Majalah Sunday

Do & Don’t : Saat Mengirim Email Permohonan Magang

Hai Sunners! seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat mempermudah hidup manusia, contohnya sekarang kita dapat mengirim permohonan atau pengajuan magang melalui email, sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk mendatangi perusahaan tersebut. Mungkin mengirim email ini terlihat mudah ya, tapi Sunners tahu gak sih bahwa mengirim email permohonan magang itu gak boleh sembarangan loh, karena hal ini dapat membuat kalian terkesan ceroboh atau tidak sopan. Ada banyak hal yang harus kalian perhatikan sebelum mengirim email lamaran magang, kira-kira apa saja sih yang boleh dan tidak boleh dilakukan? Yuk simak artikel ini.

Do :
1. Menggunakan alamat email yang formal

Sebelum Sunners mengirim email, pastikan bahwa alamat email yang digunakan adalah alamat email yang formal, misalnya dengan menggunakan nama lengkap kalian, tapi jika nama lengkap kalian sudah tidak dapat digunakan kalian dapat mencoba-coba mencari alamat email yang masih sesuai dengan nama kalian. Jangan menggunakan kata-kata yang terkesan “alay” dan konyol seperti elkolovemika@email.com.

2. Mengisi subject email

Sunners dapat mengisi subject email dengan kalimat yang informatif, seperti permohonan magang – posisi magang yang ingin kamu lamar – nama lengkap kalian atau dengan format yang sudah ditetapkan oleh perusahaan yang kalian lamar, contohnya : Permohonan magang – Desainer Grafis – Elko Wijaya.

3. Menulis body email

Pada bagian body email, Sunners dapat memberikan salam kepada orang yang dituju, memperkenalkan diri kalian, memaparkan maksud dan tujuan kalian melamar, kemampuan dan pengalaman yang kalian miliki dan kontak pribadi, contohnya :

Yth. Ibu Olivia

Ketua Pimpinan Redaksi

Majalah Sunday

Perkenalkan saya Elko Wijaya, Saya merupakan siswa kelas 11 jurusan Desain Komunikasi Visual di SMK Gugus Depan. Melalui email ini, saya bermaksud untuk melamar magang Di Majalah Sunday pada posisi desainer grafis, selama 3 bulan sebagai syarat salah satu syarat kelulusan.

Saya memiliki pengalaman berorganisasi di sekolah yang bergerak dibidang kreatif seperti mendesain poster-poster untuk kegiatan OSIS. Dengan pengalaman tersebut saya dapat bekerja sama dengan tim dan berpikir secara kreatif dalam mendesain sebuah poster. Selain sebagai syarat kelulusan, tujuan saya untuk magang di Majalah Sunday adalah untuk dapat mengaplikasikan dan meningkatkan skill creative design.

Berikut saya lampirkan CV dan portofolio, Jika ada hal lain yang dibutuhkan, mohon dapat menghubungi email atau kontak terlampir. Demikian disampaikan atas perhatian Ibu, Saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya,

Elko Wijaya

Call : 08012345678

Email : elkowijaya@email.com

4. Perhatikan nama serta ukuran file yang dilampirkan

Jangan lupa mengganti nama dokumen yang akan kalian lampirkan, selain terkesan tidak teliti ternyata juga dapat mengurangi peluang kalian diterima diperusahaan tersebut karena bisa jadi ketika file kalian di unduh file kalian tertimpa dengan file lainnya ataupun susah untuk ditemukan karena tidak sesuai dengan nama kalian. Kalian dapat menggunakan format CV – Nama lengkap – Posisi magang atau dapat menggunakan format yang telah ditetapkan perusahaan, contohnya : CV – Elko Wijaya- Desainer Grafis Lalu jangan lupa mengecek ukuran dokumen kalian pastikan tidak terlalu besar karena akan mempersulit recruiter mengunduhnya.

Don’t :
1. Typo atau Salah ketik

Sebelum akhirnya Sunners mengirim email, pastikan bahwa penulisan email kalian tidak ada yang salah ketik atau typo ya! Walaupun terlihat sepele namun kesalahan penulisan dapat memberikan kesan yang kurang baik loh.

2. Tidak mengisi subject atau body email

Meskipun Sunners telah melampirkan CV (Curriculum Vitae) bahkan portofolio namun tetap saja kalian perlu mengisi subject pada email kalian, jika kalian kirim tanpa subject dan body kemungkinan email kalian akan diabaikan oleh recruiter karena dianggap tidak bersungguh-sungguh untuk melamar di perusahaan tersebut lalu bisa jadi recruiter tidak memahami apa posisi yang kalian inginkan.

3. Mengetik dengan kata yang singkat

Jangan mengetik email dengan kata yang disingkat contohnya : “sy ingin mlmr dipss tsb”, karena akan membuat recruiter tidak paham dengan bahasa kalian, alangkah baiknya Sunners mengetik dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.

4. Mengirim satu email ke beberapa perusahaan sekaligus

Ketika ingin melamar, Sunners disarankan untuk tidak mengirimkan satu email ke beberapa perusahaan sekaligus ya!. Jika kalian ingin melamar di beberapa perusahaan, lebih baik kalian kirim satu persatu email tersebut, karena penerima email dapat mengetahui bahwa kalian mengirim satu email kebanyak perusahaan. Sehingga kalian terkesan malas dan peluang kalian untuk diterima semakin kecil.

Gimana nih Sunners, sekarang sudah tahukan bagaimana mengirim email yang benar? Semoga dengan artikel ini dapat membantu kalian ya untuk melamar magang. Goodluck Sunners!

Penulis : Nita Margaretta (Universitas Bunda Mulia)
Photographer : Samuel Andreansyah (Universitas Bunda Mulia)

Leave A Comment

Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?