WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Nanti Kita Cerita Soal Berdamai dengan Diri Sendiri…

Sunday SELF-LOVE Series #4

Seorang siswa berinisial Z sedang dilanda kegalauan dan kesedihan, ia diharuskan untuk memilih suatu pilihan yang menurutnya cukup berat. Di satu sisi, ia harus mengejar cita-citanya untuk melanjutkan kuliah di universitas di luar kota yang ia impikan, namun di sisi lain, ia tidak bisa meninggalkan ibunya yang sedang sakit sendirian di rumah. Setelah melalui proses panjang, akhirnya ia menentukan pilihannya. Z memilih untuk tinggal dan merawat ibunya yang sakit, karena baginya ia tetap bisa melanjutkan kuliah meskipun bukan di universitas impiannya. Kuliah dimanapun sama, yang terpenting adalah kita bisa menjalaninya. Z mendengarkan apa kata hatinya, meskipun itu merupakan hal yang sulit juga untuk dipilih. Ia merelakan sesuatu yang sangat ia inginkan, dan ia menerima hal itu. Sekarang  Z tetap bisa berkuliah tanpa harus khawatir meninggalkan ibunya sendirian.

Pada kesempatan yang lalu, kita telah membahas mengenai tahapan self love yang ketiga, yaitu menerima diri sendiri, nah kali ini kita akan membahas tahapan selanjutnya, yaitu kedamaian dalam diri. 

Happy woman looking at herself in mirror Free Vector

Hal tersebut tentunya memang bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, bahkan sesuatu yang cukup sulit untuk dipahami, dibutuhkan proses serta waktu yang cukup panjang dalam menemukan ketenangan serta kedamaian dalam diri kita sendiri. Namun meskipun begitu, hal tersebut bukanlah tidak mungkin. Hal apa saja yang bisa membantumu dalam menemukan kedamaian tersebut? Hal yang pertama adalah:

  • Jangan terus membandingkan

Setiap orang memiliki proses yang berbeda dalam setiap hal. Berhentilah membandingkan proses yang dialami dirimu dengan proses yang dialami orang lain. Kita hanya perlu percaya bahwa semua ada waktunya, baik cepat maupun lambat.

  • Relakan yang bukan kendalimu

Kamu tidak bisa mengontrol segalanya. Ada beberapa hal yang memang semestinya harus terjadi meskipun itu tidak sesuai atau malah bukan keinginanmu, dan hal tersebut adalah pasti, maka relakan apa yang memang seharusnya terjadi.

  • Katakan hal baik pada dirimu 

Layaknya sahabatmu, dirimu pun perlu support positif juga, lho! Jangan ragu untuk selalu mendukung dirimu sendiri. Selalu berikan kata-kata baik yang dapat membuatmu terus bersemangat, tanamkan kata-kata baik tersebut dalam dirimu. 

  • Dengarkan hatimu

Seringkali kita memiliki perasaan galau dan bingung dalam menentukan sebuah pilihan, untuk hal ini, percayakan pada hatimu. Dengarkan apa yang dikatakan oleh hatimu, dan pastikan bahwa hal tersebut adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan.

  • Jaga jarak dengan orang negatif

Di sekitar kita pasti ada beberapa orang yang membuat perasaan jadi gak nyaman, sebisa mungkin jangan terlalu dekat dengan orang yang membawa pengaruh negatif terhadapmu. Ingat, jika ada negatif, pastilah ada positif. Jika kamu tidak bisa menemukan orang baik di sekelilingmu, maka jadilah salah satunya!

  • Sediakan waktu “me time”

Me time seringkali dianggap tidak terlalu penting, bahkan dianggap membuang-buang waktu. Namun pada kenyataannya me time juga penting untuk diri kita sendiri, lho! Di waktu ini, kita bisa melakukan hal-hal yang kita sukai. Atau, agar diri kita lebih tenang, kita bisa gunakan waktu ini untuk bermeditasi, melakukan yoga, dan menenangkan diri. Jangan khawatir, sekarang tidak perlu repot jika kalian ingin bermeditasi atau yoga namun bingung karena masih pemula, kalian bisa buka situs youtube atau bisa unduh aplikasinya di ponsel kalian. Dan yang terakhir, percayalah bahwa

  • It’s okay to not be okay

Jika sesuatu terjadi tidak sesuai dengan kehendakmu, tidak apa-apa. Jika kalian ingin marah dan bersedih atas keadaan tersebut, tidak apa-apa, tapi satu hal yang harus kalian ingat, marahlah dan bersedihlah secukupnya.

Cartoon businessman loves to look at his reflection in mirror. egoistic person vector consept Premium Vector

Nah, itu tadi adalah sedikit tips dan cerita mengenai kedamaian dalam diri, semoga Sunners bisa mengambil kebaikan dari tulisan dan cerita di atas, ya! Nantikan seri self-love selanjutnya di minggu depan, ya!

 

Oleh: Elfrida Sakti

 

Leave A Comment