Majalah Sunday

Hati-Hati Kecanduan TikTok:
Konten Negatif atau Positif?

Penulis: Hanifah Nur – PoliMedia Jakarta
Editor: Imani – UNJ

Siapa yang enggak tahu TikTok? Aplikasi ini sedang naik daun dan viral sejak tahun 2019, loh! Pengguna dari TikTok sendiri sudah mencapai 2 miliar orang, jumlah yang sangat banyak, bukan? Seringkali juga kita terlena berlama-lama di TikTok hanya untuk scrolling selama berjam-jam. Waduh, jadi kecanduan TikTok, nih! Kira-kira dampaknya baik atau tidak ya?

Konten di TikTok isinya apa aja, sih?

Kalau di antara kamu ada yang pengguna TikTok sejak awal, pasti kamu tahu video apa saja yang menjadi konten pengguna tiktok lainnya. Video-video berjoget, dubbing, ataupun video lucu lainnya bisa kamu temukan di sini. Banyak juga pengguna yang mengunggah konten terkait dirinya sendiri pada akun TikTok mereka hanya untuk sekadar hiburan.

Tiktok juga dilengkapi dengan filter-filter kamera yang unik, sehingga banyak orang yang ingin mencoba lalu mengunduh aplikasi TikTok. Contohnya filter di bawah ini nih, Sunners!

 

kecanduan tiktok
Filter menarik di TikTok, pict by tiktok.com

Lantas, bagaimana dampak positif dan negatif TikTok?

Jika dulu TikTok hanya dilihat sebagai platform video yang kurang mempunyai nilai edukasi, berbeda dengan sekarang. Video tiktok ternyata banyak yang bermanfaat juga lho. Banyak akun pengguna yang memberikan konten-konten positif yang mengedukasi. Contohnya seperti tutorial memasak, tips-tips merawat wajah, dan masih banyak lagi.

Selain memiliki dampak positif, TikTok juga memiliki dampak negatif, loh!

kecanduan tiktok
Siapa sangka TikTok bisa bikin kamu betah berlama-lama scrolling? Pict by canva.com

Saat ini rata-rata pengguna TikTok atau tiktokers berasal dari kalangan remaja, namun tidak sedikit juga anak-anak yang menggunakannya. Penggunaan aplikasi TikTok bagi anak-anak sebaiknya tetap dalam pengawasan orang tua, karena aplikasi ini bisa membuat kecanduan dan susah tidur akibat selalu scroll FYP (for your page) di tiktok.

Selain itu, banyak juga tiktokers yang mengunggah konten-konten kecantikan atau kekayaan yang mereka miliki sehingga membuat beberapa pengguna lainnya insecure. TikTok pun tidak memiliki filter untuk konten dewasa atau konten yang tidak sepatutnya dilihat oleh anak-anak.

Kamu jadi tahu kan Sunners positif dan negatifnya aplikasi tiktok. Semoga kamu tetap bijak ya dalam menggunakan aplikasi apapun. Sampai jumpa!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,451
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?