WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Bingung dengan Masa Depan? Coba 3 Hal ini!

Hai, Sunners! Setiap orang pasti memiliki potensi dalam dirinya, meskipun masih ada yang belum menyadari kalau potensi itu sebenarnya ada dalam dirinya. Kadang kita bingung dengan diri kita sendiri, kita bingung mau jadi apa di masa depan dan bahkan kita merasa kalau kita tidak punya passion atau potensi apapun.

Mungkin jika kita ditanya sekarang cita-citanya mau jadi apa, pasti masih banyak dari kita yang belum bisa menjawabnya. Berbeda dengan kita yang ditanya ketika kita masih kecil, pasti dengan mudah menjawab apa cita-cita kita dan ingin menjadi apa di masa depan. 

“Aku bingung untuk menentukan masa depanku. Aku tidak memiliki cita-cita yang spesifik. Aku hanya ingin menjadi orang sukses dan mempunyai banyak uang.”

Banyak pertanyaan-pertanyaan yang menghantui kita. Setelah lulus nanti apa yang akan aku lakukan? Akankan pekerjaanku nanti akan sesuai dengan yang aku mau? Potensi apa yang sebenarnya aku miliki? Pertanyaan-pertanyaan ini membuat kita semakin tidak yakin dengan diri kita sendiri. 

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menghilangkan kebingungan akan masa depan? Coba baca 3 hal di bawah ini yuk, Sunners. 

1. Kenali kelebihan dan kekuranganmu

Mengetahui kelebihan dan kekurangan kita merupakan cara untuk mengenal diri kita sendiri lebih dalam. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan kita sendiri, kita akan mudah menghilangkan kebingungan-kebingungan akan masa depan. Kita tahu dimana letak kelebihan kita, dengan begitu kita akan tahu apa yang ingin kita lakukan di masa depan atau kita mau jadi apa. Sama halnya dengan kekurangan, ketika kita mengetahui letak kekurangan kita, itu bisa menjadi bahan refleksi diri dan memperbaiki kekurangan kita kedepan nya. 

2. Temukan passionmu

Passion adalah kekuatan dalam diri kita. Passion merupakan sesuatu hal yang kita sukai, sesuatu yang kita lakukan bukan karena terpaksa melainkan kita melakukannya dengan sepenuh hati. Dengan mengetahui apa passion kita, kita dapat mengembangkanmnya menjadi lebih baik. Seperti kita suka menulis, menyanyi, memasak, dll, kita bisa mengasah dan mengembangkannya menjadi sesuatu yang besar. Tidak menutup kemungkinan hal yang kita sukai itu adalah jalan kita menuju kesuksesan yang kita harapkan di masa depan. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. 

3. Coba hal-hal yang belum pernah kamu lakukan

Mencoba hal-hal baru akan membuka wawasan dan pengetahuan kita mengenai banyak hal yang belum kita tahu sebelumnya. Jika kamu merasa kamu tidak tahu apa yang ingin kamu lakukan, mencoba hal yang baru merupakan cara yang terbaik. Mencoba hal baru adalah seperti kita keluar dari comfort zone, kita berani mencoba hal yang belum pernah kita lakukan dan mendapat pengalaman baru. Kembangkan pengalaman baru yang kamu dapatkan. Baik itu pengalaman sekecil apapun yang kita dapatkan, karena dari hal kecil jika kita melakukannya dengan tekun bisa menjadi hal yang luar biasa. Dengan cara ini, mungkin bisa membantu kita menghilangkan kebingungan akan masa depan yang masih abu-abu. 

Nah, itu 3 hal yang bisa membantu kebingungan akan masa depan, Sunners. Semoga dapat membantu untuk menemukan passion dan tujuannya masing-masing ya, Sunners. Good Luck.

 

Penulis: Anjelia Panggabean, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment