegiatan yang lebih bermanfaat.

Dan yang paling penting kamu mematikan notifikasi kamu akan lebih fokus dalam melakukan sesuatu yang sedang dikerjakan.

Penulis : Lia Kurnianingsih Universitas Tama Jagakarsa

Leave A Comment