WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Deretan K-pop Idol dan Ulah Fans Fanatiknya

Halo, Sunners.

Mengidolakan seseorang emang nggak salah kok, apalagi kalau yang diidolakan adalah idola K-pop yang pastinya berparas tampan dan cantik. Selain membuat kalian bersemangat ketika beraktivitas, terlebih jika ada PR atau tugas kuliah yang susah banget, ternyata mengidolakan mereka juga bisa bikin kita berkomitmen terus untuk menyukai satu orang aja, nih.

Eits, tapinya kalau sifat suka ini udah berlebihan namanya nggak baik, lho. Apalagi kalau kalian sampai melakukan hal-hal ekstrem biar bisa dapat perhatian idola. Sebut aja melukai diri sendiri, menulis surat ancaman, atau mengikuti idola ke mana-mana. Penggemar yang seperti ini disebutnya sasaeng fans. Kata sa artinya pribadi dan saeng artinya kehidupan. Jadi, sasaeng fans berarti penggemar yang ingin mengetahui semua yang dilakukan idola termasuk kehidupan pribadinya dengan cara yang membahayakan idola tersebut.

Kasus sasaeng fans ini sendiri seringkali terjadi di Korea Selatan. Dari banyaknya kasus tersebut, di bawah ini adalah cara yang paling ekstrem.

 

Mencampurkan minuman dengan lem

(Instagram/yunho2154)

Tahun 2006 menjadi tahun yang menyedihkan buat grup TVXQ. Hal ini dikarenakan seseorang yang dikira kru oleh Yunho, salah satu anggota TVXQ, memberikan jus jeruk. Nggak lama kemudian, ia muntah darah lalu pingsan. Dokter yang memeriksanya mengatakan bahwa di jus jeruk tadi ada kandungan lemnya. Akibat kejadian ini, Yunho trauma berat. Ia cenderung menghindari orang-orang dan hatinya dag-dig-dug ketika melihat jus jeruk.

 

Mengejar sampai celaka

(Instagram/smtown)

Salah satu anggota Super Junior, Heechul juga turut jadi sasaran sasaeng fans-nya. Heechul yang waktu itu baru aja menghadiri pemakaman ayahnya Donghae, pergi dari Seoul ke Mokpo di tahun 2006. Karena ingin menghindar dari kejaran penggemarnya, ia mencari jalan pintas. Sayangnya, ia malah mengalami kecelakaan. Akibatnya, ia mengalami patah kaki, lidahnya robek, dan rehabilitasi setelah operasi. Hingga saat ini, Heechul masih mengalami kesulitan saat menari. Bukan hanya itu, saat promosi lagu “Lo Siento” bersama yang lainnya, ia juga belum bisa menari secara maksimal.

 

Menulis dengan darah menstruasi

(Instagram/taecyeonokay)

Mengirim surat kepada idola yang ditulis dengan darah “biasa” aja udah bikin ngeri, apalagi darah menstruasi. Tapi, inilah yang menimpa Taecyeon 2PM pada tahun 2009 lalu. Isi surat tersebut adalah “Saya mendedikasikan darah menstruasi saya untuk menulis surat kepada Taecyeon. Kau takkan bisa hidup tanpa saya. Ini beberapa tetes darah untukmu.” Karena ulah psikopatnya ini, kasus darah menstruasi ini masih dibicarakan sampai sekarang, lho.

 

Menerobos rumah

(Instagram/jj_1986_jj)

Kasus rumahnya dipasang CCTV mungkin nggak disangka oleh Jaejoong JYJ. Adalah seorang sesaeng fans yang telah melancarkan aksi ekstrem ini di tahun 2010. Sang penggemar menerobos masuk ke rumahnya tanpa ia ketahui dan memasang CCTV. Berkat CCTV ini, aktivitas Jaejoong bebas dipantau sepanjang hari, termasuk saat tidur. Hasil penguntitannya ini diunggah ke media sosial dan viral.

 

Memberikan boneka ber-CCTV

(Instagram/weareone.exo)

Mendapatkan hadiah boneka beruang dari penggemar mungkin udah biasa ya. Tapi, gimana jadinya kalau ada CCTV di boneka itu? Itulah yang dialami Kai EXO pada tahun 2012. Hal itu bisa diketahui ketika ia lagi dsi bandara. Pihak bandara memberitahunya bahwa bonekanya nggak lolos pemeriksaan. Ketika dicek, ternyata di mata boneka itu ada CCTV-nya.

 

Memasukkan obat sembelit di kopi

(Instagram/chanchanieeeeee)

Himchan BAP kayaknya nggak akan nyangka kalau ia hampir mati karena ulang sasaeng fans-nya. Waktu itu ia bersama BAP sedang melakukan comeback berjudul “Power” di tahun 2013. Ia diberi kopi americano oleh salah seorang penggemarnya. Tanpa disangka-sangka, setelah meminumnya ia malah terlihat pucat dan merasa lemas. Kopi americano tadi pun diperiksa dan di dalamnya terbukti ada obat sembelit.

 

Semua ada batasnya ya, termasuk saat mengindolakan seseorang. Udah seharusnya sebagai penggemar harus selalu mendukung mereka secara posfitif. Jangan sampai malah membahayakan idola dengan melakukan hal-hal ekstrem di atas.

Leave A Comment