WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Hati-Hati Kecanduan TikTok : Konten Negatif atau Positif?

Siapa yang enggak tahu aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang sedang naik daun dan viral pada tahun 2019. Tiktok saat ini merupakan platform video yang diunduh lebih dari 2 miliar orang. Banyak banget ya ternyata.

Konten tiktok isinya apa saja sih?

Kalau diantara kamu ada yang pengguna tiktok sejak awal pasti kamu tahu video apa saja yang menjadi konten pengguna tiktok lainnya. Video-video berjoget, dubbing, ataupun video lucu lainnya bisa kamu temukan. Banyak pengguna yang mengeksplor dirinya pada akun tiktok mereka.

Jika dulu tiktok hanya dilihat sebagai platform video yang kurang mempunyai nilai edukasi. Namun berbeda dengan sekarang, video tiktok ternyata banyak yang bermanfaat juga lho. Banyak akun pengguna yang memberikan konten-konten positif yang mengedukasi. Contohnya seperti tutorial memasak, tips-tips merawat wajah, dan masih banyak lagi.

Tiktok juga dilengkapi dengan filter-filter kamera yang unik, sehingga banyak orang yang ingin mencoba lalu mengunduh aplikasi tiktok. Contohnya filter di bawah ini nih Sunners.

Selain memiliki dampak positif, tiktok juga memiliki dampak negatif nih Sunners.

Saat ini rata-rata pengguna tiktok atau tiktokers berasal dari kalangan remaja, namun tidak sedikit juga anak-anak yang menggunakannya. Penggunaan aplikasi tiktok bagi anak-anak sebaiknya tetap dalam pengawasan orang tua. Karena aplikasi ini bisa membuat kecanduan dan susah tidur akibat selalu scroll fyp (for your page) di tiktok.

Selain itu banyak tiktokers yang mengunggah konten-konten kecantikan atau kekayaan yang mereka miliki sehingga membuat beberapa pengguna lainnya insecure. Tiktok pun tidak memiliki filter untuk konten dewasa atau konten yang tidak sepatutnya dilihat oleh anak-anak.

Kamu jadi tahu kan Sunners positif dan negatifnya aplikasi tiktok. Semoga kamu tetap bijak ya dalam menggunakan aplikasi apapun. Sampai jumpa!

 

Hanifah Nur – PoliMedia Jakarta

Leave A Comment