WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Cara Bikin CV Kerja Part-time yang Menarik Melalui Canva

 

Selalu ingat bahwa CV adalah pintu yang akan membawa kita kepada pekerjaan impian kita, so kita tidak boleh sembarangan dalam membuatnya ya. Apabila kamu menggunakan template yang sama dengan banyak orang lainnya, CV kamu akan menjadi tidak menarik.

Lalu, apa saja sih yang harus kita cantumkan dalam CV kita?

Di era yang sudah canggih seperti saat ini, melamar pekerjaan tidak lagi menggunakan cara-cara lama seperti memasukkan lamaran ke perusahaan melalui pos, namun menggunakan media email. Oleh karena itu saat ini sangat tenar istilah Curriculum Vitae (CV) yang dilampirkan di email pelamar. Bagi kamu Fresh Graduate yang belum pernah melamar pekerjaan, tidak perlu khawatir bila belum pernah membuat CV. CV yang menarik baik dari sisi desain maupun isi penting diperhatikan, agar recruiter tertarik untuk membaca CV yang telah dikirim.

Membuat CV menggunakan Canva memungkinkan kamu dapat membuat CV yang menarik dari sisi desain tanpa repot karena Canva dapat diakses secara online melalui www.canva.com. Seiring semakin berkembangnya trend desain grafis, CV saat ini pun dibuat dengan sedikit banyak menggunakan teknik desain grafis. Bagi yang tidak terlalu mahir menggunakan software desain grafis, membuat CV dengan sentuhan desain grafis tidak mengharuskan seseorang mahir desain grafis tertentu. Saat ini, sudah tersedia website online Canva, yang memungkinkan pengguna membuat CV secara online dengan berbagai pilihan desain menarik. Cara membuat CV di Canva ini tergolong mudah dan efektif. Berikut adalah 6 Langkah Cara Membuat CV di Canva yang bisa kamu coba.

Buka Website dan Bikin Akun di www.canva.com

Kamu dapat mengakses Canva dengan membuka website Canva di www.canva.com. Lalu, akan muncul tampilan awal seperti ini.

Langkah selanjutnya, adalah dengan membuat akun Canva dengan cara klik Sign Up di pojok kanan atas, kemudian akan muncul laman untuk sign up.

Kamu bisa memilih untuk sign up menggunakan Google, Facebook atau email. Jika menggunakan email, maka akan muncul laman seperti di bawah ini.

Halaman Log In
Isilah nama, email dan password kemudian klik “Get started, it’s free!” Setelah email terdaftar, kamu bisa mulai membuat desain CV.

Pilih Desain CV-mu

Setelah masuk ke halaman utama, kamu bisa memilih “Create Design”.

Kemudian pilih “Resume”. Resume adalah salah satu dari berbagai pilihan tema desain grafis yang ada di Canva. Kemudian, kamu bisa memilih salah satu pilihan desain CV yang sudah ada.

Lengkapi Isi CV

Tahap selanjutnya, kamu bisa mengisi desain CV yang sudah ada dengan informasi yang lengkap mengenai dirimu seperti data diri, pendidikan, organisasi, pengalaman kerja, dan lain-lain. Kamu juga perlu memperhatikan tata letak dari masing-masing section agar teratur dan enak dilihat. Canva juga memungkinkan kamu memasukkan foto yang bisa kamu gunakan sebagai profile picture di CV.

Simpan Sesuai Format yang Diinginkan
Karena saat ini recruitment perusahaan banyak menggunakan email, hasil CV yang selesai dibuat dapat disimpan dalam format yang bisa dikirim melalui email dan bisa diterima recruiter melalui email. Kamu bisa klik tanda panah ke bawah yang ada di pojok kanan atas untuk men-download CV yang telah kamu buat.

Kemudian, akan muncul pilihan format dokumen yang bisa kamu pilih. Sebaiknya, pilihlah jenis format pdf standard untuk menyimpan CV yang sudah dibuat dan bisa di download. Klik “pdf standard” kemudian klik download.

Jika tampilan ini muncul, maka tunggu beberapa saat hingga proses download selesai.

CV yang telah dibuat tidak akan hilang dari akun Canva yang kamu miliki, tapi akan tetap tersimpan sebagai riwayat desain yang bisa kamu edit. Apabila ada perubahan di CV, kamu hanya perlu membuka desain yang pernah dibuat dan dapat mengganti bagian yang ingin diganti. Membuat CV dengan Canva adalah pilihan yang baik karena Canva bisa dibuka dan digunakan dimana saja serta dapat di download dalam format pdf. Selain melalui website, Canva juga bisa digunakan melalui aplikasi dengan download aplikasi Canva.

Membuat CV menggunakan Canva sangat mudah dilakukan, selain itu juga praktis. Selain melalui website, kamu juga bisa download aplikasi Canva melalui smartphone, sehingga kamu bisa membuat CV dimanapun dan kapanpun melalui smartphone. Cara membuat CV menggunakan Canva di atas sangat mudah dilakukan, tidak perlu
menggunakan software desain grafis yang berat. Kamu pun bisa pede melamar pekerjaan dengan CV yang menarik yang telah kamu buat di Canva.
Selamat mencoba ya Sunners!

oleh: Santi lumbantoruan Universitas Kristen Indonesia

 

Leave A Comment