WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Jangan Khawatir, Pekerjaan Untuk Lulusan SMA Masih Beragam

SMA atau Sekolah Menengah Atas merupakan tingkatan pendidikan menengah pada sekolah formal di Indonesia. Biasanya, siswa SMA akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi sebelum masuk ke dunia kerja. Namun, ada juga yang ingin langsung memulai karirnya dalam dunia kerja setelah lulus. Masalahnya, seringkali para lulusan SMA merasa kurang percaya diri karena ragu dengan keahlian yang dimiliki serta persaingan dengan lulusan sarjana. Apa kamu salah satunya, Sunners? Jangan khawatir, artikel ini akan membahas pekerjaan yang cocok untuk kamu lulusan SMA.

 

  1. Customer Service

Menjadi customer service bisa kamu coba nih, Sunners. Walaupun pekerjaan ini biasa didominasi perempuan, buat kamu para laki-laki gak ada salahnya kok coba pekerjaan ini. Tugasmu adalah mendengarkan keluhan dari para pelanggan maupun klien perusahaan. Terdengar sederhana, kan? Meski demikian, menjadi customer service diperlukan wawasan yang cukup luas loh, khususnya pengetahuan mengenai produk maupun layanan yang ditawarkan perusahaan kamu. Jadi, ada baiknya kamu pelajari terlebih dahulu kedua hal tersebut, ya.

 

  1. Tenaga Data Input (Data Entry)

Pekerjaan ini cocok banget nih buat kamu yang memiliki ketelitian serta kesabaran yang tinggi. Karena kamu diharuskan untuk merekam atau mengetik data lalu memasukkan data tersebut ke dalam komputer atau database. Selain itu, data yang dimasukkan biasanya bersifat penting sehingga diperlukan ketelitian dan keseriusan dalam melakukan pekerjaan ini. Gimana, mau coba?

 

  1. Guru Bimbel atau Kursus

Prestasi kamu lumayan bagus? Atau ahli dalam pelajaran tertentu? Gak ada salahnya untuk terjun ke pekerjaan ini. Menjadi guru bimbel diperlukan keahlian khusus dalam materi pelajaran tertentu. Kalau kamu jago dalam matematika, bahasa Inggris, atau bahkan jago bermain alat musik, menjadi guru bimbel atau kursus bisa jadi pilihan kamu, Sunners.

 

4 Penulis

Jika kamu memiliki minat dan bakat dalam menulis, please, jangan pendam bakat kamu. Kamu bisa ubah karya tulisan kamu jadi pundi-pundi uang, loh. Sebelumnya sudah dibahas juga gimana caranya mengubah tulisan kamu jadi cuan. Kalau kamu masih bingung, kamu bisa baca di sini.

 

5 Buka Usaha Sendiri

Buat kamu yang memiliki jiwa-jiwa bisnis, buka usaha sendiri tentu bisa jadi solusi untuk kamu. Gak ada salahnya kamu buka lapangan kerja sendiri. Banyak sekali peluang bisnis yang bisa kamu coba. Mulai dari yang berskala kecil, sampai yang paling besar. Tapi jangan lupa, diperlukan modal dan persiapan yang matang untuk memulai pekerjaan ini. Kalau sudah siap semuanya, waktunya be your own boss!

 

Demikian daftar pekerjaan yang bisa kamu jadikan masukan ya, Sunners. Semoga membantu!

 

Penulis: Melania Seventina, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment