Majalah Sunday

Hidup Lewat Passion Malah Bikin Gagal, Beneran?

Siapapun itu orangnya pasti pengen banget dong bekerja sesuai dengan passion? Mimin pun juga begitu. Bayangan Sunners dan Mimin mungkin sama, yaitu bekerja dengan senang hati, karena bekerja dengan passion yang dimiliki pasti sangat menyenangkan. Eits, tapi siapa sangka, kalau passion bisa aja membuat kita gagal lho! Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Hidup Lewat Passion Malah Bikin Gagal, Beneran?

Salah Mengartikan Apa Itu Passion

Sunners pernah gak sih, ketika pertama kali mencoba sesuatu dan saat itu juga langsung berhasil? Pastinya seneng banget dong, baru pertama kali mencoba dan langsung berhasil. Eits, tapi jangan gegabah menganggap itu passion ya, Sunners! Terkadang kesenangan semu bisa membawa kita pada keputusan yang terburu-buru, sehingga langsung mengklaim hal tersebut passion.

Bisa jadi kegiatan yang kita anggap passion gak taunya bukan. Sering banget nih Sunners kejadian seperti ini. Suatu kegiatan bisa dianggap memang passion, jika kita sudah senang melakukan hal itu sedari dulu, bukan baru sekali coba dan sekali berhasil. Karena jika kita kurang mengenali hal tersebut, bisa saja gak taunya di percobaan-percobaan berikutnya hal tersebut malah membawa kita pada kegagalan. Jadi, penting nih untuk mengenali kegiatan-kegiatan yang kamu sukai, bukan karena sekali coba!

Tidak Mau Lebih Berusaha Dalam Mewujudkan Passion

Sunners sering gak sih ngerasa kalau kegiatan yang sesuai dengan passion kita itu mudah banget? Makanya gak perlu usaha lebih, karena pasti akan berhasil. 

Eits, tapi hati-hati, Sunners. Justru apapun itu passionnya, semudah apapun itu, Sunners harus tetap berusaha lebih. Terus pelajari kegiatan yang sesuai dengan passion Sunners. Karena bagaimanapun yang menentukan kesuksesan adalah “usaha”, bukan hanya sekadar passion. Mimin juga sering banget nih merasa kegiatan yang sesuai dengan passion itu mudah banget. Tapi pas mimin sadari, ternyata usaha itu juga penting loh. Makanya, yuk usaha, pelajari, dan semangat meraih cita-cita!

Cuma Ikut-ikutan Passion Orang Lain

Sunners punya gak temen-temen yang asik banget buat diajak main, diajak bercanda, bahkan langkah-langkah keputusannya asik banget diikuti. Kalau gak bareng mereka tuh rasanya hambar aja, gak asik gitu. Pilih SMA bareng, sampe kepikiran mungkin nanti milih kuliah juga bareng. Mimin juga punya teman begitu.

Tapi Sunners perlu tau, kalau keputusan untuk masa depan itu gak boleh sekadar ikut-ikutan sama sohib/teman. Gak cuma ikut-ikutan sohib doang nih, terkadang trend juga bisa bikin kita ikut-ikutan. Misalnya, trend jadi influencer. Sekarang banyak banget yang ingin jadi influencer tapi berhenti di tengah jalan karena kontennya gak konsisten atau mungkin gak mempelajari personal branding dengan lebih. 

Sunners harus tetap menanyakan ke diri sendiri, apakah hal itu memang benar yang diinginkan, atau hanya sekadar ikut-ikutan. Karena dengan cuma ikut-ikutan, justru passion asli kita akan terkubur, dan sangat mungkin trend yang kita ikuti akan redup pada waktunya.

Menyerah Sebelum Passion Tersebut Tercapai

Mimin suka banget sama banyak hal, mulai dari kepenulisan, sejarah, ilmu sosial, psikologi, musik, teknologi, properti, hingga politik. Tapi dari sekian banyak hal yang Mimin suka, Mimin gak pernah sekalipun merasa jago di satu bidang tersebut hingga bisa membawa ke kesuksesan. Pas Mimin sadari, ternyata Mimin tidak pernah mendalami satu bidang dengan konsisten. Belum selesai, sudah pindah ke bidang lainnya.

Begitu pula Sunners, jika suka pada suatu kegiatan, tuntaskan dulu sebelum pindah ke bidang lain. Maka dari itu, sebelum mengklaim passion, Sunners harus tau kegiatan tersebut apakah memang benar passion atau sekadar ikut-ikutan, jangan sampai menyerah di tengah jalan. Kalau kata dosen Mimin, “Buatlah sumur yang dalam, jangan membuat kolam”. Maksudnya dalamilah satu ilmu jangan mengetahui banyak ilmu tetapi tidak dalam.

Apakah kamu orang yang mudah menyerah dan menyalahkan passion?

Apakah kamu orang yang mudah menyerah dan menyalahkan passion? Picture by pexels.com

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya apapun passion Sunners, semudah apapun itu, Sunners harus ingat bahwa passion tanpa pengetahuan dan keuletan bisa saja gagal. Ingat-ingat keempat poin di atas yang bisa membuat passion gagal membawa ke arah kesuksesan. Yang salah orangnya, bukan passionnya.

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 274
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?