Majalah Sunday

Do & Don't:
Mengembangkan Skill Leadership

Penulis: Marvin Stevano Haka – Universitas Bunda Mulia
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan 

Hai Sunners, tahu gak sih Skill leadership itu apa? Skill Leadership berarti kemampuan seseorang dalam mempersuasi, memotivasi dan membimbing orang lain untuk melakukan suatu hal agar dapat tercapainya sebuah tujuan.

Skill Leadership adalah hal penting yang menjadi kunci dari kesuksesan pada sebuah perusahaan, karena dalam mencapai tujuan perusahaan diperlukan seorang pemimpin yang dapat mengkoordinasi dan mengarahkan anggota yang terlibat untuk melaksanakan tugas-tugasnya dengan lebih terarah. Hal tersebut ini juga mampu meningkatkan networking dan kemampuan bekerja dengan tim milik Sunners. Maka itu, kali ini kita akan membahas apa saja sih yang boleh (do) dan tidak boleh (don’t) ketika Sunners ingin meningkatkan skill leadership milik kalian.

Do: Meningkatkan Skill Leadership

Tingkatkan skill komunikasi

Ketika Sunners menjadi seorang pemimpin, tentunya Sunners perlu berkomunikasi dan berinteraksi dengan anggota untuk menyampaikan ide dan arahan milik Sunners kepada mereka. Jika Sunners tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, Sunners mungkin akan mengalami kesulitan ketika memimpin orang dan dikhawatirkan menyebabkan kesalahpahaman ketika memberikan perintah serta pendapat. Sunners dapat memulai untuk belajar memilih kata-kata yang benar serta bahasa non verbal tubuh yang baik untuk meningkatkan skill komunikasi milik Sunners.

Belajar disiplin

Disiplin adalah hal penting yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin. Sebab seorang pemimpin yang baik akan menjadi contoh dan inspirasi bagi orang lain. Maka itu, Sunners perlu belajar disiplin dalam mengerjakan setiap tugas dan tanggung jawab milik Sunners seperti menghadiri pertemuan kerja tim secara tepat waktu, mengerjakan tugas sesuai deadline dan menepati janji yang Sunners berikan. Hal ini dilakukan agar anggota tim dapat mencontoh dan tergerak untuk bersikap disiplin juga.

Memotivasi sesama

Memotivasi sesama juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan skill leadership. Sebab untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, Sunners diharapkan bisa memberikan semangat dan pengaruh positif terhadap orang-orang sekitar Sunners. Supaya Sunners dapat memberikan motivasi dengan lebih efektif, Sunners dapat mencari tahu apa kebutuhan serta keinginan rekan Sunners, kemudian memberikan pujian dan apresiasi kepada rekanmu.

Berpikir kritis

Melatih kemampuan kritis dapat membantu Sunners dalam meningkatkan skill leadership, karena berpikir kritis dapat membantu Sunners melihat kemungkinan atau potensi sebuah masalah yang bisa timbul pada nantinya. Sehingga Sunners juga bisa menyiapkan tindakan preventif atau membuat solusi untuk menghadapi masalah tersebut dari waktu yang masih jauh. Berpikir kritis juga mempermudah seorang pemimpin dalam menemukan peluang bisnis atau kesempatan yang bisa dilakukan.

Membangun kesadaran situasional

Cara selanjutnya untuk mengembangkan skill leadership milik Sunners adalah membangun kesadaran situasional atau kepekaan terhadap situasi. Kesadaran situasional ini dapat membantu Sunners dalam menilai situasi dan memikirkan tindakan apa yang harus dilakukan dalam situasi tersebut. Hal ini akan berguna ketika Sunners menjadi pemimpin atau ketua tim dan dihadapkan dengan situasi yang membutuhkan tindakan yang akan bergantung kondisi saat itu.

mengembangkan skill leadership

Skill leadership merupakan salah satu kemampuan penting yang perlu dimiliki setiap orang, pict by Samuel Andreansyah – Universitas Bunda Mulia

Don't: Meningkatkan Skill Leadership

Enggan mengakui kesalahan

Kesalahan merupakan hal yang pasti terjadi dalam sebuah kepemimpinan. Namun, Sunners jangan sampai tidak mengakui kesalahan yang telah Sunners lakukan. Sebab hal ini akan membuat Sunners terlihat kurang bertanggung jawab sebagai seorang pemimpin. Melainkan, Sunners dapat menjadikan kesalahan ini sebagai sebuah pengalaman agar Sunners dapat menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya.

Tidak membagikan tujuanmu kepada tim

Nah, Sunners jangan sampai lupa membagikan tujuan Sunners kepada tim ya agar mereka mengetahui apa tujuan dari tugas dan tanggung jawab yang sedang mereka kerjakan. Jika tidak, maka mereka akan merasa kebingungan dan mempertanyakan hal yang mereka kerjakan. Hal ini juga dapat membuat mereka tidak bisa memproduksi pekerjaan yang mereka lakukan. Maka itu, Sunners harus menjelaskan tujuan atau target dengan jelas serta membagikannya dengan anggota tim.

Menghindari nasihat

Seorang pemimpin pun membutuhkan nasihat untuk menjadi masukan dan pengembangan diri. Maka itu, tidak hanya memberikan saran kepada tim, Sunners juga harus mencoba untuk mendengarkan masukan dan saran dari anggota tim Sunners. Masukan dan saran ini bisa menjadi bahan untuk mengevaluasi diri Sunners dan acuan untuk memperbaiki diri.

Tidak melakukan pendelegasian

Walaupun Sunners merasa mampu melakukan tugas serta pekerjaan karena kemampuan atau keterampilan yang dimiliki Sunners sebagai pemimpin. Namun, Sunners juga bisa mendelegasikan pekerjaan tersebut kepada anggota tim untuk membantu Sunners menyelesaikannya agar lebih cepat dan efektif. Tetapi, Sunners harus mendelegasikan pekerjaan tersebut kepada orang yang tepat dan sesuai dengan kemampuannya ya.

Nah, itu adalah Do & Don’t dari mengembangkan skill leadership untuk bekal masa depan Sunners. Sunners boleh coba mulai terapkan hal-hal diatas dari kelompok kecil di sekolah atau organisasi milik Sunners ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sunners untuk mempersiapkan diri menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 549
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?