WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Maksimalkan Kegiatan Magang dengan 7 Tips ini

Hai Sunners! Magang atau internship adalah kegiatan praktek kerja di lapangan yang bertujuan untuk menambah wawasan di lapangan sebelum terjun ke dunia kerja. Kegiatan magang ini biasanya dilakukan oleh siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) dan mahasiswa tingkat akhir sebagai salah satu syarat kelulusan. Saat magang, Sunners akan diberikan tugas sesuai job desc dan akan didampingi oleh salah satu mentor atau pembimbing yang nantinya akan membantu kalian dalam mengerjakan tugas serta memberikan nilai kepada kalian pada akhir periode magang. Oleh itu, Sunners harus memanfaatkan kegiatan magang untuk mengembangkan pengetahuan dan menambah pengalaman kalian.

Nah agar kalian bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang lebih maksimal, yuk simak 7 tips ini.

1. Jangan Takut Mencoba Hal yang baru

Tips yang pertama yaitu jangan takut untuk mencoba hal yang baru, dengan banyak eksplor Sunners dapat mempelajari banyak hal yang mungkin dapat diaplikasikan saat nanti kalian memasuki dunia kerja serta menambah pengalaman kalian. Selain itu, magang juga merupakan momen dimana kalian dapat melakukan trial dan error. Oleh itu, jangan takut untuk mencoba hal yang baru ya Sunners.

2. Jangan Sungkan untuk Bertanya

Jika dirasa kurang memahami tugas yang diberikan, Sunners dapat bertanya kepada rekan atau pembimbing kalian di tempat magang agar kalian dapat mengerjakan tugas tersebut dengan baik. Jangan sungkan untuk bertanya karena sesuai dengan peribahasa “malu bertanya sesat dijalan” maka jika kalian malu bertanya nantinya akan menyusahkan diri kalian sendiri loh Sunners. Namun saat ingin bertanya, pastikan bahwa senior atau mentor kalian tidak sibuk ya.

3. Kerjakan Tugas Sebaik Mungkin

Saat mendapatkan tugas, Sunners harus kerjakan tugas tersebut dengan baik, bukan hanya soal penilaian mentor terhadap kalian, tetapi dengan kalian mengerjakan tugas kalian sebaik mungkin, kalian dapat mengasah kemampuan kalian dalam bekerja serta berkesempatan untuk menjadi pegawai tetap di tempat magang kalian. Seperti yang telah dijelaskan pada point sebelumnya, jika dirasa kalian belum paham mengenai tugas yang diberikan kalian jangan sungkan untuk bertanya ya.

 4. Mengikuti Peraturan Perusahaan

Selain mengerjakan tugas dengan baik, Sunners juga harus menaati peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan seperti jam masuk kerja dan apa saja yang boleh dan tidak dilakukan di perusahaan. Untuk hal tersebut, dapat ditanyakan kepada mentor atau pembimbing kalian ya. Meskipun kalian hanya menjalani magang bukan berarti kalian dapat bersikap seenaknya ya Sunners!

5. Memiliki Inisiatif yang Tinggi

Ketika magang sebaiknya Sunners harus berinisiatif untuk bertanya, jangan diam dan menunggu sampai kalian diberikan tugas. Apabila kalian tidak diberikan tugas atau kalian sudah selesai mengerjakan tugas kalian, sebaiknya Sunners bertanya mengenai apa yang dapat dikerjakan lagi ataupun jika kalian memiliki waktu luang, kalian dapat meminta tugas tambahan kepada pembimbing kalian. Manfaatkan masa magang kalian untuk memperoleh pengetahuan baru serta meningkatkan skill kalian.

6. Beradaptasi

Saat magang, Sunners harus dapat beradaptasi dengan lingkungan dan orang-orang di perusahaan tempat kalian magang. Walaupun beradaptasi ini bukan hal yang mudah bagi sebagian orang, namun kalian tetap harus dapat beradaptasi. Adaptasi ini sangat penting untuk membantu kalian mengerjakan tugas serta menambah relasi.

7. Bertanggung Jawab

Tips yang terakhir dan tidak kalah pentingnya yaitu bertanggung jawab. Selesaikan tugas yang telah diberikan sesuai dengan tenggat waktu atau deadline yang diberikan. Jika Sunners mengalami kesulitan, kalian dapat bertanya dan meminta bantuan mentor kalian untuk memberikan solusi atas kesulitan yang kalian alami. Jika kalian melakukan kesalahan, jangan malu untuk mengakui kesalahan kalian, bertanggung jawablah atas apa yang telah kalian perbuat serta jangan lupa untuk meminta maaf.

Itulah tips-tips untuk Sunners saat menjalani magang, jangan hanya dibaca ya Sunners, tapi juga diterapkan. Semoga dengan tips diatas dapat membantu kalian mendapatkan ilmu dan pengalaman yang lebih maksimal ya!

Penulis : Nita Margaretta (Universitas Bunda Mulia)

Fotografer : Grace Noverina Hartini (Universitas Bunda Mulia)

Leave A Comment