WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Yuk Simak Cara Masuk Pelatnas dan Cara Mendapatkan Beasiswa Bidang Olahraga

Hai Sunners, dari kalian ada hobi badminton atau suka banget sama dunia olahraga? bagi kalangan pecinta bulutangkis, pertanyaan ini kerap muncul di pikiran mereka.

Tak heran, sebab saat ini olahraga bulutangkis semakin dicintai yang tak hanya oleh masyarakat Indonesia namun juga dunia. 

Pelatnas sendiri adalah kepanjangan dari pemusatan latihan nasional yang menaungi bibit-bibit berbakat, untuk digembleng lagi kemampuannya terlepas dari asuhan klub asal. Memang tak mudah untuk bisa mendiami tempat istimewa tersebut namun tidak menjadi mustahil bagi mereka yang mempunyai tekad serta kerja keras hingga akhir.

Berikut beberapa cara agar kalian bisa masuk ke pelatnas, yaitu

1. Daftarkan Diri Kamu Pada Klub-Klub Besar Sejak Dini

Kenapa harus didaftarkan sejak dini? Karena biasanya klub-klub membuka audisi dengan persyaratan yang memuat jenjang usia, disisi lain jajaran klub juga memprioritaskan untuk menggaet bibit-bibit muda karena dipandang lebih menjanjikan.

Seperti yang kita ketahui klub-klub besar tanah air seperti PB.Djarum, PB.Mutiara Cardinal, PB.Jayaraya Jakarta dll. Sebelumnya, sunners perlu banget persetujuan dan pertimbangan secara matang dari pihak keluarga mengenai masa depan kamu  nantinya. Ketika kamu sudah siap hidup mandiri di asrama klub, kamu harus menerima risiko, latihan setiap hari dan mengorbankan masa bermain dengan teman-teman sebaya. Pendidikan formal pun mulai dinomor duakan ketika sudah mengikuti berbagai kejuaraan, karena masalah absen sudah menjadi hal biasa bagi seorang atlet apalagi jika sekolah tersebut menjadi mitra klub sejak awal.

2. Ikut Berbagai Turnamen Nasional

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) adalah turnamen yang diselenggarakan resmi oleh pihak PBSI setiap akhir tahun. Ini merupakan pusat alternatif bagi para atlet yang mendambakan pelatnas. Turnamen ini tak hanya diikuti oleh atlet non-pelatnas namun atlet pelatnas juga ikut turun gunung 

3. Target Junior Master dan Seleknas

Sunners engga usah khawatir bagi para junior yang belum mendapat promosi ke pelatnas, masih ada kesempatan lain yang menunggu. Junior master diadakan pada awal tahun setelah pengumuman promosi dan degradasi. Pertandingan didalamnya terbagi menjadi dua kelas yaitu U-17 dan U-19. Disamping itu, ada turnamen Seleksi Nasional (seleknas) yang juga memberikan kepada atlet muda, untuk berkesempatan menyusul ke pelatnas. 

 

Itu dia cara agar kamu bisa menjadi bagian di Pelatnas, selanjutnya agar kamu tahu bagaimana mendapatkan beasiswa di bidang olahraga yaitu : 

  1. Hal pertama adalah kamu harus merencanakan pendaftaran beasiswa dari jauh-jauh hari. Bisa dimulai dengan mengenali diri tentang minat dan kemampuan.
  2. Jika sudah memutuskan mendaftar beasiswa jalur prestasi, pilihlah beasiswa yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki.
  3. Pelajari soal – soal yang akan diikuti, karena sangat tidak mudah untuk mendapatkan beasiswa kalau tidak banyak mengasah kemampuan diri.
  4. Pertahankan nilai rapot, sesuai kriteria program beasiswa yang kalian ingin ikuti karena itu sebagian point penting dalam beasiswa tersebut.
  5.  Harus mempunyai, prestasi dalam bidang yang kamu pilih paling tidak juara 1 dalam perlombaan dan bersertifikat. Karena kualitas lah yang diutamakan
  6. Harus update informasi mengenai beasiswa yang ingin diikuti.

 

Nahh Sunners, buat kamu yang lagi fokus ingin masuk pelatnas dan beasiswa.  Tetap semangat dan jangan putus asa. Good Luck !!

oleh : Lia Kurnianingsih – Universitas Tama Jagakarsa

Leave A Comment