WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Ide Bisnis Sampingan Untuk Siswa SMA

Semenjak pandemi pembelajaran jarak jauh dan kegiatan yang kita lakukan jadi sangat terbatas, semua dilakukan di rumah masing-masing mulai dari ibadah, sekolah, kegiatan yang sering kita lakukan semuanya hanya di rumah. Bagaimana dengan sektor bisnis yang dijalankan oleh siswa SMA? Tenang aja Sunners ^^ bisnis yang dijalankan siswa SMA tidak begitu berat alias mudah untuk dilakukan dan tidak menguras banyak waktu.

Bisnis yang dijalankan oleh siswa SMA memang terbilang harus fleksibel karena waktu untuk menjalankannya tidak boleh mengganggu belajar. Memang nggak mudah untuk menjalankan bisnis sambil PJJ, orang tua khawatir anaknya tidak bisa membagi waktunya untuk belajar, les, atau melakukan aktivitas organisasi online. Tapi tenang aja Sunners, itu semua bisa dimbangi ko, gimana caranya?
1. Disiplin
2. Mengerjakan tugas tepat waktu
3. Tidak main atau nongkrong dengan teman terlalu lama
4. Kurangi bermain gadget

Kenapa kurangi bermain gadget? Tapi kan untuk melakukan bisnis saat PJJ harus membutuhkan gadget? Memang, untuk kesehatan mata agar tidak terlalu lama memantau gadget terlalu lama. Dan kita sering melupakan tugas yang sudah diberikan bapak dan ibu guru karena keasyikan main gadget.

5. Olahraga

Olahraga memang sudah aktivitas yang sering dilakukan orang di pagi hari atau sore hari, kenapa kita harus berolahraga? Untuk menjaga stamina kita saat belajar dan membagi waktu kita untuk melakukan bisnis yang kita jalankan.

Memulai bisnis dengan low budget… memang bisa untuk siswa SMA? Bisa banget Sunners ^^

Mimin ada beberapa rekomendasi bisnis untuk anak SMA… yuk mari disimak:

1. Bisnis cemilan

Bisnis cemilan sekarang banyak digeluti siswa SMA karena selain gampang membuat sendiri dan pastinya low budget. Bisnis cemilan yang bisa dibuat sendiri alias homemade adalah:

– Keripik kaca/beling

Keripik ini bisa dibuat sendiri dirumah lohh tapi memang susah untuk menjemur keripik ini apalagi kalau sedang musim hujan, keripik kaca ini harus membutuhkan panas yang bisa memakan waktu agak lama. Biasanya menjemur keripik ini bisa memakan waktu 2 hari kurang lebih.

 

– Pisang coklat atau piscok

Ide bisnis ini memang banyak banget diminati orang apalagi kalau orang yang suka makanan manis. Bahan yang digunakan juga mudah didapat di pasar. Sering sekali siswa SMA membuat makanan frozen food agar mudah dikonsumsi dan tidak basi.

 

– Seblak, bakso aci, kebab instant

Jajanan seperti seblak, bakso aci dan kebab makanan semua kalangan biasanya siswa SMA menjual dalam kemasan instan. Bahannya juga mudah di dapat di pasar, tapi untuk kebab agak sulit didapatkan di pasar karena orang jarang sekali menjual kulit kebab dan harus memesan online.

 

– Cemilan lidi-lidian

Jajanan lidi-lidian masih menjadi favorit anak SMA walaupun jajanan ini tidak mengenyangkan tapi buat ngemil sambil nongkrong sama temen-temen bisa banget. Harganya pun sangat terjangkau 1 bungkus lidi-lidian harganya 500 rupiah lidi-lidian juga memiliki rasa yang bervariasi ada yang pedas, asin, dan barbeque.

 

2. Bisnis baju

Bisnis ini juga banyak diminati anak SMA terutama mereka yang bajunya kekinian cocok banget, untuk mengembangkan bisnis ini. Biasanya siswa SMA menjual baju seperti:

– Kaos Tyde
– Jaket Hoodie
– Jaket Bomber
– Celana Levis
– Cardigan
– Sweater
– Sepatu Vans

 

3. Bisnis kecantikan

Bisnis kecantikan yang dimaksud bukan salon ya Sunners 😀 Bisnis yang dimaksud adalah menjual masker wajah, sheet mask, body scrub yang harganya murah dan cocok di kalangan anak SMA.
– Masker roro mendut atau qiansoto dijual dengan harga kisaran 10 ribu rupiah.

 

– Sheet Mask biasanya dijual dengan harga 12 ribu rupiah.

 

– Body scrub biasanya dijual dengan harga 22 ribu rupiah.

 

– Tempat masker biasanya dijual dengan harga 9 ribu rupiah atau 10 ribu rupiah.

 

4. Bisnis peralatan makan dan minum

Bisnis peralatan makan dan minum juga diminati anak SMA biasanya anak SMA akan menjual tempat minum tumbler, atau sedotan stainless, sumpit stainless biasanya dijual dengan harga 30 ribu rupiah memang agak mahal karena bahannya juga dari stainless bukan plastik.

 

Nah itu beberapa ide bisnis yang wajib kalian coba Sunners ^^ Memang awalnya tidak mudah membagi waktu dengan belajar dan menjalankan bisnis tapi asal kita mau usaha pasti kita bisa, Sunners.

Good Luck!!

Penulis: Syifa Lisniawati, Universitas Kristen Indonesia

 

Leave A Comment