WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Mengubah Tulisan jadi Cuan

Hai, Sunners! Kamu tertarik dalam dunia kepenulisan? Kalau iya, jangan berhenti baca artikel ini ya karena artikel ini khusus buat kamu.

Menulis memang kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Dengan menulis, seseorang bisa mengasah keterampilan, meningkatkan kreatifitas, bahkan menulis bisa menjadi sarana untuk meluapkan isi hati. Apalagi kalau tulisan kamu diapresiasi orang lain, pasti lebih menyenangkan. Tapi, pernahkah kamu berpikir betapa jauh lebih menyenangkan jika hobi menulis kamu bisa jadi sumber uang jajan? Yuk, intip bagaimana cara mengubah tulisan kamu jadi cuan.

  1. Menulis webnovel

Webnovel itu apa, sih? Kalo kamu belum akrab dengan istilah ini, webnovel adalah novel berbasis web. Artinya, webnovel adalah novel yang diterbitkan atau dirilis di jaringan situs online. Storial.co bisa menjadi salah satu platform yang bisa mewujudkan impian kamu. Storial.co adalah salah satu platform webnovel yang memberikan royalti kepada penulisnya dengan minimal memiliki 500 pembaca. Selain itu, kamu juga bisa berkolaborasi dengan penulis lain untuk membuat suatu karya. Nambah temen, nambah pengalaman, nambah uang jajan juga. Seru banget, kan?

 

  1. Memulai karir menjadi penulis lepas

Penulis lepas (freelance writer) adalah salah satu jenis pekerjaan yang cocok buat kamu yang punya hobi menulis dan pengen dapet uang jajan tapi masih duduk di bangku sekolah, karena kamu tidak terikat dan memiliki jam kerja yang fleksibel. Banyak sekali situs web yang membuthkan penulis lepas untuk mengisi situsnya dengan beragam artikel. Selain itu, penulis lepas juga dibutuhkan beberapa media dan kamu akan dibayar per artikelnya.

 

  1. Kirim hasil tulisan kamu ke Media Cetak

Media cetak, baik koran maupun majalah seringkali membuka kesempatan bagi banyak orang untuk memuat tulisannya. Selain cara-cara di atas, cara yang satu ini bisa kamu coba, nih. Kalau kamu punya karya yang orisinil dan belum pernah dimuat dimanapun, bisa banget nyoba kesempatan ini. Kalo kamu beruntung, tulisan kamu bisa lolos seleksi dan bisa dimuat di media cetak. Bayarannya bisa ratusan ribu, loh.

  1. Mengikuti Lomba Menulis

Cara ini cocok banget buat kamu yang ingin melatih keahlian menulis kamu sambil mengumpulkan prestasi. Kamu bisa mengikuti lomba menulis cerpen, menulis puisi, menulis esai, dan masih banyak lagi. Selain bisa mengasah kemampuan, kamu bisa mendapatkan sertifikat lomba atau uang tunai jika kamu menulis karya yang baik.

 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan biar tulisan kamu bisa menghasilkan cuan. Gimana, Sunners? Kamu tertarik nyoba yang mana, nih?

Penulis: Melania Seventina, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment